Kisah Manuel Manos Gonzalbo, Member Pertama Barcelona Wafat Usia 101 Tahun

"Bukan kaleng-kaleng, inilah yang disebut loyalitas tanpa batas.."

Viral | 29 July 2022, 01:05
Kisah Manuel Manos Gonzalbo, Member Pertama Barcelona Wafat Usia 101 Tahun

Libero.id - Beberapa hari lalu, Barcelona mengumumkan kabar duka meninggalnya Manuel Manos Gonzalbo. Dia bukan mantan pemain, pelatih, atau pengurus klub. Sosok yang menghembuskan napas terakhir pada usia 101 tahun itu adalah member pertama El Barca.

Seperti klub sepakbola Spanyol pada umumnya, dan banyak tim di Amerika Latin, Barcelona bukan perusahaan semacam Manchester United atau Juventus. El Barca merupakan perkumpulan atau yang biasa disebut Socios.

Socios layaknya partai politik atau organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, atau organisasi kedaerahan. Barcelona dibentuk dari anggota-anggota yang berkumpul, berserikat, membentuk organisasi sepakbola, dan ikut dalam kompetisi.

Dengan sistem ini, anggota sebagai pemegang saham mayoritas. Setiap periode, mereka berkumpul untuk memilih presiden dengan fungsi sebagai CEO untuk menjalankan roda klub sehari-hari. Dan, setiap orang yang memenuhi sejumlah syarat bisa menjadi anggota. Ada hak dan kewajiban juga.

Ternyata, Barcelona baru saja kehilangan salah satu anggotanya, Manuel Manos Gonzalbo. Dia bukan anggota biasa. Dia bergabung dengan Barcelona pada 1932 ketika sistem Socios diperkenalkan di sepakbola Spanyol. Hebatnya, dia memegang kartu tanda anggota (KTA) No.1.

"Dengan berat hati kami mengumumkan kematian Manuel Manos Gonzalbo, pemegang keanggotaan nomor satu FC Barcelona, ​​pada usia 101 tahun," tulis Barcelona di akun media sosialnya.

"Manuel Manos Gonzalbo telah menjadi anggota klub sejak 5 September 1932. Belasungkawa kami yang tulus kepada keluarga dan teman-temannya. Semoga dia beristirahat dengan tenang," bunyi pernyataan lanjutan klub Katalunya tersebut.

Meski Barcelona masih memiliki 140.000 lebih anggota lagi, meninggalnya Manuel Manos Gonzalbo benar-benar membuat seluruh Camp Nou berduka. Media sosial ramai dengan komentar tentang pria bersahaja ini. Banyak pendukung Barcelona dan sesama member mengungkapkan perasaannya.

"Beristirahatlah dalam damai legenda," tulis salah satu pendukung. Ada juga yang memberikan atribut "Raja" kepada Manuel Manos Gonzalbo.

Selama hidup, terutama sejak menjadi member pertama Barcelona, Manuel Manos Gonzalbo, telah menyaksikan sejumlah pemain bintang di Camp Nou. Mengingat usianya yang mencapai 101 tahun, Gonzalbo sangat beruntung menjadi saksi para pemain legendaris merumput di Camp Nou.

Manuel Manos Gonzalbo adalah saksi hidup keberadaan orang-orang hebat seperti Johan Cruyff, Diego Maradona, Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho, Xavi, Andres Iniesta, dan tentu saja Lionel Messi. Semuanya telah disaksikan saat bermain tampil di lapangan dengan Manuel Manos Gonzalbo menonton dari tribun.

Hebatnya, selama 90 tahun menjadi anggota Barcelona, Manuel Manos Gonzalbo tidak pernah absen dari pertandingan. Jika dalam kondisi sehat, dia selalu hadir di tribun. Dan, itu sudah dia lakukan sejak usia 11 tahun!

Manuel Manos Gonzalbo awalnya pergi ke Camp Nou dengan ayahnya. Lalu, setelah beranjak dewasa, dia sendiri pergi ke stadion. Kemudian, bersama istrinya. Lalu, anaknya. Ada juga cucunya. Benar-benar sosok yang layak dijadikan panutan dan simbol loyalitas penggemar sepakbola.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network