Kenalkan Jamie Bynoe-Gittens, Anak Muda Dortmund The Next Sancho

"Sebenarnya sih lebih cocok seperti winger Paris Saint-Germain."

Biografi | 15 August 2022, 21:21
Kenalkan Jamie Bynoe-Gittens, Anak Muda Dortmund The Next Sancho

Libero.id - Borussia Dortmund sekali lagi mengukuhkan reputasi mereka sebagai tujuan utama para pesepakbola muda terbaik dunia dengan Jamie Bynoe-Gittens, talenta remaja terbaru yang memulai debutnya bersama Die Borussen.

Dengan kata lain, Dortmund tak pernah kehabisan pemain-pemain muda penuh bakat. Usai Jadon Sancho dan Jude Bellingham, kini ada nama Jamie Bynoe-Gittens di Signal Iduna Park.

Ketiganya merupakan pemain asal Inggris. Khusus Jamie Bynoe-Gittens, siapakah sebenarnya anak muda yang disebut-sebut sebagai The Next Jadon Sancho ini?

Statistik utama Jamie Bynoe-Gittens

Lahir pada 8 Agustus 2004, Bynoe-Gittens dibesarkan di Kota Reading, sekitar 45 mil sebelah barat London. Dia mendaftar dengan akademi pemuda lokal di tingkat U-9. Setelah menolak undangan untuk pindah ke Chelsea, dia akhirnya pindah ke utara bersama akademi Manchester City untuk bergabung dengan U-15.

Penyerang berkaki kanan itu sangat mengesankan, sehingga dia secara teratur diturunkan dalam kategori usia yang lebih tua. Dia melakukan debutnya untuk tim nasional Inggris U-16 pada Agustus 2019 kurang dari tiga minggu setelah menginjak usia 15 tahun.

Dia membuat kesan yang cukup baik di starting line-up Inggris level junior, termasuk mencetak gol pembuka dalam hasil imbang 3-3 melawan Republik Irlandia.

Hanya sebulan setelah itu, Bynoe-Gittens bermain untuk pertama kalinya di Liga Premier U-18 untuk Manchester City, keluar dari bangku cadangan di babak pertama untuk mencetak gol terakhir dalam kemenangan 5-2 atas Liverpool.

Dia lalu pindah ke Jerman pada September 2020, dan membantu Dortmund U-19 mencapai perempat final Liga Pemuda UEFA pada 2021/2022 dengan enam gol dalam lima pertandingan.

Kemudian tiba saatnya untuk mencicipi kompetisi di level senior. Dia mendapatkan debut seniornya saat melawan Wolfsburg pada 16 April 2022. Remaja itu masuk pada menit ke-88 saat klubnya meraih kemenangan kandang 6-1.

Sejak saat itu, secara total Bynoe-Gittens membuat empat penampilan Bundesliga di musim 2021/2022 , termasuk menjadi starter melawan Bochum.

Dia kemudian membantu Inggris memenangkan Kejuaraan Eropa U-19, mencatat empat kali dalam kompetisi dan memulai kemenangan atas Israel di final pada 1 Juli 2022.

Dimainkan sedikit seperti Neymar

Ada kesamaan yang jelas dengan Sancho dalam hal jalur karier mereka sampai saat ini: London ke Manchester ke Dortmund. Namun, pemain tim nasional Inggris itu sebetulnya cenderung lebih banyak beroperasi di sayap kanan, sedangkan Bynoe-Gittens lebih terbiasa meneror para bek di sayap kiri.

Tetapi, dalam hal kemampuan menggiring bola, kontrol yang ketat, banyak trik, dan kemauan untuk menghadapi pemain belakang sebagai bagian dari upaya menuju gawang, bintang Paris Saint-Germain, Neymar, bisa dibilang adalah contoh terbaik saat ini dari pemain kaki kanan di sayap kiri.

Pemain muda Dortmund itu jelas belum berada di level yang sama, tapi dia mengejar dengan cepat ke level itu.

Tahukah kamu?

Di luar sepak bola, Bynoe-Gittens juga merupakan penggemar berat kriket, setelah mewarisi kecintaan pada permainan dari ayahnya.

Apa yang mereka katakan?

Setelah Sancho, Bellingham, dan Gio Reyna yang lahir di Sunderland, dia adalah pemain keempat kelahiran Inggris di Dortmund dalam beberapa tahun terakhir.

Lantas, bagaimana pandangan orang-orang tentang bakat Bynoe-Gittens 

"Dia pemain ofensif yang sangat berbakat, tetapi dia harus berkembang dengan sabar bersama kami di divisi junior. Kami tidak ingin ekspektasi terlalu tinggi sejak awal," ucap Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc.

"Bakatnya tidak perlu diragukan lagi. Dia memiliki semua yang dibutuhkan untuk mengambil langkah besar bersama kami di sini," ucap rekan setim Dortmund, Julian Brandt, setelah Bynoe-Gittens melakukan debut pertamanya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Biografi

Artikel Pilihan




Daun Media Network