Inilah Alasan Lechia Gdansk Biarkan Witan Sulaeman Pergi

"Alasan yang sama saat Romelu Lukaku dibiarkan pergi dari Chelsea."

Analisis | 27 July 2022, 18:30
Inilah Alasan Lechia Gdansk Biarkan Witan Sulaeman Pergi

Libero.id - Keinginan Witan Sulaeman berjuang mendapatkan menit bermain layak di Lechia Gdansk akhirnya tidak terwujud. Pemain tim nasional Indonesia itu resmi dilepas pada jendela transfer musim panas 2022. Lalu, apa alasannya?

Witan Sulaeman merupakan pemain muda Indonesia yang mendapatkan kesempatan bermain di Eropa selain Egy Maulana Vikri. Keduanya sama-sama bermain untuk FK Senica musim lalu. Tapi, setelah klub mengalami kebangkrutan, keduanya pergi.

Saat ini, Egy Maulana Vikri kembali ke Indonesia, dan sedang menjalani pemulihan cedera. Sementara Witan Sulaeman sempat kembali ke Polandia untuk ikut latihan pramusim sebelum keputusan final datang.

Banyak pendukung Indonesia dan penggemar Witan Sulaeman yang bertanya-tanya alasan Lechia Gdansk tidak melanjutkan kerjasama. Beberapa lainnya menyayangkan karena Lechia Gdansk berpotensi kehilangan pasar besar dari Indonesia.

Lalu, apa alasan sebenarnya? Sinyal Witan Sulaeman tidak dibutuhkan Lechia Gdansk sudah muncul pada pertengahan bulan ini. Ketika itu, klub dari kota pelabuhan di utara Polandia tersebut diwajibkan menyerahkan daftar nama pemain untuk Kualifikasi Liga Konferensi Eropa. Dan, nama Witan Sulaeman tidak termasuk di dalamnya.

Kemudian, dalam pernyataan kepada media-media lokal Polandia, Pelatih Lechia Gdansk, Tomasz Kaczmarek, membeberkan rencananya. Dia mengaku ingin membentuk skuad yang ramping. Konsekuensinya, pemain-pemain yang jarang bermain akan dilepas.

"Tim kami sedang berkembang. Dibanding musim sebelumnya, kami telah membuat kemajuan dengan mendekati pemuncak klasemen. Kami masih punya kekurangan. Tapi, kami akan mencoba memperbaikinya," kata Tomasz Kaczmarek, dilansir media online lokal, Gol 24.

Witan Sulaeman yang dikontrak pada 1 September 2021. Tapi, dia belum pernah bermain di skuad utama Lechia Gdansk musim 2021/2022. Bahkan, dia dipinjamkan ke FK Senica. Jadi, cukup masuk akal jika Tomasz Kaczmarek memutuskan melepas banyak pemain, termasuk Witan Sulaeman.

"Kami punya tim yang bagus dan stabil. Kami tidak membutuhkan jumlah pemain yang besar. Saya hanya ingin memiliki tim yang kecil, tapi bagus," tambah Tomasz Kaczmarek.

Fakta menunjukkan, Tomasz Kaczmarek tidak hanya melepas Witan Sulaeman. Bersama pemuda asal Palu itu, dia membiarkan empat pemain lainnya pergi. Mereka adalah Joseph Ceesay, Egzon Kryeziu, Omran Haydary, dan Tomasz Makowski

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network