Setelah Toulon Tournament, "Latihan" Timnas U-19 Berikutnya di Piala AFF U-19

"Suporter jangan banyak menuntut, ini hanya pemanasan. Target utama Piala Dunia U-20."

Analisis | 21 June 2022, 14:10
Setelah Toulon Tournament, "Latihan" Timnas U-19 Berikutnya di Piala AFF U-19

Libero.id - Beberapa pekan setelah tampil cukup bagus di Toulon Tournament 2022, tim nasional Indonesia U-19 mendapatkan ajang latihan berbobot lainnya. Garuda Muda akan tampil pada Piala AFF U-19 2022 di Bekasi dan Jakarta.

Setelah dipegang Dzenan Radoncic selama turnamen sepakbola junior bergengsi kelas dunia di Prancis Selatan, Shin Tae-yong kini kembali mengambil alih pasukan Garuda Muda. Pelatih asal Korea Selatan itu memanggil 30 nama untuk persiapan Piala AFF U-19 2022.

Nama-nama yang dipanggil tidak banyak berubah. Sebut saja Ahmad Rusadi, Alexandro Felix (Barito Putera), Alfriyanto Nico (Persija), Althaf Indie (Persis Solo), Arkhan Fikri (Arema), Cahya Supriadi (Persija), Dimas Juliono, Dimas Maulana (Persis Solo), Edgard Amping (PSM Makassar), Erlangga Setyo (Persis Solo).

Ada lagi, Ferdiansyah Cecep (Persib Bandung), Frezy Al Hudaifi (Bhayangkara FC), Hokky Caraka (PSS Sleman), Kadek Arel (Bali United), Kakang Rudianto (Persib), Marcell Januar (Persis Solo), Marselino Ferdinan (Persebaya), Mikael Alfredo (Waanal Bintuka), Muhammad Faiz (Bina Taruna).

Kemudian, Muhammad Ferarri (Persija), Muhammad Rafli Asrul (PSM Makassar), Rabbani Siddiq (Borneo), Radzky Syahwal (Persija), Raka Cahyana (Persija), Razzaa Fachrezi (Persija), Ricky Pratama (PSM Makassar), Ronaldo Kwateh (Madura United), Subhan Fajri (Dewa United), Yogi Hermawan (Barito Putera), Zanadin Fariz (Persis Solo).

Pada edisi kali ini, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Semua pertandingan diselenggarakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dan Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menurut Hokky, Piala AFF U-19 adalah ajang yang tepat untuk menguji kemampuan para pemain setelah kembali dari Toulon Tournament. Pemain muda PSS itu memastikan dirinya dan teman-temannya sudah sangat siap untuk mendapatkan hasil terbaik di turnamen.

"Semoga kami mampu meraih hasil maksimal di Piala AFF U-19 2022. Apalagi kami bermain di Indonesia," ujar Hokky, di situs resmi PSSI.

Saat Toulon Tournament lalu, Indonesia tidak tampil buruk. Indonesia U-19 mampu mengalahkan Ghana, meski dikalahkan Venezuela U-21 dan Meksiko U-23. Kemudian, saat pertandingan play-off perebutan posisi kesembilan, Garuda Muda dikalahkan Aljazair U-23 lewat adu penalti setelah.

Untuk tim yang memiliki pemain berusia 17, 18, 19 tahun, hasil Indonesia U-19 layak mendapatkan acungan jempol. Apalagi, ini menjadi penampilan kedua setelah pada 2017 menderita tiga kekalahan dari Brasil, Skotlandia, dan Republik Ceko. Selain itu, level lawan Indonesia juga sangat tinggi.

"Saya dalam kondisi oke dan tidak ada masalah. Turnamen ini juga sebagai ajang pembuktian kemampuan kami sebelum mengikuti Kualifikasi Piala AFC U-20 dan Piala Dunia U-20," pungkas Hokky.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network