Momen Laga Perdana Lionel Messi di Barcelona dengan Jersey No.10

"Ini terjadi 14 tahun lalu, Masih ingat? Cek videonya.."

Analisis | 25 July 2022, 18:17
Momen Laga Perdana Lionel Messi di Barcelona dengan Jersey No.10

Libero.id - Lionel Messi sekarang membela Paris Saint-Germain (PSG) dengan jersey No.30 setelah bertahun-tahun menggunakan No.10 di Barcelona. Tapi, tahukah anda kapan La Pulga pertama kali menggunakan nomor keramat itu? 

Sepakbola masa kini tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Lionel Messi. Megabintang Argentina itu telah menghiasi pemberitaan media-media olahraga selam dua dekade terakhir. Itu karena kemampuan, cara bermain, dan prestasi yang ditorehkan.

Lionel Messi memulai debut berseragam Barcelona dengan mengenakan jersey No.30, yaitu pada Oktober 2004. Dia tampil cukup mengesankan, dan langsung menjadi anggota tim utama Barcelona. Pemain kelahiran Rosario itu kemudian mengenakan No.19 pada 2006/2007 dan 2007/2008.

Ketika itu, catatan gol Lionel Messi mencapai dua digit di La Liga pada kedua musim tersebut. Dan, saat nomor seragamnya kembali berubah menjadi No.10 setelah kepergian Ronaldinho ke AC Milan, Lionel Messi mencatatkan sejarah yang sama sekali baru.

Pertanyaannya, kapan Lionel Messi mengenakan jersey Barcelona No.10 untuk pertama kalinya? Ternyata, itu terjadi 14 tahun lalu.

Ketika itu, 24 Juli 2008, Barcelona sedang menjalani pramusim di Skotlandia. Klub Katalunya itu menggelar pertandingan persahabatan melawan Hibernian di Murrayfield Stadium, Edinburgh.Barcelona menang 6-0, dengan Lionel Messi mencetak gol indah dan assist berkelas kepada Pedro Rodriguez.

Lionel Messi juga memiliki gol lain yang dianulir karena off side. Tapi, itu tidak masalah karena Eidur Gudjohnsen mengemas dua gol dan Bojan Krkic serta Yaya Toure juga masuk daftar penjebol gawang lawan.

Hebatnya, di musim depan menggunakan jersey No.10, pasukan Pep Guardiola mencatatkan rekor impresif. Pada akhir musim, mereka memenangkan La Liga, Copa del Rey, Liga Champions. Dan, Lionel Messi mencetak 38 gol di semua kompetisi. Jika ditotal, dengan No.10, La Pulga punya 630 gol.

Kecemerlangan Lionel Messi dengan No.10 memang luar biasa. Bahkan, Ronaldinho mendorong Barcelona untuk mempensiunkan nomor tersebut demi menghormati kontribusi Lionel Messi.

Sayangnya keinginan itu tidak terwujud. Pasalnya, setelah Lionel Messi mengakhiri tugas gemilang selama 21 tahun di Nou Camp pada musim panas tahu lalu, nomor ikonik tersebut diserahkan kepada bintang baru, Ansu Fati. Dan, di PSG, La Pulga memilih No.30, Meski Neymar ingin memberikan No.10.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network