Kapan Pensiun? Ini Jawaban Gianluigi Buffon

"Yang lain sudah jadi pelatih, dia masih main. Mau heran, tapi Buffon.."

Analisis | 16 July 2022, 19:27
Kapan Pensiun? Ini Jawaban Gianluigi Buffon

Libero.id - Kick-off musim 2022/2023 menyisakan hitungan pekan. Saat ini, semua klub di Eropa sedang mempercantik skuad dengan mempertahankan pemain kunci, membeli pemain baru, atau menaikkan pangkat pemain muda. Salah satu yang masih akan main adalah Gianluigi Buffon. Lalu, kapan gantung sarung tangan?

Kiper legendaris Italia itu kini menginjak usia 44 tahun dan bermain untuk Parma di Serie B. Meski sudah tidak sehebat beberapa tahun lalu, eks kiper Juventus tersebut tetap bugar dan kompetitif layaknya Alisson Becker atau Edouard Mendy yang jauh lebih muda.

Jika dihitung, 2022/2023 akan menjadi musim ke-28 Gianluigi Buffon di sepakbola profesional. Dalam periode karier yang panjang, dia telah memainkan 956 pertandingan tim utama.

Debut profesional Gianluigi Buffon terjadi pada 1995 untuk Parma di usia 17 tahun. Hingga detik ini, dia telah memenangkan banyak trofi. Itu termasuk 10 gelar Serie A bersama Juventus.

Gianluigi Buffon juga merupakan pemain dengan caps terbanyak dalam sejarah tim nasional Italia. Dirinya telah membuat 176 penampilan untuk Gli Azzurri pada berbagai ajang. Dan, puncak karier Gianluigi Buffon dengan Italia datang dalam kemenangan Piala Dunia 2006.

Setelah musim lalu bermain 26 kali di semua kompetisi untuk Parma, satu pertanyaan menarik yang diajukan para penggemar sepakbola dari seluruh dunia adalah, kapan Gianluigi Buffon pensiun?

"Sepuluh tahun di Parma dalam kehidupan pertama saya. Kemudian, 20 tahun di Juventus dalam kehidupan kedua. Lalu, satu (tahun) ke Paris (PSG), dua (tahun) ke Juventus (lagi). Sekarang, saya menutup lingkaran di Parma di tahun kedua saya," ujar Gianluigi Buffon, dilansir Football Italia.

"Pensiun pada usia 55? Kurang lebih. Akankah saya berlatih setelah pensiun? Saya telah memikirkan selama bertahun-tahun tentang kapan saya akan berhenti. Ide-ide saya menjadi bingung. Saya sudah memikirkannya selama 10 tahun. Tapi, kemudian saya selalu pergi," tambah Gianluigi Buffon.

Gianluigi Buffon memberikan sinyal bahwa dirinya tidak akan memilih jalur karier yang berbeda di luar sepakbola ketika  gantung sepatu suatu saat nanti. 

"Saya memiliki pengalaman penting yang memungkinkan saya untuk mengenal sepakbola. Tapi, saya tidak yakin 100 apakah saya akan bertahan di dunia (sepakbola) ini atau tidak? Mungkin saya akan mengalami hal lain. Saya tahu sepakbola. Saya penasaran dan saya juga ingin tahu dunia lain," ungkap Gianluigi Buffon.

Gianluigi Buffon memiliki kesempatan menjadi pemain sepakbola profesional tertua di dunia. Jika dia masih bisa bermain hingga 15 tahun ke depan, catatan Kazuyoshi Miura bida dilewati. Legenda Jepang itu saat ini masih bermain untuk Suzuka Point Getters.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network