Robert Alberts atau Jacksen Tiago? Pelatih Pertama yang Dipecat Musim ini

"Mari kita tebak-tebakan. Siapa duluan yang kena PHK?"

Analisis | 07 August 2022, 22:29
Robert Alberts atau Jacksen Tiago? Pelatih Pertama yang Dipecat Musim ini

Libero.id - Persib Bandung dan Persis Solo kembali menelan pil pahit kekalahan. Maung Bandung dipermalukan Borneo FC. Sedangkan Laskar Sambernyawa menyerah dari Persikabo 1973. Pertanyaannya, siapa pelatih kedua tim yang lebih dulu dipecat, Robert Alberts atau Jacksen Tiago?

Ada banyak kemiripan antara Persib Bandung dengan Persis Solo. Pertama, mereka termasuk klub pendiri PSSI. Kedua, punya materi pemain mewah. Ketiga, dilatih orang asing. Keempat, tim kaya. Kelima, sama-sama sedang terpuruk.

Catatan menunjukkan, dari tiga pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 yang sudah dijalani, Persib Bandung bermain imbang dengan Bhayangkara FC dan dikalahkan Madura United serta Borneo FC. Maung Bandung menderita sembilan gol dan mencetak empat gol.

Tapi, apa yang dialami Persib Bandung tidak separah Persis Solo. Klub promosi itu dikalahkan Dewa United, Persija Jakarta, dan Persikabo 1973. Total, mereka kemasukan tujuh gol dan mencetak tiga gol.

Akibat hasil tiga pertandingan awal musim yang mengecewakan, desakan pergantian pelatih nyaring disuarakan pendukung. Sejak kekalahan dari Madura United, tagar Rene Out, Robert Out, atau Alberts Out mendominasi berbagai platform media sosial selama berhari-hari.

Hal yang kurang lebih sama juga terjadi di kalangan pendukung Persis Solo. Tagar JFT Out dan  Jacksen Out cukup banyak dituliskan penggemar yang kecewa di media sosial. Bahkan, itu sudah dimulai sejak kegagalan lolos dari fase grup Piala Presiden 2022.

Tentu saja, kekecewaan suporter cukup masuk akal. Pasalnya, dengan materi pemain kelas satu, tidak seharusnya Persib Bandung maupun Persis Solo berada di posisi bawah klasemen sementara.

Bayangkan, pada bursa transfer awal musim, Maung Bandung sukses mendatangkan beberapa anggota tim nasional Indonesia. Sebut saja Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto. Ditambah Marc Klok, Persib Bandung seharusnya bisa tampil seperti tim Garuda asuhan Shin Tae-yong.

Situasi yang mirip juga terjadi dengan Persis Solo. Mereka punya pemain-pemain berpengalaman seperti Abduh Lestaluhu, Fabiano Beltrame, Samsul Arif, Ferdinan Sinaga, Irfan Bachdim, Alfth Fathier, Gavin Kwan Adsit, hingga pemain asing seperti Jaime Xavier.

Jadi, kita nantikan saja siapa diantara Robert Alberts atau Jacksen Tiago yang akan menjadi pelatih pertama di BRI Liga 1 2022/2023 yang akan mendapatkan surat PHK.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network