Analisis Mengapa Nicolas Pepe Gagal di Arsenal

"Sudah malas gerak atau tak sesuai strategi?"

Analisis | 25 August 2022, 21:18
Analisis Mengapa Nicolas Pepe Gagal di Arsenal

Libero.id - Nicolas Pepe sepertinya sedang menghadapi kemungkinan meninggalkan Arsenal. Penandatanganan rekor klub, yang menelan biaya 72 juta pounds / Rp 1,2 triliun) ketika mereka membelinya dari Lille tiga tahun lalu, hampir kembali ke Prancis setelah Arsenal menyetujui kesepakatan pinjaman dengan Nice pada pemain sayap itu.

Pembicaraan telah berlangsung antara kedua klub mengenai kesepakatan yang tepat, di mana Pepe dikeluarkan dari skuad Mikel Arteta dalam kemenangan 3-0 melawan Bournemouth di Liga Premier karena negosiasi sedang berlangsung.

Kesepakatan untuk pinjaman selama satu musim, tidak termasuk opsi untuk membeli, kini telah dicapai untuk pemain berusia 27 tahun itu.

Jadi, mengapa Arsenal membiarkan seorang pemain pergi yang tiga tahun lalu mereka pecahkan rekor transfernya? Di bawah ini, kami melihat beberapa analisis mengapa karier Pepe di Arsenal kian meredup.

#1 Perubahan hierarki

Ini adalah hal besar bagi Pepe. Hampir setelah dia tiba, semua petinggi klub yang membawanya ke Emirates telah pergi.
Raul Sanllehi, yang telah menjadi kepala pemandu bakat pada saat kedatangan Pepe, memainkan peran besar dalam membawa pemain sayap asal Pantai Gading itu ke klub.

Manajer Unai Emery sebenarnya ingin mengontrak Wilfried Zaha dari Crystal Palace, tetapi tawaran mereka ditolak dan Pepe didatangkan sebagai gantinya.

Sanllehi adalah orang yang melakukan kesepakatan dan Huss Fahmy, yang pernah menjadi kepala negosiator kontrak Arsenal, adalah orang yang berbicara dengan Pepe dan menyelesaikan semua detail kesepakatannya. Jadi, keduanya sangat berkontribusi dalam transfer Pepe.

Tapi, keduanya pindah selama periode perubahan besar di klub. Edu tiba sebagai direktur teknis dengan idenya sendiri tentang bagaimana segala sesuatunya harus dijalankan dan kemudian Arteta menggantikan Emery.

Hal itu membawa filosofi baru dalam hal bagaimana dia ingin bermain. Dan, segera menjadi jelas bahwa Pepe tidak benar-benar sesuai dengan tagihan pejabat baru klub saat ini.

#2 Masalah konsistensi

Tidak adil untuk mengatakan bahwa Pepe benar-benar gagal di Arsenal. Ada momen-momen bagus, termasuk penampilannya menjelang akhir musim pertama Mikel Arteta sebagai pelatih ketika dia memainkan peran kunci dalam kesuksesan Arsenal di Piala FA. Bahkan, dia menyumbang gol kemenangan di final.

Pada musim 2020/2021, Pepe mencetak 16 gol di semua kompetisi, termasuk delapan gol dalam 11 pertandingan terakhirnya.

Tapi, masalah utama pemain sayap itu adalah kurangnya konsistensi. Ada kesenjangan kualitas yang nyata, tetapi jumlahnya sedikit dan jarang. Untuk seorang pemain yang berharga 72 juta pounds, itu tidak cukup baik.

Penampilan terbaiknya juga tampaknya hanya ditunjukan di kompetisi non-liga, jarang dia tunjukan di Liga Premier. Ketika Anda memiliki manajer yang menuntut seperti Arteta, itu akan selalu menjadi masalah.

#3 Kurangnya kontribusi defensif

Masalah lain yang diderita Pepe adalah ketidakmampuannya bertahan dengan baik. Arteta bukan tipe manajer yang akan membiarkan penyerangnya bertahan di posisi mereka saat tidak menguasai bola.

Dia selalu ingin para pemainnya lebih banyak bergerak, menekan, dan membantu pertahanan. Tapi, bertahan jauh dari kekuatan Pepe dan Anda bisa merasakan frustrasi Arteta dengan pemain sayap itu setiap kali dia mengawasinya dari pinggir lapangan.

Manajer Arsenal asal Spanyol itu seperti harus melatih Pepe setiap saat, harus terus-menerus mengatakan kepadanya di mana dia harus berada setiap saat.

Ada satu momen menjelang akhir musim lalu yang menyimpulkan rasa frustrasi Arteta terhadap Pepe. Saat Arsenal memimpin 1-0 melawan Aston Villa, Pepe terlihat malas untuk memberikan tendangan bebas di area berbahaya. Arteta jelas marah pada pengambilan keputusannya, dan ini bukan untuk pertama kalinya.

#4 Kemunculan Saka yang cepat

Ini telah menjadi faktor besar lain dalam Pepe yang tidak dapat benar-benar masuk ke dalam skuad utama Arsenal. Meskipun ada banyak kegembiraan tentang Bukayo Saka saat dia melewati kelompok usia di Arsenal, hanya sedikit yang berharap dia memberi dampak pada tim utama begitu cepat.

Namun, sejak dia melakukan debut pertamanya, pemain sayap muda itu membuat dirinya hampir selalu hadir di starting XI. Saka mengambil salah satu posisi melebar di starting XI.

Mulai saat ini, tidak ada jalan kembali yang nyata bagi Pepe. Dia akan selalu menjadi pilihan cadangan karena kualitas Saka yang jelas unggul di semua aspek permainan.

#5 Tidak sesuai dengan taktik

Ketika Pepe direkrut dari Lille, dia datang dengan reputasi sebagai pemain serangan balik yang menakutkan.

Musim terakhirnya di Prancis, dia mencetak 22 gol. Dia mencetak banyak golnya saat dirinya mampu berlari menggunakan kecepatannya.

Tapi, dia jarang bisa melakukan itu di Arsenal. Terlihat bahwa penampilan terbaiknya selama berada di London utara pada saat Arsenal memainkan gaya serangan balik setelah penunjukan Arteta.

Pepe memainkan peran utama di pengujung musim 2019/2020, yang memuncak dengan kesuksesan Piala FA, saat Arteta berusaha mendapatkan yang terbaik dari apa yang tersisa.

Namun, sejak pelatih asal Spanyol itu mulai mendatangkan pemainnya sendiri dan membuat tim bermain dengan gaya yang diinginkannya, peluang Pepe semakin terbatas.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network