Gol Atau Tidak? Ini Pernyataan Resmi Hawk Eye Kenapa Tidak Beri Sinyal Gol

"Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam 9.000 pertandingan."

Berita | 17 June 2020, 22:30
Gol Atau Tidak? Ini Pernyataan Resmi Hawk Eye Kenapa Tidak Beri Sinyal Gol

Libero.id - Liga Premier Inggris musim 2019/20 kembali bergulir setelah tertangguhkan sejak Maret karena pandemi COVID-19 ditandai dengan skor imbang 0-0 antara Aston Villa dan Sheffield United yang diwarnai keputusan kontroversial di Stadion Villa Park, Birmingham, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Insiden kontroversial itu terjadi tiga menit jelang turun minum, ketika gelandang Sheffield, Oliver Norwood, mengeksekusi tendangan bebas yang tajam dan menyulitkan barisan pertahanan Aston Villa.

Kiper Orjan Nyland berhasil menangkap bola, tetapi kemudian bersenggolan dengan rekannya sendiri, Keinan Davis, hingga berdiri memasuki garis gawang.

Tayangan ulang memperlihatkan bahwa bola yang berada di pelukan Nyland sudah melewati garis gawang, tetapi teknologi garis gawang tak memberi notifikasi apapun di jam tangan wasit Michael Oliver.

Belakangan, Hawk Eye Innovations memberikan pernyataan resmi tentang insiden tersebut dan kenapa mereka tidak memberikan sinyal gol. Hawk Eye adalah provider layanan teknologi garis gawang untuk Liga Premier.

"Tujuh kamera yang terletak di tribun di sekitar area gawang secara signifikan terhalang oleh kiper, bek dan tiang gawang.

"Tingkat oklusi ini belum pernah terlihat dalam 9.000 pertandingan selama sistem Teknologi Garis Hawk-Eye telah beroperasi.

"Sistem ini diuji dan terbukti berfungsi sebelum dimulainya pertandingan ... dan dikonfirmasikan berfungsi oleh pejabat pertandingan. Sistem tetap berfungsi secara keseluruhan. Hawk-eye tanpa ragu meminta maaf kepada Liga Premier, Sheffield United, dan semua orang yang terkena dampak insiden ini."

Lebih buruk lagi, asisten wasit video (VAR) yang menjadi sorotan atas banyak keputusan kontroversial di sepanjang Liga Inggris musim ini juga tak berbuat apapun untuk meninjau insiden tersebut.

Sementara Nyland mendapat "bantuan" dari keteledoran teknologi garis gawang dan VAR, Dean Henderson melakukan satu penyelamatan penting untuk Sheffield pada menit ke-60 saat ia menepis tembakan John McGinn yang mengarah ke pojok atas gawang.

Situasi nirgol bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi, memaksa kedua tim berbagi poin dalam pertandingan kontroversial penanda kembalinya Liga Inggris tersebut.

Hasil imbang hanya cukup membuat Sheffield naik ke urutan keenam dengan koleksi 44 poin menggusur Wolverhampton (43), sedangkan Villa (26) tertahan di posisi ke-19, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sheffield akan kembali menjalani laga tandang ke markas Newcastle United pada Minggu (21/6) ketika Villa menjamu Chelsea.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network