Ahli Matematika Oxford University Buktikan Pemain Terbaik Dunia Sebenarnya

"Unik! Ini menggunakan hitungan matematika.."

Analisis | 18 July 2022, 20:00
Ahli Matematika Oxford University Buktikan Pemain Terbaik Dunia Sebenarnya

Libero.id - Perdebatan tentang siapa pesepakbola terhebat sepanjang masa adalah hal yang telah berlangsung selama beberapa waktu. Dan, akan berlanjut untuk beberapa waktu lagi. Tapi, bagaimana jika ilmu matematikan yang menentukannya? Profesor Tom Crawford dari Oxford University punya cara uniknya.

Pele, Diego Maradona, Cristiano Ronaldo, dan Lionel Messi hanyalah empat pemain yang dapat dianggap sebagai yang terhebat yang pernah ada. Istilahnya, GOAT (greatest of all time).

Perdebatan diantara penggemar sepakbola ternyata membuat ahli matematika ternama di Inggris, Tom Crawford, gerah. Profesor yang bekerja di salah satu universitas terbaik di bumi, Oxford University, berusaha menyelesaikan perdebatan itu dengan ilmu yang dikuasainya.

Tugas pertama Tom Crawford adalah membuat daftar 10 pemain. Untuk memenuhi syarat, pemain harus memenangkan dua atau lebih Ballon d'Or. Mereka kemudian harus mencetak skor yang cukup tinggi di tujuh kategori untuk memperkuat tempat 10 besar.

Parameter itu adalah gelar klub, gelar internasional, gol untuk klub, gol untuk negara, jumlah Ballon d'Or, rekor yang dicetak, dan musim Z-Factor. 

Setelah angka-angka diurutkan, munculah 10 nama terkenal. Mereka adalah Johan Cruyff, Diego Maradona, Michel Platini, Alfredo di Stefano, Marco van Basten, Ronaldo Luis Nazario de Lima, Ferenc Puskas, Pele, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo.

CR7 mengambil posisi teratas. Sementara Lionel Messi dan Pele bergabung dengan penyerang Portugal itu di podium berikutnya.

Yang mengejutkan, data tersebut tidak mendukung Diego Maradona, yang hanya ada di posisi kesembilan. "Sebagai penggemar berat sepakbola, saya telah lama berdebat dengan teman-teman saya siapa pemain terhebat sepanjang masa," kata Tom Crawford, dilansir Givemesport.

"Saya senang membawa matematika ke banyak orang selama beberapa tahun terakhir. Jadi, matematika dapat menunjukkan bagaimana anda dapat menggunakannya dalam dunia sepakbola. Dan, ini sangat menyenangkan," tambah Tom Crawford.

"Mengapa Cristiano Ronaldo? Jelas dia telah keluar di atas dari algoritma saya. Jelas bahwa semua statistik pemain lain luar biasa. Jadi, saya yakin perdebatan akan berlanjut!" beber Tom Crawford.

Bagi penggemar Lionel Messi, penelitian Tom Crawford tentu saja mengecewakan. Tapi, tidak perlu cemas karena ini hanya salah satu cara. Masih ada banyak penelitian-penelitian sejenis yang dilakukan di luar sana. Semuanya sah dan memiliki basis argumen masing-masing.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network