Starting XI Terakhir Barcelona Sebelum Era Lionel Messi

"Bagaimana La Pulga mempermalukan orang-orang ini."

Analisis | 22 June 2022, 06:25
Starting XI Terakhir Barcelona Sebelum Era Lionel Messi

Libero.id - Lionel Messi telah meninggalkan Barcelona dan menghabiskan musim 2021/2022 dengan memenangkan Ligue 1 bersama PSG. Tetapi, hal itu tidak bisa mengaburkan fakta bahwa dia tetap menjadi pemain paling penting untuk Barca di era modern.

Messi memulai segala kenangan manis saat dia membuat penampilan pertamanya dengan seragam Blaugrana pada 16 Oktober 2004. Sementara kenangan hanya tinggal kenangan.

Pertanyaannya sebelum era Messi, seperti apakah komposisi pemain Barcelona? Itu adalah pertandingan Barcelona dalam kemenangan 1-0 atas CD Numancia beberapa minggu sebelum debut Lionel Messi dan inilah starting line-up mereka:

GK: Victor Valdes

Setelah bermain bagus di akademi Barcelona, Valdes berhasil mengukuhkan posisinya sebagai kiper pilihan utama klub sebelum debut Messi.

Dia membuat 43 penampilan di semua kompetisi pada 2004/2005 dan memenangkan Trofi Zamora pertamanya, sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada kiper dengan rasio kebobolan terendah di La Liga.

RB: Juliano Belletti

Belletti bergabung dengan Barcelona dari Villarreal pada 2004 dan langsung terkesan oleh Lionel Messi muda selama sesi latihan.

“Ketika Messi keluar dari tim B, Frank Rijkaard memasukkannya bersama kami dalam 11 lawan 11 di lapangan kecil,” kata Belletti kepada ESPN pada April 2020.

“Dia berada di tim pengganti dan saya dengan starter. Iniesta menarik perhatian saya dan bertanya apakah saya mengenalnya. Saya bilang tidak dan dia memperingatkan saya: 'Hati-hati'.”

“Ketika dia pertama kali menguasai bola, saya berpikir: 'Sial! Anak ini nakal.' Kemudian, ketika saya bersiap untuk mendekatinya dan mengambil bola darinya, dia sudah melewati saya dan mencetak gol. Dia berlari menembusku.”

Bek kanan itu mencetak gol kemenangan di final Liga Champions 2006, tetapi dijual ke Chelsea 12 bulan kemudian.

CB: Rafael Marquez

Marquez telah menandatangani kontrak dengan Barcelona di musim sebelumnya dan sang bek segera menyadari betapa semua orang membicarakan Messi.

“Kami sudah mendengar tentang Leo di ruang ganti,” kata Marquez kepada Fox Sports pada 2019.

“(Kami mendengar bahwa) dia adalah (Diego) Maradona yang baru. Sungguh spektakuler melihatnya tumbuh dari jarak yang begitu dekat.”

Pemain tim nasional Meksiko itu bermain bersama Messi selama enam musim sebelum dia dibebaskan dari kontraknya pada 2010.

CB: Carles Puyol

Puyol diangkat menjadi kapten klub menjelang musim 2004/2005 dan membuat 45 penampilan di semua kompetisi, membawa Barcelona meraih gelar La Liga.

Pemain tim nasional Spanyol itu selalu hadir di jantung pertahanan klub Catalunya sampai pensiun pada 2014.

LB: Giovanni van Bronckhorst

Van Bronckhorst menjadi bek kiri selama empat tahun di Barcelona dan secara teratur menghadapi Messi dalam latihan.

“Dia adalah pemain muda yang datang ke tim utama Barcelona dan saya berpikir, 'Saya belum pernah melihat ini'. Sangat istimewa melihat bakat seperti itu di usia yang begitu muda,” kata Van Bronckhorst kepada Klub Sepak Bola Fantasi Sky Sports pada 2017.

“Ketika dia masuk ke tim utama, dia akan mengolok-olok semua orang dengan gaya sepakbolanya. Dia bisa melakukan apa saja. Salah satu pemain terbaik yang pernah memainkan game ini.”


(mochamad rahmatul haq/yul)

Selanjutnya

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network