Peringkat 5 Favorit Pemain Terbaik Afrika 2022

"Nomor 2 "manyun" di Piala Afrika dan Kualifikasi Piala Dunia baru-baru ini."

Analisis | 17 July 2022, 20:30
Peringkat 5 Favorit Pemain Terbaik Afrika 2022

Libero.id - Dipersembahkan oleh Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF), penghargaan 'Pemain Terbaik Tahun Ini' diberikan kepada pemain paling menonjol di benua itu pada tahun tertentu.

Samuel Eto'o (Kamerun) dan Yaya Toure (Pantai Gading) telah memenangkan penghargaan ini paling banyak, masing-masing mengantongi empat penghargaan.

Sehubungan dengan Covid-19, CAF belum mengadakan penghargaan sejak 2019. Namun, dengan pandemi yang sekarang sudah mulai terkendali, penghargaan akan diadakan kembali tahun ini.

CAF baru-baru ini mengumumkan daftar 10 nominasi pemain untuk penghargaan tahun ini. Sadio Mane, Mohamed Salah, Riyad Mahrez, Achraf Hakimi, Karl Toko Ekambi, Vincent Aboubakar, Naby Keita, Sebastien Haller, Edouard Mendy, dan Kalidou Koulibaly masuk dalam daftar.

Mengingat pemenang akan diumumkan pada 21 Juli mendatang, kita akan melihat lima bintang Afrika yang berkesempatan memenangkan penghargaan tahun ini.

Berikut adalah peringkat lima pemain yang berpotensi memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2022.

#5 Achraf Hakimi - Maroko dan Paris Saint-Germain

Achraf Hakimi adalah salah satu bek muda paling menarik di dunia. Lulusan akademi Real Madrid ini cepat dan seorang crosser yang sangat baik.

Setelah memenangkan gelar Serie A bersama Inter Milan pada musim 2020/2021, bek kanan itu bergabung dengan Paris Saint-Germain musim panas lalu. Dia dengan mudah beradaptasi dengan tim dan dengan cepat muncul sebagai salah satu pemain paling konsisten.

Hakimi bermain 41 pertandingan untuk PSG di semua kompetisi, mencatatkan empat gol dan enam assist. Semua keterlibatannya dalam gol terjadi di Ligue 1, yang membantu Parisians meraih gelar Prancis ke-10 mereka di akhir musim.

Untuk negaranya, pemain Maroko itu mencetak empat gol dalam 15 pertandingan sejak September 2021 hingga Juni 2022, membantu mereka mengamankan kualifikasi Piala Dunia dalam prosesnya.

#4 Sebastien Haller - Pantai Gading dan AFC Ajax/Borussia Dortmund

Setelah berjuang dalam menemukan pijakannya di Liga Premier bersama West Ham United, Sebastien Haller bergabung dengan Ajax pada Januari 2021.

Dia langsung mencetak 13 gol dan memberikan tujuh assist dalam 23 penampilan di seluruh kompetisi untuk raksasa Belanda. Sebanyak 11 gol dan lima assist Haller dicetak dalam 19 pertandingan liga dan membantu Ajax meraih gelar Eredivisie musim lalu.

Pemain Pantai Gading itu menaikkan taruhan di musim penuh pertamanya di Johan Cruyff Arena. Di bawah Erik ten Hag, dia muncul sebagai jimat tak tergantikan di tim, terutama di Liga Champions.

Dia mencetak 34 gol dan memberikan sembilan assist dalam 43 pertandingan di semua kompetisi pada musim 2021/2022. Sebelas dari gol itu dicetak dalam delapan pertandingan Liga Champions.

Haller mencetak 21 gol dalam 31 pertandingan Eredivisie musim lalu dan dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak divisi tersebut, serta membantu Ajax mempertahankan gelar liga. Dia kemudian bergabung dengan Borussia Dortmund pada minggu pertama Juli 2022.

Striker berusia 28 tahun itu memainkan 11 pertandingan untuk Pantai Gading sejak September 2021 hingga Juni 2022 dan mencatatkan tiga gol dan satu assist.

#3 Riyad Mahrez - Aljazair dan Manchester City

Riyad Mahrez menikmati musim 2021/2022 yang terik. Dia bermain cemerlang untuk The Citizens dan membawa mereka meraih gelar Liga Premier.

Mahrez memukau penonton dengan gerakannya yang halus, sentuhan pertama yang sempurna, dan kemampuannya untuk mengalahkan pemain bertahan dalam situasi satu lawan satu. Dia tampil dalam 47 pertandingan untuk Man City di semua kompetisi, mencetak 24 kali dan memberikan sembilan assist.

Di Liga Inggris saja, mantan bintang Leicester City itu mencetak 11 gol dan menciptakan empat lagi dalam 28 penampilan.

Mahrez juga tampil bagus untuk Aljazair di pertandingan internasional. Dalam 11 pertandingan sejak September 2021 hingga Juni 2022, Mahrez mencetak lima gol dan dua assist.

Yang terpenting, semua keterlibatan golnya terjadi di Kualifikasi Piala Dunia. Mereka nyaris kehilangan jatah kualifikasi, meskipun kalah dari Kamerun pada akhirnya.

#2 Mohamed Salah - Mesir dan Liverpool

Mohamed Salah muncul sebagai penyerang terbaik Liga Inggris pada musim 2021/2022. Salah mencetak 23 gol dan memberikan 13 assist dalam 35 penampilan papan atas Inggris. Dia bersama-sama memenangkan Sepatu Emas bersama Son Heung-min dan Playmaker Award untuk assist terbanyak.

Pemain internasional Mesir itu juga mencetak delapan gol dan memberikan dua assist dalam 13 penampilan Liga Champions.

Salah, yang memenangkan Piala FA dan Piala Liga bersama Liverpool musim lalu, telah memenangkan penghargaan 'Pemain Terbaik Afrika CAF' pada beberapa kesempatan.

Namun, pada dua pertandingan penting bersama negaranya, dia gagal memberikan kemenangan. Salah bermain 15 pertandingan untuk Mesir sejak September 2021 hingga Juni 2022, mencetak dua gol dan memberikan empat assist.

Dia bermain menghadapi Senegal di final AFCON serta final Play-Off Kualifikasi Piala Dunia. Salah melewatkan penalti penting di kualifikasi dan tidak pernah mendapat kesempatan untuk menendangnya di final AFCON setelah kekalahan yang dialami di kedua pertandingan.

#1 Sadio Mane - Senegal dan Liverpool/Bayern Muenchen

Sadio Mane, yang bergabung dengan Bayern pada awal Juli ini, menjalani musim 2021/2022 yang sukses bersama Liverpool. Mane memiliki 28 keterlibatan gol (23 gol dan lima assist) dalam 51 pertandingan di seluruh kompetisi untuk The Reds.

Dia mengakhiri musim dengan dua piala domestik, memenangkan Piala Liga dan Piala FA. Jumlah keterlibatan gol Salah untuk Liverpool tidak dapat disangkal lebih baik, tetapi perubahan yang dilakukan Mane untuk mereka sungguh luar biasa.

Kapten Senegal itu juga tampil tangguh untuk negaranya selama setahun terakhir, membimbing mereka menuju kejayaan AFCON dan kemudian kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejak September 2021 hingga Juni 2022, Mane memainkan 16 pertandingan untuk negaranya dan mencetak 10 gol.
Yang terpenting, dia dengan tenang melepaskan penalti krusialnya di final Play-Off Kualifikasi Piala Dunia dan AFCON.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network