Selamat Ulang Tahun!

Kabar Gembira, UEFA Akan Gunakan Teknologi Offside Terbaru

"Dimulai di Piala Super Eropa, berlanjut ke Liga Champions.."

Analisis | 04 August 2022, 17:12
Kabar Gembira, UEFA Akan Gunakan Teknologi Offside Terbaru

Libero.id - Mengikuti jejak FIFA di Piala Dunia Antarklub 2021, UEFA juga secara resmi telah mengumumkan pengunaan teknologi baru "Offside Semiotomatis". Dimulai dengan Piala Super Eropa 2022, alat canggih ini akan digunakan di Liga Champions 2022/2023.

Sesuai jadwal, Piala Super Eropa 2022 mempertemukan juara Liga Champions 2021/2022, Real Madrid, dengan pemenang Liga Europa 2021/2022, Eintracht Frankfurt.

Pertandingan pembuka musim tersebut rencananya akan dipimpin pengadil asal Inggris, Michael Oliver. Dan, untuk kelancaran pertandingan, Komisi Wasit UEFA memberi Michael Oliver amunisi baru. Itu adalah teknologi off side semiotomatis yang sukses diujicoba FIFA dan UEFA beberapa waktu lalu.

"UEFA dengan bangga mengumumkan Semi-Automated Offside Technology (SAOT) akan tayang perdana di kompetisi klub Eropa pada Piala Super Eropa. Selanjutnya, SAOT juga akan digunakan di babak penyisihan grup Liga Champions musim mendatang," bunyi pernyataan UEFA di situs resminya.

UEFA mengklaim, teknologi tersebut berfungsi penuh setelah lebih dari dua tahun melalui masa pengujian. Secara total, 188 tes telah dilakukan sejak 2020. Itu termasuk di beberapa pertandingan Liga Champions musim lalu, fase gugur Liga Champions Wanita, dan Euro Wanita 2022. Hal yang sama juga dikerjakan FIFA.

"UEFA terus mencari solusi teknologi baru untuk meningkatkan permainan dan mendukung pekerjaan wasit," kata Kepala Wasit UEFA, Roberto Rosetti, dalam sebuah pernyataan kepada Marca.

Sepakbola kini sudah sangat maju dan pendukung semakin kritis dengan berbagai fenomena di lapangan. Jadi, memberi wasit senjata baru yang modern dan canggih akan menghindari kontroversi dan memudahkan pekerjaan di lapangan.

"Sistem inovatif ini akan memungkinkan tim di belakang Video Assistant Referee (VAR) untuk menentukan situasi off side dengan sangat cepat dan lebih akurat. Ini akan meningkatkan alur permainan dan konsistensi keputusan wasit di pertandingan," ujar Roberto Rosetti.

"Sistem ini siap digunakan dalam pertandingan resmi dan diimplementasikan di setiap venue Liga Champions," tambah mantan wasit Serie A tersebut.

(mochamad rahmatul haq/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=tlW89xLCPLQ

Artikel Pilihan


Daun Media Network