Wawancara Oliver Bierhoff: Havertz Untuk Real Madrid

"Bierhoff juga mengungkap siapa dua pemain kunci Jerman di matanya. Dia juga mengungkap pilih Neuer atau Andre ter Stegen."

Feature | 11 July 2020, 05:42
Wawancara Oliver Bierhoff: Havertz Untuk Real Madrid

Libero.id - Mantan penyerang AC Milan dan Monchengladbach, Oliver Bierhoff yang kini menjadi direktur olahraga untuk tim Panzer Jerman adalah pemain yang tidak bisa dilupakan karena jasanya ketika membawa Jerman menjuarai Piala Eropa tahun 1996.

Menjadi sosok yang diidolakan anak muda Jerman, Bierhoff nyatanya juga tertarik dengan beberapa pemain Jerman di antaranya adalah Toni Kroos yang melejit bersama Die Bayern dan Real Madrid, lebih khusus lagi untuk bintang masa depan Die Mannschaft, Kai Havertz.

Dalam wawancara eksklusifnya dengan surat kabar Spanyol, Marca, pria berusia 52 tahun itu menjelaskan kegiatannya selama pandemi hingga bicara soal pemain Jerman lainnya,

Apa yang Anda lakukan selama istirahat COVID-19?

Ya, saya harus berhenti, merenung dan melihat-lihat, dan bekerja banyak. Kami berdedikasi untuk membantu anak-anak dan pelatih kami. Kami sedang mengembangkan sebuah badan bernama ’pusat performa’ untuk kinerja kami agar lebih tinggi.

Apa maksud Anda?

Ada bukti dalam kompetisi internasional bahwa itu hasil didapat dengan penuh kerja keras. Prancis menang dari tahun 1998 hingga 2000 lalu jatuh. Hal yang sama terjadi pada kami setelah Piala Dunia 2014, Spanyol juga. Ada siklus, tetapi saya ingin sepak bola Jerman tetap di berada di kualitas terbaiknya.

Tapi ini adalah sepak bola, bukankah itu tidak bisa dihindari?

Ya, itu benar. Tapi lihat, kami memenangkan Piala Dunia di Brasil dan kami pikir kami yang terbaik, tidak ada yang menentang ini, tapi kami berhenti berevolusi dan berkembang. Kami berdiri diam dan kami selalu harus berevolusi dan meningkat. Ketika Anda menang lebih dari itu. Itu sebabnya saya pikir ‘pusat performa’ ini akan menjadi penting.

Tapi apa saja kinerja tersebut?

Saya dapat memberitahu Anda bahwa itu hampir merupakan proyek yang benar-benar unik, di seluruh dunia. Ini bukan tentang kota olahraga, karena kami semua sudah memilikinya. Saya berbicara tentang pusat di mana pelatih, pemain, pakar, dan pemain muda terbaik bertemu dan mereka semua mendapat manfaat. Setiap orang dapat terus berkembang selamanya. Itu adalah sesuatu yang akan memberi kita banyak hal.

Apakah Anda pikir setelah pandemi ini semua  akan berjalan normal tahun depan?

Saya tidak begitu tahu. Saya harap begitu, saya optimis. Mari kita lihat apakah kita dapat melihat stadion di isi penonton - itu tidak akan mudah.

Bukankah lebih baik mengubah format ke Piala Eropa yang lebih tradisional dan bermain di satu negara?

"Tanpa ragu, tentu itu akan lebih mudah dan aman. UEFA akan senang, tetapi mereka tidak bisa. Ada terlalu banyak negara yang terlibat dan masalah birokrasi akan luar biasa.

Pada tingkat olahraga, bagaimana penundaan diterima di Jerman?

Jujur, itu baik-baik saja. Kami membutuhkan lebih banyak waktu karena kami memiliki tim yang sangat muda. Para pemain butuh waktu, seperti Leroy Sane, Serge Gnabry, Kai Havertz, mereka masing-masing akan memiliki satu tahun lagi bermain di atas. Orang akan menuntut kami menang, seperti Spanyol, Italia, dan Prancis. Menurut saya, Prancis adalah favorit.

Ceritakan tentang Kai Havertz

Libero.id

Kai Havertz. Kredit: bundesliga.com

Dia pemain untuk Real Madrid (sambil tertawa). Aku tahu, tapi aku bersungguh-sungguh. Dia pemain untuk Real Madrid. Dia masih sangat muda, tetapi memiliki segalanya - bakat, teknik, fisik. Dia pemain lengkap yang akan sangat penting bagi kami, tetapi ia harus terus berkembang.

Di mana Anda (Havertz ) ingin melihatnya bermain?

Saya tidak tahu, tetapi saya ingin dia dalam kondisi sempurna bersama kami.

Timo Werner meninggalkan Jerman. Apakah Anda khawatir tentang transfernya ke Chelsea menjelang Piala Eropa?

Tidak sama sekali. Dalam seluruh karir saya nyaris semua bermain di luar Jerman dan saya pikir itu adalah kesuksesan ketika meninggalkan Jerman. Anda tumbuh lebih, menjadi lebih kuat, dewasa, dan berkembang lebih banyak. Ketika Anda meninggalkan zona nyaman Anda biasanya akan maju. Saya suka bermain di luar negeri, saya hanya berharap bisa melakukannya di Spanyol.

Lalu mengapa Anda tidak bermain di Spanyol?

Saya akan melakukannya dengan baik, bukan? Yang saya lakukan hanyalah mencetak gol.

Toni Kroos saat ini bermain sangat baik di Spanyol. Apakah Anda berharap dia tampil seperti ini begitu lama?

Libero.id

Toni Kroos. Kredit: realmadrid.com

Itu tidak mengejutkan saya. Dia pemain yang unik dengan lingkungan yang baik di sekitarnya. Ketika Anda bertemu dengannya, Anda tahu dia akan cocok di mana saja.

Apakah dia (Kroos) pemain paling penting untuk Jerman saat ini?

Bagi saya, ya. Dia dan Manuel Neuer, kapten kami.

Bagaimana dengan Marc-Andre ter Stegen? Di Spanyol kami terkejut bahwa ia tidak memiliki kesempatan

Marc adalah sosok yang spektakuler dan penjaga gawang yang mengesankan. Kita semua tenang karena jika Neuer tidak bisa tampil, kita memilikinya. Ini sebuah kemewahan. Saya mengerti itu sulit baginya, tetapi dia harus sabar.

Terakhir, sebagai mantan penyerang, siapa yang terbaik sebagai pemegang no 9 di dunia? Tanpa Lionel Messi, Cristiano Ronaldo atau pemain Jerman lainnya

Itu tidak mudah. Saya akan mengatakan Robert Lewandowski, Mohamed Salah, Harry Kane, Erling-Braut Haaland ... dan mungkin Karim Benzema.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network