Alasan Kenapa Kuwait dan Yordania Rawan Main Mata Singkirkan Indonesia

"Indonesia sangat bergantung laga antara dua negara Timur Tengah itu. Sambil berjuang mengalahkan Nepal."

Analisis | 14 June 2022, 16:14
Alasan Kenapa Kuwait dan Yordania Rawan Main Mata Singkirkan Indonesia

Libero.id - Kuwait dan Yordania rawan main mata untuk menyingkirkan Indonesia dari kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A Selasa (14/6) malam ini waktu Kuwait. Mereka berdua bisa lolos ke putaran final Piala Asia apapun hasil antara Indonesia melawan Nepal.

Celakanya laga pamungkas Grup A antara Kuwait vs Yordania dan Indonesia vs Nepal tidak dimainkan berbarengan.

Begini skenario main mata itu.

Untuk menjadi runner-up, Indonesia tidak hanya harus mengalahkan Nepal. Hasil pertandingan Kuwait dengan Yordania juga berpengaruh. Itu karena akan ada hitung-hitungan yang melibatkan Indonesia, Kuwait, Yordania, jika ketiga tim sama-sama mendapatkan 6 poin.

Jika Kuwait menang 1-0 atas Yordania, Indonesia justru akan lolos otomatis sebagai juara grup. Sedangkan Kuwait jadi runner-up terbaik. Itu karena ketiga tim punya 6 poin sehingga hasil melawan Nepal tidak dihitung.

Selisih gol saat ketiga tim ini bertemu sama-sama nol. Tapi, Indonesia (2-2) dan Kuwait (2-2) mencetak gol lebih banyak dibanding Yordania (1-1). Indonesia berhak ke puncak karena menang head to head (2-1) atas Kuwait. Sementara Yordania akan gagal.

Tapi, jika Kuwait mengalahkan Yordania 2-1, Indonesia tersingkir. Itu karena selisih gol ketiganya sama, 0. Hanya saja, jumlah gol Kuwait lebih banyak (3). Yordania dan Indonesia sama-sama 2 gol. Yordania lebih unggul karena menang head to head atas Indonesia. Yordania akan jadi salah satu runner-up terbaik.


Indonesia juga akan gagal menjadi runner-up jika Kuwait mengalahkan Yordania 3-2. Kuwait ke puncak dan Yordania runner-up, meski head to head keduanya punya selisih gol 0. Kuwait mencetak gol paling banyak (4), Yordania (3), Indonesia (2). Hal yang sama terjadi jika Kuwait unggul 4-3, 5-4, dan seterusnya.

Karena itu, Indonesia harus bisa mengalahkan Nepal sambil berharap Yordania imbang atau mengalahkan Kuwait. Jika Kuwait yang menang, berharaplah skornya tidak lebih 1-0! Jika skor lebih dari 1-0 maka Indonesia dipastikan tersingkir. Dengan bermain lebih dulu, Kuwait atau Yordania rawan main mata.

Di sisi lain, Pelatih tim nasional IndonesiaShin Tae-yong tidak mau memprediksi hasil laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 Yordania versus Kuwait, Selasa (14/6) malam, yang dapat berpengaruh pada kelolosan skuadnya ke Piala Asia 2023.

"Kedua tim sangat bagus. Tim yang punya mental lebih kuat akan memenangkan pertandingan," kata Shin usai pertandingan kontra Yordania, Minggu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu tak mau memusingkan pertandingan tersebut.

Shin hanya fokus untuk membawa timnya memenangi laga penutup Grup A kontra Nepal. Mereka wajib meraih tiga poin dan selisih gol lebih dari dua agar memperbesar peluang melaju ke Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi tiga poin dari dua laga dengan selisih gol nol.

Di puncak klasemen ada Yordania dengan enam poin dari dua laga (selisih gol tiga), sementara Kuwait bertengger di peringkat ketiga karena kalah head to head dari Indonesia meski juga mempunyai tiga poin dari dua laga (selisih gol dua). Adapun Nepal berada di peringkat keempat atau juru kunci.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network