Profil Asisat Oshoala, Wanita Afrika Pertama di Nominasi Ballon d'Or

"Berikut nasibnya saat bermain bersama dua klub raksasa Inggris."

Biografi | 15 August 2022, 18:41
Profil Asisat Oshoala, Wanita Afrika Pertama di Nominasi Ballon d'Or

Libero.id - Asisat Oshoala, pemain Wanita yang telah bermain untuk Barcelona sejak 2019, menjadi bagian dari daftar 20 nama calon peraih Ballon d'Or tahun ini.

Oshoala mengakhiri musim lalu sebagai pencetak gol terbanyak di Primera Iberdrola dengan mencetak 20 gol hanya dalam 19 pertandingan, meski sempat cedera selama dua bulan.

Sang penyerang memainkan peran penting dalam musim domestik bersejarah tak terkalahkan Barca, di mana klub memenangkan semua dari 30 pertandingan liga mereka dan menyelesaikan musim dengan jarak 24 poin di depan Real Sociedad di urutan kedua.

Melalui Twitter, Oshoala merayakan pencalonannya dan memberikan penghormatan kepada negaranya. “NAIJA,” tulisnya, di samping emoji bendera Nigeria dan icon bola.

Sementara itu, di kategori Ballon d'Or putra, tiga pemain Afrika masuk daftar pendek seperti Mohamed Salah, Sebastien Haller, dan Sadio Mane.

Ashoala secara luas dianggap sebagai salah satu pesepakbola wanita Afrika terbaik sepanjang masa. Pemain berusia 27 tahun itu menjadi Pemain Terbaik Wanita Afrika lima kali dan diangkat menjadi Anggota Ordo Niger oleh mantan Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan.

Setelah memulai karirnya di klub Nigeria, FC Robo, Ashoala pindah ke Liverpool pada 2015, di mana pelatih Matt Beard menyebutnya sebagai salah satu pemain muda terbaik di dunia.

Kemudian pada tahun berikutnya dia pindah ke Arsenal, tetapi bintang Nigeria itu berjuang untuk mendapatkan waktu bermain bersama The Gunners dan bertahan hanya satu musim.

Setelah membintangi klub China, Dalian Quanjian, selama dua tahun, Barcelona mengamankan jasa sang striker pada 2019.

Hanya dalam tiga setengah musim, Oshoala telah mencetak 65 gol liga dan baru-baru ini menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun, yang akan membuatnya berada di Catalunya hingga Juni 2024.

Oshoala bukan satu-satunya bintang Barca yang dinominasikan untuk penghargaan wanita. Secara total, juara Spanyol itu memiliki lima pemain yang dinominasikan, termasuk Lucy Bronze, Fridolina Rolfo, Alexia Putellas, Aitana Bonmati, dan Oshoala.

Putellas memenangkan penghargaan tahun lalu dan menjadi favorit panas untuk mengamankan Ballon d'Or berturut-turut sebelum dia mengalami cedera ACL-nya dalam persiapan menuju Euro 2022.

Di tempat lain, pemain baru Robert Lewandowski telah dinominasikan dalam kategori pria setelah mencetak 50 gol untuk Bayern Muenchen musim lalu.

Jika dilihat dalam buku sejarah, inilah daftar pemain Barca yang pernah mendapatkan trofi Ballon d'Or sebelumnya, Luis Suarez (1966), Johan Cruyff (1973 dan 1974), Hristo Stoichkov (1994), Rivaldo (1999), Ronaldinho (2005) dan Lionel Messi (1994, 2009, 2010, 2011, 2012, 2015 dan 2019) adalah pemenang Ballon d'Or Blaugrana sebelumnya.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Biografi

Artikel Pilihan




Daun Media Network