Tampil di Piala AFF 2022, Thailand Turunkan Timnas U-23

"Terdengar seperti meremehkan negara ASEAN lainnya. Apa tujuan Thailand dibalik rencana itu?"

Analisis | 02 August 2022, 18:54
Tampil di Piala AFF 2022, Thailand Turunkan Timnas U-23

Libero.id - Tak terasa Piala AFF senior akan kembali berlangsung. Sebetulnya masih ada beberapa bulan lagi. Tepatnya bulan 12 alias Desember.

Namun Thailand dikabarkan sudah pasang ancang-ancang dengan serius. Juara bertahan Piala AFF 2020 itu kabarnya
akan mengirim Timnas U-23 untuk mengikuti gelaran kompetisi paling bergengsi se Asia Tenggara tersebut.

Lantas apa alasan dibalik keputusan Tim Gajah Perang? Apakah terinsipirasi dari Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong yang saat finish sebagai runner-up banyak diperkuat oleh pemain-pemain muda?

Usut punya usut, menurut media Thailand, Thairath, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) sebetulnya belum mencapai tahap final terkait rencana itu. Namun, Ketua FAT, Somyot Poompanmoung, tampak cukup puas dengan wacana menurunkan pemain Timnas U-23 di Piala AFF 2022.

Sebab itu merupakan bagian dari strategi terkait target Timnas Thailand kedepannya. FAT menganggap bahwa lolos ke Olimpiade Paris 2024 sebagai prioritas nomor satu mereka allias rencana jangka panjang. Untuk itu, Piala AFF senior bisa menjadi ajang untuk mengasah kemampuan Timnas U-23 sedari dini.

“FAT memiliki kebijakan untuk mempertimbangkan generasi U-23 sebagai target investasi utama. Dengan generasi pemain ini, sepak bola Thailand bisa unjuk gigi di luar Asia Tenggara," ujar Somyot dilansir dari media Vietnam, Soha.

Thailand sepertinya sudah bosan bolak-balik juara di Piala AFF alias level Asia Tenggara. Timnas Thailand U-23 yang bakal diproyeksikan ini juga sebelumnya menjuarai Piala AFF U-23 2022, di mana Timnas Indonesia U-23 waktu itu mengundurkan diri karena alasan Covid-19.

“Tidak semua kejuaraan regional seperti Piala AFF menjangkau di luar kawasan. Oleh karena itu, kami akan memutuskan untuk mendekati Asia dan dunia. Sepak bola Thailand harus bermain di turnamen utama dan FIFA, bukan yang tidak bersertifikat," imbuhya.


Target besar Timnas U-23 Thailand adalah lolos ke Olimpiade Paris 2024. Sebelum itu mereka harus mencapai semifinal Piala Asia U-23 2024.

Jadi, 3 tim teratas Piala Asia U-23 akan meraih tiket langsung ke Olimpiade Paris. Sementara, tim peringkat 4 akan memainkan play-off dengan melawan perwakilan Afrika untuk mendapatkan jatah tiket terakhir.

Ajang Piala AFF 2022 dianggap bisa jadi acuan untuk Timnas Thailand.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network