Momen Keren Tendangan Bebas Juninho, Masih Ingat?

"Figur yang menjadi inspirasi terbesarnya."

Analisis | 13 July 2022, 02:32
Momen Keren Tendangan Bebas Juninho, Masih Ingat?

Libero.id - Selama tahun-tahun puncaknya di Olympique Lyon, pemain Brasil itu sepertinya telah mencetak gol dari situasi bola mati setiap minggu.

Secara keseluruhan, Juninho mencetak 77 tendangan bebas sepanjang kariernya dan beberapa di antaranya masih membuat kami ternganga hingga hari ini.

Dan, mungkin yang terbaik terjadi saat melawan Barcelona asuhan Pep Guardiola. Pada Februari 2009, ketika Blaugrana berusaha untuk memenangkan treble, Juninho mencetak tendangan bebas yang sangat bagus dan hampir terlihat seperti melawan hukum fisika.

Dari sudut yang sangat sempit, sang penembak jitu membidik dan membuat upaya yang menakjubkan. Entah bagaimana sepakan itu jatuh di bawah mistar gawang Victor Valdes dan masuk ke bagian belakang gawang Barcelona.

Oke, seseorang perlu melakukan studi kasus pada mahakarya Juninho melawan Barcelona, karena manusia seharusnya tidak bisa melakukan sihir seperti itu.

Gol spesialis bola mati itu membuat Lyon unggul 1-0 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, tetapi tim Prancis itu tidak mampu mempertahankan keunggulan.

Thierry Henry menyamakan skor menjadi 1-1 dan kemudian Barcelona mencatatkan kemenangan 5-2 di kandang sendiri, dan Juninho mendapat kartu merah.

Tapi, jangan fokus pada hal negatif itu dan alih-alih kembali fokus pada kemampuan mengambil tendangan bebas yang gila dari ikon Brasil itu.

Dalam sebuah wawancara dengan FourFourTwo, Juninho menjelaskan bagaimana dia menjadi andalan eksekutor bola mati di Lyon.

“Saya selalu hebat dalam menembak, tetapi sebagai seorang anak, saya tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mencetak tendangan bebas,” katanya.

“Saya bermain futsal sampai berusia 13 tahun dan tidak banyak mencetak gol, dan pada saat itulah saya mulai melakukan beberapa tendangan bebas."

“Namun, tembok itu terlalu dekat, jadi saya jarang bisa mengenai gawang. Baru setelah saya tiba di Prancis, saya menguasai teknik saya.”

Juninho juga menyinggung tentang penggunaan teknik knuckleball, sesuatu yang telah digunakan Cristiano Ronaldo untuk memberikan pengaruh yang besar sepanjang kariernya.

“Saya mulai dengan meniru tendangan bebas yang dilakukan oleh Marcelinho, yang bermain untuk Corinthians. Dia adalah salah satu inspirasi saya. Dia adalah pemain pertama yang pernah saya lihat menendang bola secara langsung dan membuatnya menari di udara."

“Didi, yang memenangkan Piala Dunia bersama Brasil pada 1958 dan 1962, juga melakukannya saat itu. Semua orang sejak itu baru saja mengubah formula.”

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network