Kenalkan Girona FC, Man City KW yang Akhirnya Promosi ke La Liga

"Cocoknya KW berapa ya? KW Super atau KW 1?"

Analisis | 21 June 2022, 21:05
Kenalkan Girona FC, Man City KW yang Akhirnya Promosi ke La Liga

Libero.id - Tiga musim di Segunda Division, Girona FC akan bermain di La Liga 2022/2023. Itu setelah Los Gironistes mengalahkan Tenerife pada final play-off. Uniknya, klub asal Katalunya itu sering disebut sebagai Manchester City KW lantaran dimiliki City Football Group (CFG) milik Sheikh Mansour.

Sudah bukan menjadi rahasia jika Shaikh Mansour memiliki banyak klub sepakbola profesional dan segala penjuru bumi. Taipan asal Abu Dhabi itu pertama kali mengambil alih Man City pada 2008.

Kesuksesan dengan The Citizens membuat Sheikh Mansour melebarkan sayap ke banyak negara. Dia melanjutkannnya dengan New York City pada 2013. Lalu, Melbourne City dan Yokohama F. Marinos (2014), Montevideo City Torque dan Girona FC (2017), Sichuan Jiuniu dan Mumbai City (2019), serta Lommel SK dan ES Troyes (2020).

City Football Group mengambil saham Girona pada 23 Agustus 2017. Saat itu, mereka mengakuisisi 44,3% saham klub. Sementara 44,3% lainnya dipegang oleh Girona Football Group yang dijalankan oleh Pere Guardiola, yang merupakan saudara Pep Guardiola.

Uniknya, tidak semua klub anggota CFG berada di kasta tertinggi. Banyak yang ada di level kedua, dan kemudian berjuang untuk promosi. Salah satunya baru saja dijalani Girona.

Girona terakhir kali berada di kasta teratas sepakbola Spanyol pada 2018/2019 ketika finish di urutan 18 klasemen akhir. Mereka kembali ke La Liga setelah pada final play-off menyingkirkan Tenerife. Uniknya, banyak pemain Girona yang mendapat tiket promosi merupakan pemain pinjaman The Citizens.

Bagi penggemar Man City, pasti sangat akrab dengan nama-nama pemain seperti Pablo Moreno, Nahuel Bustos, atau Dario Sarmiento. Mereka adalah anak-anak didik Guardiola di Etihad Stadium, yang dipinjamkan Girona sepanjang musim 2021/2022.

Peminjaman mereka memiliki dampak luar biasa bagi klub. Moreno misalnya, memainkan 18 laga di semua kompetisi dengan mencetak satu gol. Sementara Bustos memainkan 43 duel di semua ajang dengan mendapatkan 13. Lalu, Sarmiento memainkan sembilan pertandingan dengan mendapatkan dua assist.

Dengan Girona sekarang kembali ke divisi teratas sepakbola Spanyol, kemungkinan besar akan ada lebih banyak pemain Man City yang dipinjamkan. Itu untuk membantu perkembangan mereka sekaligus bertahan di La Liga.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Girona FC


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network