Apa Selanjutnya? 4 Momen Saat Carlo Ancelotti Juara Liga

"Periode buruk setelah juara."

Analisis | 22 August 2022, 15:16
Apa Selanjutnya? 4 Momen Saat Carlo Ancelotti Juara Liga

Libero.id - Carlo Ancelotti baru saja membawa Real Madrid meraih ke trofi Eropa ke-10 atau La Decima pada 2014. Tapi, dia tidak bisa memberikan gelar La Liga selama dua tahun pertama bertugas di Los Blancos.

Saat dia kembali untuk tugas keduanya, dia melakukan hal itu. Musim lalu, pelatih berpaspor Italia ini memimpin klub meraih gelar ganda Liga Champions dan La Liga untuk kedua kalinya dalam 50 tahun terakhir.

Pada musim 2022/2023, Madrid ingin mempertahankan gelar Spanyol untuk pertama kalinya sejak 2008. Ancelotti juga ingin mengamankan gelar back-to-back untuk pertama kalinya dalam kariernya. Inilah yang terjadi selanjutnya setelah empat gelar liga terakhir yang dia bawa.

#1 AC Milan (2004)

Milan besutan Ancelotti bisa dibilang menjadi tim terbaik di Eropa pada pertengahan tahun 1990-an, sebuah klaim yang digarisbawahi oleh pencapaian tampil di tiga final Liga Champions dalam lima tahun dan memenangkan dua di antaranya.

Tapi, mereka tidak pernah cukup mendominasi Italia seperti yang mungkin mereka tunjukan di level Eropa, di mana hanya satu Scudetto yang bisa mereka dapatkan selama delapan tahun masa jabatan Don Carlo.

Gelar itu didapat pada musim 2003/2004 ketika mereka menjadi juara bertahan Eropa setelah mengalahkan juara Italia, Juventus, melalui adu penalti di final Liga Champions tahun sebelumnya.

Mereka memenangkan gelar dengan relatif nyaman, menyelesaikan 11 poin dari runner-up Roma asuhan Fabio Capello. Ikon Rossoneri, Andriy Shevchenko, juga memenangkan penghargaan Capocaponierre untuk pencetak gol terbanyak dengan 24 gol liga tahun itu.

Milan bisa dibilang berada di puncak kejayaan mereka musim itu, tetapi mereka mendapat kejutan ketika tersingkir di perempat final Liga Champions setelah kekalahan 4-0 yang tidak dapat dijelaskan melawan Deportivo La Coruna.

Tahun berikutnya Milan finis kedua, tujuh poin di belakang Juventus yang kemudian gelarnya dianulir menyusul skandal Calciopoli. Mereka juga mengalami patah hati di final Liga Champions di Istanbul saat kalah dari Liverpool.

#2 Chelsea (2010)

Sulit untuk membuat argumen serius melawan Jose Mourinho saat melatih Chelsea dari 2004 hingga 2006. The Blues menjadi tim terbaik yang pernah ada. Hal ini berkat rekor pertahanan dan dominasi mereka yang konyol. Ini juga menjadi satu-satunya waktu di era Liga Premier saat mereka berhasil mempertahankan gelar.

Tapi, Anda pasti bisa berargumen bahwa Chelsea asuhan Ancelotti menjadi tim yang paling menyenangkan. Pada musim 2009/2010, pelatih Italia itu memimpin mereka meraih trofi ganda yang bersejarah.

Mereka berhasil mengagalkan Manchester United memenangkan gelar liga keempat berturut-turut dengan hanya unggul satu poin. Mereka mencetak 103 gol liga yang menjadi rekor pada saat itu, dan menyegelnya dengan penuh gaya dengan kemenangan 8-0 di kandang sendiri atas Wigan pada hari terakhir.

Musim kedua dan terakhir Ancelotti di Stamford Bridge tidak begitu sukses. Man United merebut kembali takhta, menyelesaikan sembilan poin saat The Blues mengakhiri musim tanpa trofi.

“Saya dipecat di sini oleh Chelsea di koridor bawah sana,” jelas Ancelotti dalam konferensi pers pertamanya sebagai manajer Everton bertahun-tahun kemudian.

"Saya pikir Anda harus meletakkan plakat kecil di sana sekarang. Ini Carlo yang dipecat."

#3 PSG (2013)

Enam bulan setelah meninggalkan Stamford Bridge, Ancelotti tiba di ibu kota Prancis pada pertengahan musim 2011/2012. Dia menjadi manajer superstar pertama di era Investasi Qatar. Ada argumen kuat bahwa mereka tidak pernah melakukan yang lebih baik.

Thiago Motta, Alex, Maxwell, Blaise Matuidi, Jeremy Menez dan Javier Pastore termasuk di antara nama-nama terkenal yang didatangkan oleh klub yang baru dibentuk musim itu, tetapi penambahan Ancelotti tidak dapat menghalangi keajaiban Montpellier. Olivier Giroud menjadi aktor penting saat Montpellier meraih gelar Ligue 1 pertama dan satu-satunya bagi mereka.

Zlatan Ibrahimovic, Lucas Moura, Marco Verratti, Ezequiel Lavezzi, Thiago Silva dan David Beckham tiba di musim 2012/2013. Itu menjadi satu-satunya musim penuh Ancelotti yang bertanggung jawab. Tidak mengherankan mereka memenangkan liga, menyelesaikan 12 poin di depan runner-up Marseille, sementara Ibrahimovic menandai musim debutnya di Prancis dengan 30 gol liga.

Madrid memburu Ancelotti musim panas itu setelah kepergian Jose Mourinho. Musim 2012/2013 menandai era baru dominasi domestik bagi Les Parisiens dengan raihan gelar pertama mereka dari empat gelar Ligue 1 berturut-turut dan delapan gelar dalam 10 tahun.


#4 Bayern Muenchen (2017)

The Bavarians melakukan apa yang selalu mereka lakukan sepanjang tahun 2010-an, selama satu-satunya musim penuh Ancelotti yang bertanggung jawab dengan mengamankan gelar Bundesliga. Trofi itu menjadi yang kelima dari sepuluh trofi yang mereka dapatkan secara berturut-turut.

Pada musim 2016/2017, Bayern finis 15 poin di atas runner-up RB Leipzig. Mereka menghabiskan semua kecuali tiga minggu di puncak klasemen. Robert Lewandowski mencetak 30 gol liga, Bayern secara kolektif mencetak 89 dalam 34 pertandingan, mereka tidak terkalahkan di kandang dan hanya kalah dua kali.

Sikap Ancelotti yang lebih santai tampaknya menjadi pembersih langit-langit yang sempurna untuk skuad Bayern setelah manajemen pemain yang kurang baik dari pendahulunya Pep Guardiola.

Tapi, tampaknya para pemain menginginkan pelatih yang lebih aktif, dan Ancelotti dipecat beberapa bulan di musim keduanya menyusul kekalahan penyisihan grup Liga Champions 3-0 dari PSG.

“Pemain ingin ditingkatkan. Setiap pemain meningkat di bawah Guardiola. Dan, setiap pemain tidak meningkatkan Ancelotti, hanya seorang manajer yang tidak berbuat banyak. Itu tidak cukup untuk Bayern,” kata jurnalis Jerman Raphael Honigstein kepada BBC Radio 5Live.

Presiden Bayern, Uli Hoeness, mengatakan, “Sebagai pelatih, Anda tidak dapat menjadikan pemain Anda yang paling menonjol sebagai musuh. Dalam hidup saya, saya telah belajar pepatah, 'Musuh di tempat tidur Anda sendiri adalah yang paling berbahaya.' Itu sebabnya kami harus bertindak.”

“Faktanya (adalah) bahwa, dalam pandangan saya, dalam beberapa hari terakhir pelatih mengubah lima pemain penting,” jelas Hoeness mengacu kepada Arjen Robben, Franck Ribery, Jerome Boateng, Mats Hummels, dan Thomas Mueller yang lebih sering dicadangkan.

Pelatih peraih treble legendaris Jupp Heynckes kembali dan Bayern memenangkan gelar, menyelesaikan 21 poin di depan Schalke yang berada di posisi kedua.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network