Bagaimana Hasilnya? Debut Pelatih Man United Setelah Era Ferguson

"Ada satu yang gagal saat menjalani debut."

Analisis | 10 August 2022, 22:55
Bagaimana Hasilnya? Debut Pelatih Man United Setelah Era Ferguson

Libero.id - Sejak pelatih Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun dari Manchester United pada akhir musim 2012/2013. Setan Merah telah gonta-ganti pelatih sebanyak delapan kali.

Kini, mantan pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, menjadi pelatih di Old Trafford. Pria berusia 52 tahun itu menjadi pelatih kedelapan Man United sejak kepergian pelatih legendaris Sir Alex Ferguson.

Namun, pelatih asal Belanda itu gagal meraih kemenangan di dalam pertandingan perdananya di Liga Premier musim ini. Man United kalah 1-2 di kandang sendiri saat menjamu Brighton & Hove Albion pada Minggu (7/8/2022).

Tetapi, perjalanannya di Old Trafford masih panjang, dan tentu saja para fans Setan Merah menunggu kejutan dari skuad kebanggaannya di bawah asuhan Ten Hag.

Namun, mari kita lihat bagaimana nasib kedelapan pelatih Man United dalam debutnya sejak kepergian Ferguson.

David Moyes

Moyes dipilih oleh Ferguson untuk menggantikannya sebagai pelatih di Old Trafford. Namun, pria berusia 59 tahun itu hanya bertahan 10 bulan dari kontrak 6 tahunnya. Klub raksasa Liga Premier itu turun drastis ke peringkat 7 dengan beberapa kekalahan memalukan.

Tapi, Moyes memulai kariernya di Man United dalam performa yang baik, mengalahkan pemenang Piala FA 2013, Wigan, 2-0 di Community Shield untuk mengamankan satu-satunya trofi untuk klub. Robin van Persie mencetak dua gol untuk membuat Man United mendominasi tim yang baru saja terdegradasi. Dalam pertandingan itu, Man United juga menampilkan Wilfried Zaha yang melakukan debutnya untuk klub.

Ryan Giggs

Setelah Moyes dipecat pada April 2014, Giggs ditunjuk sebagai pelatih sementara untuk menggantikannya dalam empat pertandingan terakhir musim itu. Pertandingan pertama pelatih asal Wales terjadi saat Man United melawan Norwich City, dan Giggs sukses membawa Man United menang 4-0 di Old Trafford.

Wayne Rooney dan Juan Mata masing-masing mencetak dua gol saat The Canaries mengalami kekalahan kelima berturut-turut sebelum terdegradasi musim itu.

Louis van Gaal

Meskipun musim panas menghabiskan banyak uang untuk orang-orang seperti Ander Herrera dan Luke Shaw, Van Gaal kehilangan pertandingan pertamanya yang bertanggung jawab atas Man United pada Agustus 2014.

Pelatih asal Belanda itu juga memberikan debut kepada pemain muda Man United, seperti Tyler Blackett dan Jesse Lingard di starting XI melawan Swansea City. Tetapi, Setan Merah harus menderita kekalahan kandang pertama mereka di hari pembukaan sejak 1972.

Gol dari Yeung Ki-seung dan Gylfi Sigurdsson membawa Swansea City meraih kemenangan di Old Trafford.

Jose Mourinho

Mourinho menggantikan Van Gaal pada musim panas 2016 setelah kemenangan Man United di final Piala FA. Pria asal Portugal itu langsung menjalani debutnya pada laga Community Shield melawan pemenang gelar mengejutkan Leicester City. Man United berhasil menang 2-1, dengan gol-gol dari Lingard dan debutan Zlatan Ibrahimovic membantu mengamankan satu dari tiga trofi yang dimenangkan Mourinho musim itu.

Mourinho menganggap kemenangan Community Shield itu sebagai awal yang baik, sebelum dia memenangkan Piala Liga dan Liga Europa.

Ole Gunnar Solksjaer

Solskjaer secara singkat melatih Cardiff City pada 2014 dan kembali ke Wales pada Desember 2018. Momen itu menjadi pertandingan pertamanya sebagai pelatih sementara Man United.

Pelatih asal Norwegia itu berusaha mengembalikan kepercayaan diri tim yang telah berjuang untuk mencetak gol di bawah Mourinho, dan pertandingan pertamanya melakukan hal itu. Man United menghancurkan Cardiff 5-1 saat tandang, sambil memainkan sepak bola menyerang yang mengalir bebas. Permainan Man United pada laga itu memberi secercah harapan setelah awal musim yang suram.

Marcus Rashford membuka skor pada menit ketiga, dan Man United unggul 3-1 di babak pertama sebelum dua gol Lingard di babak kedua melengkapi kemenangan.

Michael Carrick

Mantan gelandang Man United itu mengambil alih tugas sementara setelah pemecatan Solskjaer pada November 2021, dan pertandingan pertamanya yang bertanggung jawab adalah pertandingan penyisihan grup Liga Champions yang penting di Villarreal.

Meskipun tim Spanyol mendominasi penguasaan bola dan membuat lebih banyak tembakan, tim asuhan Carrick menang 2-0. Gol yang dicetak Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho mengamankan tempat Man United di babak sistem gugur.

Ralf Rangnick

Setelah Carrick memimpin tiga pertandingan, Rangnick diangkat sebagai pelatih sementara hingga akhir musim 2021/2022. Pelatih asal Jerman itu hanya menjalani satu sesi latihan dengan pemain barunya sebelum memimpin pertandingan Liga Inggris melawan Crystal Palace di Old Trafford.

Man United masih mampu menampilkan permainan brilian di babak pertama, menguasai penguasaan bola dengan intensitas dan energi yang impresif. Tapi, mereka tidak mampu mempertahankan tingkat kinerja di babak kedua hingga Man United membutuhkan serangan jarak jauh yang brilian dari Fred untuk mengamankan kemenangan tipis.

Erik ten Hag

Setelah memenangkan tiga gelar Eredivisie di Ajax, para fans Setan Merah berekspektasi tinggi ketika Ten Hag menjadi pelatih baru Man United pada musim panas 2022.

Dia menyaksikan kemenangan 4-0 atas Liverpool dalam pertandingan tidak resmi pertamanya untuk United, tetapi pertandingan pembuka Liga Premier melawan Brighton terbukti jauh lebih menantang. Ten Hag membuat keputusan mengejutkan untuk memasukkan Christian Eriksen sebagai false nine dan menjadi bumerang ketika dua gol Pascal Gross memberi Brighton keunggulan 2-0 di babak pertama.

Gol bunuh diri Alexis Mac, serta Allister membawa Man United kembali ke permainan. Sayang, mereka tidak mampu menyamakan kedudukan dan Ten Hag menjadi pelatih Man United pertama yang kalah dalam pertandingan pembuka mereka sejak rekan senegaranya, Van Gaal.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network