7 Pemain Terbaik Swiss di Liga Premier

"Berikut deretan pemain yang pernah membela Arsenal."

Analisis | 19 August 2022, 16:29
7 Pemain Terbaik Swiss di Liga Premier

Libero.id - Inggris menjadi tempat yang paling banyak diinginkan oleh para calon persepakbola dan para pesepakbola profesional. Mereka ingin bermain dan merasakan atmosfer sepak bola di sana.

Dari semua benua, dari negara-negara besar sampai yang jarang didengar, Inggris adalah rumah penuh warna, tempat para pesepakbola tumbuh dan hidup.

Tak terkecuali untuk para pemain yang berasal dari Swiss. Meksipun tak terbilang banyak, pemain-pemain dari negara ini punya kiprah yang terbilang bagus.

Faktanya, selama bertahun-tahun, tidak kurang dari 32 pesepak bola Swiss tampil di Liga Premier, menempatkan negara itu di urutan ke-20 dalam daftar negara asing yang memasok pemain ke papan atas Inggris.

Berkaitan dengan hal itu, kami telah mengumpulkan tujuh pemain Swiss yang masuk dalam kategori terbaik yang pernah bermain di Liga Premier.

1. Granit Xhaka

Gelandang ini disebut-sebut sebagai pemain Swiss terbaik yang pernah ada di Liga Premier.

Xhaka bergabung dengan Arsenal dari Borussia Monchengladbach pada 2016. Sejak itu, dirinya telah membuat lebih dari 175 penampilan liga untuk The Gunners, dengan mencetak sembilan gol.

Sejauh ini Xhaka telah membantu Arsenal memenangkan Piala FA dua kali, di samping dua trofi Community Shield.
Dia juga bagian dari tim The Gunners yang mencapai final Piala Liga pada 2018 dan Liga Europa pada 2019.

2. Xherdan Shaqiri

Pesaing Xhaka adalah Shaqiri, yang memiliki karier yang penuh dengan trofi selama memperkuat Bayern Muenchen dan Inter Milan, di samping enam tahun dia habiskan di Inggris. Waktu itu dibagi menjadi dua periode tiga tahun, pertama dengan Stoke City dan kemudian dengan Liverpool.

Shaqiri membuat 129 penampilan liga selama enam tahun, 84 di antaranya untuk Stoke dan 45 untuk Liverpool, mencetak 22 gol. Bersama The Reds, dia menjadi pemain Swiss kedua yang memenangkan gelar Liga Premier.

Dia juga dinobatkan sebagai pemenang Liga Champions, Piala Super, dan Piala Dunia Klub pada 2019, sebelum pindah ke klub Ligue 1, Lyon, pada musim panas 2021.

3. Philippe Senderos

Dengan cara yang sama seperti Xhaka, Senderos tiba di Liga Premier bersama Arsenal. Dia pindah dari Servette ke London utara pada 2003.

The Gunners kemudian memenangkan liga musim itu dalam musim tanpa kekalahan alias 'Invincibles', tetapi sayangnya musim itu dia lebih banyak cedera.

Sebaliknya, dia melakukan debutnya pada Oktober 2004. Dia menjadi cadangan Sol Campbell dan selama enam tahun berikutnya dia akan membuat 64 penampilan liga untuk Arsenal.

Saat dia tersingkir dari tim Gunners sekitar 2008, dia bergabung dengan AC Milan dengan status pinjaman, sebelum kembali ke Liga Premier meksipun hanya sementara di Everton dengan hanya bermain dua pertandingan.

Dia meninggalkan Arsenal secara permanen pada 2010. Dia pindah melintasi ibu kota ke Fulham, di mana dia bertahan selama empat musim. Tim Liga Premier terakhirnya adalah Aston Villa, yang bergabung dengannya pada musim panas 2014 setelah enam bulan bersama Valencia di La Liga.

Secara keseluruhan, Senderos membuat 131 penampilan papan atas di Liga Premier.

4. Stephane Henchoz

Henchoz adalah bek tengah Swiss lainnya yang memiliki karier yang solid di Inggris. Dia bermain untuk Blackburn selama dua periode, dan Wigan meskipun dengan Liverpool dia paling diingat.

Dia pertama kali pindah ke Inggris pada 1997 dari Hamburg. Dia dengan berani menolak Manchester United untuk bergabung dengan Blackburn.

Setelah dua musim dan 70 penampilan liga di Ewood Park, Henchoz pindah ke Anfield, di mana dia bertahan selama enam tahun. Henchoz membentuk kemitraan pertahanan sentral yang efektif dengan Sami Hyypia.

Saat bersama Liverpool, dia memenangkan tidak kurang dari enam trofi, termasuk Piala FA, Piala UEFA, dan Piala Liga pada 2001.

Setelah kepergiannya dari The Reds, dia sempat bermain sebentar di utara perbatasan dengan Celtic sebelum menjalani hari-hari bermainnya bersama Wigan dan periode kedua bersama Blackburn.

Secara keseluruhan, dia membuat 243 penampilan Liga Premier selama 11 musim yang dihabiskannya di Liga Inggris.

5. Johan Djourou

Arsenal tampaknya telah membuat kebiasaan untuk merekrut pemain Swiss, nama Djourou menjadi pemain ketiga dalam daftar ini untuk The Gunners.

Arsene Wenger mengontraknya setahun setelah Senderos dan dia tetap bersama tim selama sembilan tahun. Dia membuktikan pilihan yang dapat diandalkan sepanjang waktunya di London utara.

Dia melakukan debut liga pada 2005 dan kemudian mewakili Arsenal dalam 86 pertandingan Liga Premier, dengan musim yang paling produktif datang pada 2010/2011.

Salah satunya saat dirinya mencetak satu-satunya gol dalam karier bersama The Gunners melawan Newcastle, dan menjadi bagian dari lini belakang yang pergi sebulan tanpa kebobolan.

Djourou juga menghabiskan waktu dengan status pinjaman di Birmingham City di Championship saat dia masuk dan keluar dari starting line-up Arsenal pada 2007/2008.

Hampir satu dekade bersama The Gunners berakhir pada 2013, ketika dia menandatangani kontrak dengan klub Jerman Hamburg, awalnya dengan status pinjaman, sebelum kesepakatan menjadi permanen setahun kemudian.

6. Gokhan Inler

Dimasukkannya gelandang bertahan Inler ke dalam daftar ini mungkin tampak sedikit aneh, mengingat dia hanya tampil lima kali dalam satu musim di papan atas Inggris; yaitu Leicester City pada 2015/2016.

Namun, seperti yang akan Anda perhatikan, ada sesuatu yang agak istimewa dari musimnya yang singkat di Leicester itu.
Ya, itulah tahun ketika Claudio Ranieri memimpin tim East Midlands meraih gelar Liga Premier dalam salah satu kisah olahraga paling ajaib yang pernah ada.

Inler mungkin hanya bermain total 195 menit, tetapi ia berhasil melewati jumlah minimum penampilan yang diperlukan untuk mengklaim medali pemenang, sehingga secara resmi mencatatnya sebagai satu dari hanya dua pemain Swiss yang pernah memenangkan trofi Liga Premier, selain Shaqiri.

7. Reto Ziegler

Penggemar berat Tottenham Hotspur mungkin ingat Ziegler, yang bermain untuk White Hart Lane antara 2004 dan 2007, tetapi pendukung biasa mungkin lebih kesulitan mengingatnya.

Musim pertama yang mengesankan yang dia nikmati bersama Spurs terbilang indah mengingat saat itu dia masih berusia 18 tahun.

Dia menikmati musim debut 2004/2005. Dia membuat 23 penampilan liga untuk Tottenham dan dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Tahun Ini, sebelum dipinjamkan ke Hamburg dan kemudian ke Wigan pada musim berikutnya.

Dia membuat total 34 penampilan Liga Premier antara 2004 dan 2007, tetapi tidak pernah mencapai performa yang sama seperti musim pertamanya yang berkilau, dan Tottenham sangat bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network