Kenalkan Ilham Yuda, Pemain Muda Indonesia yang Baru Gabung Klub Liga Spanyol

"Semoga suatu kelak bisa tembus di La Liga..."

Biografi | 28 July 2022, 09:30
Kenalkan Ilham Yuda, Pemain Muda Indonesia yang Baru Gabung Klub Liga Spanyol

Libero.id - Nama Ilham Yuda barangkali masih asing di telinga pencinta sepakbola tanah air.  Tapi dalam beberapa tahun terakhir, tanpa banyak diketahui pemain muda yang satu ini dengan berani telah memulai kariernya di luar negeri, tepatnya di Spanyol. Negeri para talenta sepakbola ternama. Xavi Hernandez, Andres Ineasta,David Villa, hingga generasi terbaru seperti Ansu Fati, Ferran Torres, Pedri, Gavi, dan masih banyak sederet nama lainnya.

Pelan-pelan pemain yang kini masih berusia 19 tahun itu menapaki kariernya, terbaru pesepakbola Indonesia asal Pontianak itu mengumumkan bahwa dirinya telah bergabung ke klub Divisi 5 Liga Spanyol, CD Llosetense.

Ilham mengunggah kabar gembira tersebut  di akun Instagram pribadinya, Rabu (27/7).

"Saya senang telah bergabung dengan CD Llosetense dan tidak sabar untuk memulai!" tulis Yuda sebagai caption di Instagram.


Llosetense sendiri adalah tim yang musim lalu finis kelima di klasemen Divisi 5 Liga Spanyol. Mereka sempat ikut playoff promosi ke Divisi 4, tetapi sayangnya dikalahkan oleh klub bernama bernama Manacor di semifinal.

Di sisi lain, bergabungnya Yuda merupakan peningkatan yang bagus untuk karier. Sebab mengigat sebelumnya, pada 2021, Yuda tercatat bermain untuk klub Divisi 6 Liga Spanyol yakni CD Almuñecar City.  Naik satu kasta.

Pada 2021 silam, Ilham Yuda pernah bercerita tentang bagaimana dirinya bisa mengawali karier di Spanyol. Pemain sayap itu  mengatakan bahwa awalnya dari ikut turnamen-turnamen kelompok umur di Amerika Serikat.

"Aku bisa ke Spanyol gara-gara ada turnamen di Amerika, Las Vegas Cup U-16, terus dari situ ada pelatih yang melirik aku, terus dikontak dia dan dari situ aku mulai ke Spanyol," tuturnya pada September 2021 lalu.

Pemain yang sempat berkutat dengan cedera ini rupanya juga pernah jadi bagian dan menimba ilmu di akademi FC Malaga City.

Bukan mustahil kalau suatu kelak Yuda bisa berkiprah di kompetisi Liga Spanyol yang levelnya lebih tinggi. Syukur-syukur La Liga Spanyol.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network