Peringkat 5 Pemain Bebas Transfer Top di Abad 21

"Sepertinya ada yang nyesal saat memutuskan pindah dari AC Milan."

Analisis | 14 July 2022, 17:25
Peringkat 5 Pemain Bebas Transfer Top di Abad 21

Libero.id - Ketika seorang pesepakbola menandatangani kontrak dengan sebuah klub, pemain tersebut wajib tinggal di sana selama beberapa tahun yang disepakati bersama.

Jika klub lain ingin membeli sang pemain saat dia masih terikat kontrak dengan klub, kedua klub itu umumnya akan bernegosiasi membahas biaya transfer.

Setelah kedua klub mendapatkan kesepakatan, pembeli yang tertarik bebas untuk bernegosiasi langsung dengan pemain mengenai persyaratan pribadi, seperti gaji, durasi kontrak, dan banyak lagi.

Seorang pemain menjadi agen bebas setelah dia benar-benar kehabisan kontraknya dengan klub. Pihak yang berkepentingan akan menghemat jutaan pounds dalam biaya transfer, dan pemain memiliki kesempatan untuk menaikan gajinya.

Sepakbola telah melihat bagian yang adil dari pemain gratis berperingkat tinggi. Pemain yang masih sangat bugar, tetapi kehabisan kontrak mereka karena satu dan lain alasan.

Hari ini, kita akan melihat lima pemain paling berharga di abad ke-21 yang telah berganti klub secara gratis.

#5 Paul Pogba - Nilai Pasar Rp 726 miliar (Manchester United ke Juventus, 2022)

Paul Pogba secara luas dianggap sebagai salah satu gelandang paling berbakat di generasinya. Sayangnya, dia tidak berhasil membuktikan bakatnya di Manchester United. Selama karirnya, dia meninggalkan Setan Merah dua kali sebagai agen bebas dan bergabung dengan Juventus pada kedua kesempatan.

Pogba pertama kali bergabung dengan Juventus dengan status bebas transfer pada Agustus 2012, ketika dia dihargai 3,5 juta euro (Rp 53 miliar). Selama empat tahun berikutnya, dia membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia.

Pemain Prancis itu mencetak 34 gol dan 40 assist dalam 178 pertandingan di seluruh kompetisi untuk klub Turin. Dia membantu Juve memenangkan empat gelar Serie A dan dua Piala Italia.

Terkesan dengan performanya, Man United membawanya kembali dengan biaya rekor klub senilai 105 juta euro (Rp 1,6 triliun) pada musim panas 2016. Namun, sejak bergabung pada musim 2016/2017 hingga 2021/2022, pemain internasional Prancis itu tidak pernah memenuhi tagihannya yang setinggi langit.

Setelah gagal mencapai kesepakatan untuk perpanjangan dengan Man United, Pogba memutuskan untuk bergabung kembali dengan Juventus sebagai agen bebas.

Dalam periode keduanya di Old Trafford, pemenang Piala Dunia 2018 itu memainkan total 226 pertandingan, mencatatkan 39 gol dan 51 assist. Dia memenangkan satu Liga Europa dan dua Piala Liga antara 2016 dan 2022.

#4 Robert Lewandowski - Nilai Pasar Rp 757 miliar (Borussia Dortmund ke Bayern Muenchen, 2014)

Di bawah asuhan Juergen Klopp, Robert Lewandowski menemukan pijakannya di Bundesliga bersama Borussia Dortmund.

Bergabung dengan BVB dari Lech Poznan pada musim panas 2010, Lewandowski membantu klub Jerman itu meraih gelar Bundesliga berturut-turut dalam dua musim pertamanya.

Dia mencetak 30 gol dan memberikan 13 assist dalam 67 penampilan liga dalam dua musim tersebut. Lewandowski bertahan di Dortmund selama dua musim lagi dan mencetak 71 gol dalam 103 penampilan di berbagai kompetisi.

Di akhir kontraknya, Lewandowski bergabung dengan rival bebuyutan Dortmund, Bayern, sebagai agen bebas pada 2014. Pemain internasional Polandia itu dihargai 50 juta euro (Rp 757 miliar) pada saat transfer.

Di Bayern, dia telah mencetak gol beberapa tingkat lebih tinggi dan mengantongi 344 gol dalam 375 penampilan di seluruh kompetisi. Gol briliannya telah membantu klub meraih delapan gelar Bundesliga berturut-turut dan Liga Champions.

Kontrak pemain Polandia saat ini dengan Bayern akan habis pada 2023, di mana Barcelona tertarik untuk mengontraknya musim panas ini.

#3 David Alaba - Nilai Pasar Rp 832 miliar (Bayern Muenchen ke Real Madrid, 2021)

David Alaba bergabung dengan tim U-19 Bayern Muenchen dari Austria Wien Reserves hanya dengan biaya 150.000 euro (Rp 2,2 miliar) pada Juli 2008. Selama 13 tahun berikutnya, dia memantapkan dirinya sebagai pemimpin karismatik dan bek yang sempurna di Allianz Arena.

Dari menghantui lawan sebagai bek kiri hingga menghentikan lawan sebagai bek tengah, Alaba melakukan semuanya di Bayern. Dia menjadi salah satu yang menonjol dalam tim superstar.

Alaba memainkan 431 pertandingan untuk tim utama Bayern antara musim 2009/2010 dan 2020/2021 dan mencatatkan 33 gol dan 55 assist dalam rentang waktu tersebut. Dia membantu Bavarians memenangkan 10 gelar Bundesliga dan dua trofi Liga Champions.

Pada akhir kontraknya pada 2021, Alaba yang saat itu bernilai 55 juta euro (Rp 832 miliar) bergabung dengan raksasa La Liga, Real Madrid, dengan status bebas transfer.

Dia dengan mudah menggantikan peran Sergio Ramos di musim debutnya di Spanyol dan membantu klub meraih gelar ganda La Liga-Liga Champions. Pemain asal Austria itu mencetak tiga gol dan memberikan empat assist dalam 46 pertandingan di berbagai kompetisi untuk Los Blancos.

#2 Gianluigi Donnarumma - Nilai Pasar Rp 907 miliar (AC Milan ke Paris Saint-Germain, 2021)

Paris Saint-Germain berusaha keras untuk membentuk tim super pada musim panas lalu dengan mendatangkan beberapa pemain bintang secara gratis.

Gianluigi Donnarumma menjadi salah satu agen gratis berperingkat paling tinggi yang diboyong PSG ke dalam barisan mereka. Pemain berusia 23 tahun itu dihargai 60 juta euro (Rp 907 miliar) musim panas lalu tepat sebelum kepindahannya dari AC Milan.

Donnarumma, yang dipandang sebagai salah satu kiper paling menjanjikan di dunia, bermain di 251 pertandingan untuk AC Milan sebelum bergabung dengan PSG pada 2021. Dia mencatatkan 88 clean sheet dan kebobolan 265 gol.

Kiper Italia, yang naik melalui akademi AC Milan untuk menjadi salah satu yang terbaik di dunia, memainkan musim debut yang mengecewakan di PSG. Dia sering melakukan blunder konyol, salah satunya membantu Real Madrid melakukan comeback luar biasa di babak 16 besar Liga Champions.

Bagaimanapun, PSG masih memiliki kepercayaan penuh padanya, dan kami percaya bahwa dengan keahliannya. Dia akan menjadi baik lebih cepat daripada nanti.

#1 Lionel Messi - Rp 1,2 triliun (Barcelona ke Paris Saint-Germain, 2021)

Dunia sepakbola dibuat terkagum-kagum ketika Lionel Messi dan Barcelona mengumumkan bahwa mereka akan berpisah pada musim panas 2021. Setelah 17 musim di ibukota Catalunya, Messi yang saat itu bernilai 80 juta euro (Rp 1,2 triliun) bergabung dengan PSG sebagai agen bebas jelang transfer musim 2021/2022.

Pemain Argentina itu mendominasi permainan tidak seperti yang lain selama waktunya di Barcelona. Messi memenangkan enam Ballons d'Or, mengantongi lima Penghargaan Sepatu Emas, dan tiga kali dianugerahi Pemain Terbaik Eropa.

Dia mencetak 672 gol dan memberikan 303 assist dalam 778 penampilan, membantu klub meraih 10 gelar La Liga, empat trofi Liga Champions, dan tujuh kemenangan Copa del Rey.

Kehilangan pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka telah meninggalkan lubang dalam serangan Barcelona yang belum mereka isi sejauh ini.

Messi berjuang untuk menunjukan permainan terbaiknya di musim debutnya di PSG. Dia mengakhiri musim 2021/2022 dengan hanya mencetak 11 gol dan 15 assist dalam 34 pertandingan di seluruh kompetisi.

Namun, mengingat dia akan mengikuti pra-musim yang tepat dengan Parisians musim panas ini, kami berharap dia akan kembali ke performa terbaiknya di musim mendatang.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network