Jelaskan Pengertian Teknik Bounce Pass dalam Permainan Bola Basket

"Jika anda ingin menjadi pemain basket handal, simak teknik yang satu ini."

Analisis | 26 August 2022, 15:12
Jelaskan Pengertian Teknik Bounce Pass dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Olahraga bola basket adalah salah satu cabang permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim berlawanan. Setiap terdiri dari lima orang pemain. Biasanya, olahraga ini dilaksanakan di dalam ruangan (indoor), meski tidak jarang ada di luar ruangan (outdoor).

Dalam permainan bola basket, ada berbagai teknik dasar yang digunakan. Salah satunya adalah passing. Teknik ini adalah teknik yang digunakan untuk mengumpan bola kepada rekan satu tim. Passing dapat dilakukan dengan menggunakan satu atau dua tangan. Bisa mendorong bola, memantulkan bola, atau melempar bola.

Dalam permainan bola basket, bola dapat mengalami perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain. Tujuannya, memasukkan bola ke keranjang tim lawan untuk mencetak poin. Dan, salah satu variasi teknik passing dalam permainan bola basket adalah bounce pass.

Pengertian Teknik Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik memberikan umpan dengan cara memantulkan bola ke lantai menggunakan kedua tangan.  Cara passing seperti ini bisa dilakukan dengan berbagai variasi.

1. Teknik passing ini diawali dengan sikap permulaan sama dengan operan setinggi dada.

2. Peganglah bola hingga setinggi dada dengan menggunakan dua tangan.

3. Arahkan bola tiga perempat jarak dengan teman yang hendak diumpan, maka bola akan memantul dari lantai dengan posisi yang menguntungkan untuk diterima, kira-kira setinggi pinggang.

3. Doronglah bola dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan dengan jarak sekitar 1/3 dari penerima.

4. Arahkan pandangan mata ke arah bola yang dipantulkan lalu ke penerima.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network