Diduga Match fixing, Inilah Momen Adu Penalti Super Aneh di Nigeria

"Bayangkan, penendang maupun kiper sama-sama tak mau menang. Cek videonya!"

Analisis | 15 July 2022, 15:53
Diduga Match fixing, Inilah Momen Adu Penalti Super Aneh di Nigeria

Libero.id - Final Piala FA di negara bagian Ogun, Nigeria, tahun ini mendadak populer ke seluruh dunia. Bukan karena dua tim yang bertanding, Remo Stars dan Ijebu United, menampilkan sepakbola membanggakan. Laga ini viral karena diduga match fixing setelah kedua kubu menolak menang.

Remo Stars dan Ijebu United adalah dua klub lokal di Ogun. Keduanya bertemu pada pertandingan final yang berlangsung ketat. Bukan karena para pemain ingin menang. Sebaliknya, mengincar kekalahan.

Bayangkan, setelah 90 menit waktu normal plus 30 menit perpanjangan waktu, skornya sama kuat tanpa gol. Kemudian, pertandingan berlanjut ke babak tos-tosan. Selama 120 menit, pertandingan berjalan normal. Tidak ada insiden aneh yang membuat orang bertanya-tanya.

Hal konyol baru terjadi di adu penalti. Pertama, salah satu penendang penalti Ijebu United mencetak gol dengan sangat mudah. Penjaga gawang Remo Stars hanya berdiri di garisnya. Dia tidak menggerakkan badannya untuk mencegah bola bersarang ke jaring gawang. Padahal tendangan itu lemah. Mendatar. 

Tapi, itu sama sekali tidak seberapa jika dibandingkan dengan salah satu tendangan penalti pemain Remo Stars. Tendangan dengan cepat menarik banyak perhatian di media sosial.

Pemain tersebut melangkah dalam upaya untuk mencetak gol dari titik 12 pas. Tapi, bola hasil sepakannya melenceng sangat jauh. Bukan ke arah penjaga gawang melainkan ke pojok kiri lapangan. Itu sangat jauh, melambung tinggi, dan tampak disengaja. 

Sialnya, sang pemain masih berpura-pura menyesali kegagalan itu. Dia meletakkan tangannya di kepala seperti tendangan Mohemad Salah yang digagalkan Ederson Moraes.

Pertandingan aneh tersebut akhirnya dimenangkan Ijebu United dengan skor adu penalti 3-0 (0-0). Itu skor yang wajar untuk sebuah adu penalti karena berarti ada tiga bola yang masuk ke gawang lawan. Tapi, jika anda melihat rekamanan yang beredar, sudah pasti itu pertandingan aneh.

Penulis olahraga di negara itu, Ibukun Aluko, adalah orang yang memposting rekaman aneh itu di Twitter. Dia juga mengkonfirmasi akan mewawancarai kedua klub yang terlibat. "Saya akan mewawancarai klub-klub yang terlibat di podcast saya berikutnya @TheHindsightPod, pantau terus teman-teman," tulis Ibunkun Aluko.

Tentu saja banyak yang tidak sabar untuk mendengar apa yang mereka katakan tentang insiden aneh tersebut. Banyak juga yang berharap otoritas setempat menyelidikinya.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network