Kisah Satu Negara Kena Prank AFF, Dikira Selisih Gol Ternyata Head to Head

"Ini terkait aturan kelolosan Timnas Indonesia U-19 ke semifinal"

Berita | 10 July 2022, 14:23
Kisah Satu Negara Kena Prank AFF, Dikira Selisih Gol Ternyata Head to Head

Libero.id - Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga penentuan. Laga terkahir di fase penyisihan grup A Piala AFF U-19 2022. Dan yang akan menjadi lawan Skuad Garuda Muda kali ini adalah Timnas Myanmar U-19. Masih akan digelar Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu, (10/7) malam WIB.

Jika Anda berpikir Hokky Caraka dan rekan-rekan bisa lolos dan melaju ke babak semifinal hanya cukup dengan menang skor berapapun, keliru. Usut punya usut skema seperti itu tak sepenuhnya benar. Lantaran yang jadi hitung-hitungan adalah head to head bukan selisih gol.

Padahal kita sudah berharap dan meyakini sedari awal kalau point kedua yang jadi penentu. Ternyata tidak demikian. Dan sialnya lagi hal tersebut tidak ada pemberitahuan tertulis yang dirilis ke publik sejak awal turnamen.

Pemberitahuan itu belum lama ini beredar di akun Twitter @AFFPrease, dimana dua kesebelasan yang melaju ke semifinal  bakal ditentukan oleh head to head.

Hal itu turut dipastikan oleh PSSI melalui Media Officer mereka Bandung Saputra.

"Meski menang atas Myanmar, Indonesia tidak melaju ke semifinal jika Vietnam dan Thailand bermain imbang dengan gol, misalnya 1-1, 2-2 dan seterusnya," ujarnya dilansir dari Antaranews, Sabtu (9/7).

Itu berarti jika tim besutan Shin Tae-yong menang, sementara Vietnam dan Thailand imbang, maka ketiga tim tersebut memiliki jumlah poin yang sama yakni 11. Dengan demikian, untuk menentukan peringkat dibuatkan klasemen kecil beranggotakan tiga tim itu.

Jika hasil laga Vietnam dan Thailand sama kuat tanpa gol, maka Indonesia (selisih gol +11) dan Vietnam (+9) dan lewat situasi ini Skuad Garuda Muda berhak ke semifinal lantaran secara head to head ketiganya sama-sama bermain imbang.

Maka penilaian dialihkan ke selisih gol terbanyak. Dan situasi inilah yang membuat Indonesia di atas angin karena menjadi tim paling produktif.

Tapi sayangnya, jika Vietnam dan Thailand imbang dengan gol berapapun skornya, maka yang akan mengambil tiket adalah
 salah satu dari kedua tim tersebut yang memastikan slot di semifinal karena Indonesia hanya seri 0-0 ketika melawan keduanya.


Namun, andai kata dan inilah yang diharapkan Vietnam dan Thailand saling mengalahkan, lalu Indonesia menaklukkan Myanmar, maka tim besutan Shin Tae-yong langsung ke semifinal bersama dengan  Vietnam atau Thailand.

"Indonesia menyegel tempat di semifinal kalau menang berapa pun skornya atas Myanmar dan, di saat bersamaan, Thailand atau Vietnam saling mengalahkan," tutur Bandung.

Timnas U-19 Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi delapan poin dari empat laga (selisih gol +11). Sementara Vietnam masih menjadi pemuncak Grup A dengan 10 poin dari empat laga (+9) dan Thailand di peringkat kedua dengan poin serta jumlah pertandingan serupa dengan Vietnam tetapi kalah selisih gol (+6).

Untuk menghindari main mata, panitia penyelenggara memastikan bahwa laga Indonesia melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, akan digelar bersamaan dengan pertandingan Thailand versus Vietnam di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, yakni pada Minggu, (10/7) pukul 20.00 WIB

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)
Кдяцнци Цядиб (2022-07-11 14:46:12)
samapa kapanpun timnas tdk akn maju sepakbolanya,seharusnya PSSI DIBUBARKAN DIKARENAKAN PSSI TELAH MNGURAS DEPISA NEGARA,LEBIH BAIK DANA UTK PSSI DIALIHKAN UTK MEMBERI BERAS BAGI MASYARAKAT YG MISKIN
Muhammad Rivai (2022-07-11 10:20:48)
Itu salah timnas u19 yang bermain di Piala AFF u19, melawan tim sekelas thailand dan Vietnam, kenapa tidak bisa mencetak satu gol pun, sementara melawan tim lemah brunei, puluphina, dan myanmar bisa pesta gol. Jadi evaluasi diri ja ke depannya.
Komentar Selengkapnya

Artikel Pilihan


Daun Media Network