Tak Kalah dengan Sepakbola Pria, Euro Wanita 2022 Banjir Penonton

"Sempat tertunda setahun, animo penggemar luar biasa. Cek videonya!"

Analisis | 08 July 2022, 19:07
Tak Kalah dengan Sepakbola Pria, Euro Wanita 2022 Banjir Penonton

Libero.id - Pelan dan pasti, gengsi sepakbola wanita sejajar dengan pria. Setelah pertandingan Barcelona di Liga Champions Wanita dan La Liga Femeni musim lalu, banjir penonton juga terlihat pada Euro Wanita 2022. Bahkan, ada rekor baru yang pecah pada pertandingan perdana.

Euro Wanita 2022 resmi dimulai pada Rabu (6/7/2022). Ini adalah edisi ke-13 turnamen wanita Eropa sekaligus edisi kedua sejak diperluas menjadi 16 kontestan.

Turnamen ini diselenggarakan di Inggris. Awalnya, dijadwalkan berlangsung pada 7 Juli hingga 1 Agustus 2021. Tapi, setelah pandemi Covid-19 di Eropa dan penundaan Olimpiade 2020 dan Euro 2020 menjadi 2021, otomatis Euro Wanita 2021 ikut menyesuaikan menjadi Euro Wanita 2022.

Turnamen yang akan menggelar final pada Minggu (31/7/2022) itu memiliki juara bertahan, Belanda. Sementara Irlandia Utara berpartisipasi dalam kompetisi ini untuk pertama kalinya.

Pertandingan perdana mempertemukan tuan rumah Inggris dengan Austria. Inggris berhasil mengawali turnamen dengan kemenangan 1-0 melalui gol semata wayang Beth Mead pada babak pertama. Laga berlangsung di Old Trafford, dan memecahkan rekor baru penonton.

Dalam laga itu, tercatat 68.871 penonton hadir dari kapasitas total Old Trafford, yang mencapai 70.000 orang. Jumlah ini menjadi rekor penonton sepakbola wanita antarnegara terbesar dalam sejarah. Itu dua kali lipat dari ajang yang sama lima tahun lalu di Belanda.

"Wow suasana di Old Trafford!!" tulis pemain The Lionesses, Fara Williams, melalui Twitter. Sementara kapten Manchester United, Harry Maguire, yang hadir di stadion, menulis: "Awal kemenangan. Suasana luar biasa di Old Trafford. Bagus sekali @Lionesses".

Penggemar yang lain menuliskan: "Sungguh, suasana yang luar biasa di sini di Old Trafford malam ini. Persis seperti apa yang pantas untuk tim, turnamen, dan sepakbola wanita".

"Sungguh luar biasa seberapa jauh perkembangan sepakbola wanita sejak terakhir kali saya menontonnya. Old Trafford yang penuh sesak dan atmosfer yang menggelitik. Tak terbayangkan bahkan mungkin lima tahun yang lalu," kata salah seorang penggemar.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network