Nasib Malang Viktoria Plzen, Susah Payah Lolos Justru Masuk Grup Neraka

"Ini seperti kurcaci di tengah tiga raksasa. Benar-benar kurang beruntung.."

Analisis | 26 August 2022, 03:00
Nasib Malang Viktoria Plzen, Susah Payah Lolos Justru Masuk Grup Neraka

Libero.id - Tidak ada tim Liga Champions 2022/2023 yang memiliki nasib semalang Viktoria Plzen. Klub dari Republik Ceko itu bermimpi tampil di ajang elite Eropa. Saat mimpi terwujud, mereka justru bergabung dengan Bayern Muenchen, Barcelona, dan Inter Milan.

Drawing fase grup Liga Champions 2022/2023 digelar di Istanbul, Turki, Jumat (26/8/2022) dini hari WIB.

Hasilnya, Grup A (Ajax, Liverpool, Napoli, Glasgow Rangers), Grup B (FC Porto, Atletico Madrid, Bayer Leverkusen, Club Brugge), Grup C (Bayern Muenchen, Barcelona, Inter Milan, Viktoria Plzen), Grup D (Eintracht Frankfurt, Tottenham Hotspur, Sporting Lisbon, Olympique Marseille).

Ada lagi Grup E (AC Milan, Chelsea, Red Bull Salzburg, Dinamo Zagreb), Grup F (Real Madrid, RB Leipzig, Shakhtar Donetsk, Glasgow Celtic), Grup G (Manchester City, Sevilla, Borussia Dortmund, FC Copenhagen), dan Grup H (PSG, Juventus, Benfica, Maccabi Haifa).

Dengan konfigurasi seperti itu, Viktoria Plzen bisa disebut sebagai klub paling tidak beruntung musim ini. Di atas kertas, mereka akan menjadi juru kunci Grup C.

Jika melihat perjalanan Viktoria Plzen untuk mencapai babak utama, hasil undian di Istanbul seperti petir yang menyambar di siang bolong. Bayangkan, mereka menempuh perjalanan panjang sejak fase play-off yang keras, berliku, dan menguras agenda pramusim.

Viktoria Plzen adalah satu dari enam tim yang lolos ke putaran final melalui jalur play-off. Fase ini dimulai dari Kualifikasi I. Lalu, mengerucut hingga Kualifikasi II dan Kualifikasi III. Akhirnya, tersisa 12 tim yang berebut enam tiket fase grup melalui pertandingan play-off home and away.

Utusan Republik Ceko ini memulai dari Putaran II dengan mengalahkan HJK Helsinki dengan agregat 7-1. Lalu, di Putaran III, Viktoria Plzen bersusah payah menundukkan Sheriff Tiraspol (4-2 agregat).

Puncak kerja keras Viktoria Plzen terjadi padav play-off menghadapi klub elite Azerbaijan, FK Qarabag. Mereka hampir tersingkir. Tapi, kemudian bangkit dan comeback untuk lolos ke fase utama Liga Champions. Sayangnya Bayern Muenchen, Barcelona, da Inter Milan menanti.

Artinya, peluang Viktoria Plzen untuk lolos sangat berat. Bahkan, untuk sekedar lompat ke Liga Europa. Sial! 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network