10 Pemain Lapangan Tertua di Piala Dunia

"Siapa yang bisa kalahkan pria yang pernah bermain bersama Putra Samarinda ini."

Analisis | 03 August 2022, 23:11
10 Pemain Lapangan Tertua di Piala Dunia

Libero.id - Pemain bintang yang menghiasi era milenium dengan kecerdasan mereka, seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Luka Modric akan bermain di Piala Dunia terakhir mereka di Qatar 2022 – tetapi mereka tidak atau mungkin belum akan menjadi pemain tertua yang mewakili negara mereka di panggung paling bergengsi tersebut.

Piala Dunia telah banyak berlangsung dan beberapa pemain veteran legendaris telah bermain hingga usia mereka mencapai usia 40-an.  Mari kita kembali ke era 1950-an dan hingga hari ini untuk menengok pemain outfield (non kiper) tertua yang pernah tampil di Piala Dunia.

10. Russell Latapy

Mantan gelandang Hibs, Rangers, dan Falkirk, Latapy saat ini bekerja sebagai pelatih kepala untuk tim nasional U-20 Trinidad dan Tobago.

Saat itu dia berusia 37 tahun dan masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan terakhir grup Skotlandia di Piala Dunia 2006, ketika negaranya menempati posisi terbawah grup Inggris di Jerman.

9. Fernando Clavijo

Pada 1981, Clavijo memilih untuk berhenti dari permainan reguler dan mengalihkan perhatiannya ke American Indoor Soccer League. Dia menghabiskan hanya satu musim lebih lanjut dari kariernya bermain di luar ruangan, menyukai variasi di bawah atap.

Dia tanpa klub setelah Liga Indoor dibubarkan pada 1992, tetapi masih menjadi bagian dari tim nasional Amerika Serikat untuk Piala Dunia 1994, di mana mereka menjadi tuan rumah.

Saat itu dia bermain di tiga dari empat pertandingan negaranya, berakhir dengan kekalahan 1-0 dari Brasil. Clavijo saat itu tampil di lapangan sepak bola dalam usia 38 tahun, lima bulan, dan 11 hari.

8. Tim Cahill

Pemain Australia itu mencetak gol di tiga Piala Dunia berturut-turut – 2006, 2010 dan 2014 – dan merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa negaranya dalam sejarah turnamen dengan total lima gol. Siapa yang bisa melupakan aksinya melawan Belanda di Porto Alegre?

Mantan pemain Everton itu tidak dapat memperpanjang rekor gol itu menjadi empat Piala Dunia. Saat itu timnya tersingkir dan dia berada pada usia 38 tahun, enam bulan, dan 20 hari pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

7. Mario Yepes

Yepes adalah kapten tim Kolombia yang berhasil mencapai perempat final Piala Dunia 2014, akhirnya kalah 2-1 dari tuan rumah Brasil.

Itu adalah penampilan terbaik mereka di Piala Dunia. Sementara Yepes mendapatkan caps ke-100 dalam skuad yang menampilkan pemain tertua yang pernah bermain di kompetisi dengan usianya saat itu

6. Jan Heintze

Denmark finis di puncak grup mereka di Piala Dunia 2002, bergabung dengan Senegal dalam mengalahkan juara bertahan Prancis, yang menempati posisi terbawah Grup A.

Dalam pertandingan grup Denmark dengan Senegal, Heintze membuat penampilan kedua dan terakhirnya di turnamen tersebut dalam usia 38 tahun, 9 bulan, dan 20 hari sebelum digantikan sebagai kapten oleh Rene Henriksen.

5. Sergey Ignashevich

Bek tengah Rusia ini berusia 38 tahun, 11 bulan, dan 23 hari ketika tuan rumah 2018 itu tersingkir melalui adu penalti di babak perempat final oleh runner-up Kroasia.

“Saya tidak dapat membayangkan bahwa saya akan menyelesaikan karier sepak bola saya dengan cara seperti ini,” tulis Ignashevich setelah mengumumkan pengunduran dirinya beberapa hari kemudian.

4. Stanley Matthews

Matthews yang berusia 39 tahun melakukan perjalanan ke Piala Dunia 1954 bersama nama-nama legendaris lainnya, seperti Nat Lofthouse dan Tom Finney.

Sayangnya, karena Perang Dunia kedua, hanya Piala Dunia kedua di mana pemain tertua Inggris – dan pemain tertua di papan atas Inggris – dapat tampil.

3. Rafael Marquez

Satu-satunya pemain yang tampil di Piala Dunia 2002 dan 2018. Bek tengah Meksiko, Rafael Marquez, menjadi pemain pertama yang menjadi kapten negaranya di lima turnamen berbeda di Rusia.

Dia berusia 39 tahun, empat bulan, dan 19 hari ketika dia bermain untuk Meksiko dalam kekalahan 2-0 dari Brasil - mempertahankan rekornya sebagai kapten Meksiko dalam lima eliminasi babak 16 berturut-turut.

2. Angel Labruna

Pemain ketiga dari Piala Dunia 1958 yang muncul dalam daftar ini adalah penyerang Argentina, Labruna, yang bermain dalam dua pertandingan grup saat timnya menempati posisi terbawah grup mereka.

Di level klub, Labruna bermain 515 kali untuk River Plate selama 20 tahun, mencetak 293 kali, meninggalkan setahun setelah tampil di Piala Dunia dalam usia 39 tahun, 8 bulan, dan 18 hari.

1. Roger Milla

Enam pemain di atas usia 40 tahun telah tampil di Piala Dunia, tetapi Milla adalah satu-satunya pemain lapangan yang mencapai prestasi tersebut.

Itu juga menjadikan pria yang kini berusia 70 tahun, yang pernah bermain bersama Pelita Jaya dan Putra Samarinda, sebagai pencetak gol tertua di Piala Dunia. Dia mencetak gol dalam pertandingan terakhir Kamerun di turnamen 1982, kekalahan 6-1 dari Rusia dengan Milla berusia 42 tahun.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network