Salut! Kisah Marcelo Bielsa Bikin Raphinha jadi Pemain Kelas Dunia

"Pelatih top tidak selalu soal gelar, melainkan mendidik pemain hebat.."

Analisis | 29 July 2022, 05:00
Salut! Kisah Marcelo Bielsa Bikin Raphinha jadi Pemain Kelas Dunia

Libero.id - Raphinha telah mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Marcelo Bielsa. Dia memuji pelatih asal Argentina itu sebagai orang yang paling berjasa dalam karier. Jika bukan karena El Loco, Raphinha menyebut mimpi bergabung dengan Barcelona tidak akan mungkin terwujud.

Pemain Brasil itu pindah ke Camp Nou dari Leeds United dalam kesepakatan 65 juta euro (Rp988 miliar) pada musim panas ini setelah dua musim yang mengesankan di Elland Road.

Sebagian besar waktu Raphinha di Leeds United dihabiskan di bawah asuhan Marcelo Bielsa, yang dipecat pada Februari 2022 setelah serentetan hasil mengecewakan. Tapi, bagi Raphinha, pelatih ikonik itu banyak membantu mewujudkan mimpinya bermain di Katalunya.

"Dia adalah pelatih yang banyak membantu saya sejak pertama kali saya tiba di Leeds United," ujar Raphinha kepada El Mundo Deportivo.

"Dia selalu menuntut lebih, selalu menuntut performa maksimal. Dia membantu saya masuk ke tim nasional dan membantu saya sampai ke Barelona. Jika bukan karena ajarannya, sebagai kelompok atau individu, saya mungkin tidak akan berada di sini," tambah Raphinha.

Raphinha mengatakan, cara melatih Marcelo Bielsa, dan pendekatan yang dilakukan kepada pemain luar biasa. Dia merasa, selama beberapa tahun berada dalam pengawasan El Loco mengalami kemajuan yang signifikan.

"Selain memiliki gaya bermain yang selalu menghormati bola, dia mencari performa maksimal dalam latihan dan pertandingan. Dia adalah orang yang penting bagi saya dan untuk karier saya. Saya akan selalu membawa namanya bersama saya," ungkap Raphinha.

Pemain berusia 25 tahun itu juga mengatakan hasil didikan Marcelo Bielsa sangat bermanfaat di Barcelona, meski Xavi Hernandez memiliki filosofi yang sedikit berbeda.

"Mereka berbeda. Marcelo punya cara kerja yang unik. Ini adalah 'gaya Marcelo Bielsa', sebut saja begitu. Setiap teknis berbeda. Sama seperti setiap orang memiliki cara menjalani hidupnya, setiap pemain, dan setiap pelatih berbeda dalam pekerjaannya," ungkap Raphinha.

Raphinha mengawali karier di Barcelona dengan mencetak satu gol dan memberikan dua assist saat melawan Inter Miami. Dia adalah pemain yang aktif di sayap kanan dan merupakan pemain paling kreatif untuk Barcelona dalam kemenangan 6-0 tersebut.

Dia melanjutkan aksi impresif dengan gol spektakuler lainnya dalam pertandingan pramusim melawan Real Madrid. Dia menembak ke sudut atas dari jarak 15 meter untuk memberi Barcelona kemenangan di El Clasico edisi pramusim.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network