Kisah Haru Puzone, Rekan Setim Maradona di Napoli Kini Jadi Gelandangan

"Puzone bagian tim Napoli yang merebut scudetto 1987. Bagaikan roda, kini putaran hidupnya ada di bawah."

Feature | 28 June 2020, 01:40
Kisah Haru Puzone, Rekan Setim Maradona di Napoli Kini Jadi Gelandangan

Libero.id - Meskipun satu tim dan berbagi lapangan dengan Diego Maradona di Napoli, kehidupan Pietro Puzone telah berubah 180 derajat sejak hari-hari bermainnya.

Mantan pesepakbola Italia itu sekarang menjadi gelandangan. Dia kehilangan tempat tinggal dan tidur di jalanan di Acerra, sekitar 14 kilometer timur laut Napoli.

Situasinya terungkap ketika sebuah video tentang kondisi Puzone viral. Para pemain Napoli dari generasinya menciptakan grup WhatsApp. Mereka membicarakan kemungkinan Puzone pulih dari posisinya saat ini.

"Kami berurusan dengannya pada bulan Mei," kata Walikota Acerra, Raffaele Lettieri kepada La Gazzetta dello Sport.

"Selama COVID-19 dan dalam percakapan sebelumnya. Upayanya agar berhenti kecanduan narkoba tidak berhasil.

"Itu mungkin merangsang dia (untuk berhenti kecanduan) jika mantan rekan setimnya membuatnya merasa penting."

Puzone adalah bagian dari tim pemenang Scudetto Napoli pada tahun 1987.

SIAPA PUZONE

Kisah sedih mantan pemain sepak bola ini telah menjadi berita utama di Italia selama beberapa hari terakhir ketika sebuah video tentang Puzone yang hidup dalam kondisi mengenaskan beredar di berbagai media.

Video itu, yang direkam oleh komentator radio lokal, memperlihatkan seorang pria yang wajahnya menunjukkan tanda-tanda kecanduan yang dengan enggan menyetujui menerima bantuan untuk membersihkan diri. Komentator mencatat janjinya dan menyerukan kepada semua penggemar dan teman-teman Napoli untuk membantu mengembalikan Pietro seperti pada masa jayanya.

Pietro Puzone, sekarang berusia 57, adalah bagian dari tim Napoli yang memenangkan gelar Liga Italia dan Coppa Italia di musim 1986-87. Saat itu ia hanya pemain sayap cadangan. Puzone juga dikenal karena kedekatannya dengan Maradona.

Rekaman TV lama menunjukkan bahwa, ketika El Pibe de Oro gagal penalti yang menentukan, yang menyebabkan Napoli tersingkir dari Piala UEFA di tangan Toulouse, Puzone adalah yang pertama menghibur pemain Argentina yang patah hati.

Persahabatan Maradona dengan Pietro Puzone kembali ke musim pertamanya di Napoli. Saat itulah Puzone berhasil meyakinkan Maradona untuk bermain dalam pertandingan amal tidak resmi di Acerra - pinggiran kota Napoli.

Ceritanya, Puzone didekati oleh seorang teman keluarga yang sangat ingin mengumpulkan uang untuk operasi yang bisa menyelamatkan nyawa putranya. Dia kemudian melanjutkan untuk mengatur permainan amal di stadion lokal dan meminta presiden Napoli Corrado Ferlaino untuk melibatkan pasukan Partenopei. Izin ditolak: Terlalu berisiko untuk bermain di pinggiran kota, tanpa perlindungan dan dengan risiko tinggi cedera.

Pada saat itulah, Maradona memutuskan untuk menempuh jalannya sendiri dan bermain terlepas dari pendapat Presidennya. El Pibe de Oro tampil di Acerra, ditemani oleh Puzone sendiri, bersama dengan banyak pemain Napoli lainnya yang mengenakan kaus resmi.

Ada desas-desus bahwa Maradona bahkan setuju untuk membayar kompensasi asuransinya yang diperlukan untuk membolehkannya bermain.

Jadi, berkat dorongan Puzone dan kemurahan hati Maradona, keajaiban kecil terjadi pada sore itu pada Januari 1985. Di lapangan sepak bola berlumpur yang penuh di pinggiran Napoli, seorang bintang sepak bola internasional dan juara dunia masa depan bermain melawan tim amatir lokal.

Karier Pietro Puzone sebagai pesepakbola tidak pernah lepas landas. Setelah beberapa musim gagal di Semenanjung Italia, dia pensiun dari sepak bola profesional pada tahun 1990, baru berusia 27 tahun.

Kisah sedihnya adalah pengingat betapa cepatnya dunia sepakbola yang berkilau, dan ketika lampu-lampu kemasyhuran memudar, seorang pria hanyalah seorang pria - dengan segala kelemahan dan keterbatasannya.

Video mengenaskan yang telah beredar di Internet semoga akan meningkatkan kewaspadaan dan mendorong teman-temannya, serta mungkin beberapa rekan tim Napoli yang lama, untuk menawarkan bantuan. Seperti yang dia lakukan, bertahun-tahun yang lalu, ketika membawa Maradona untuk bermain di pinggiran kota dan membantu menyelamatkan kehidupan seorang anak.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network