7 Pemain Balkan Terbaik Pernah Warnai Liga Premier Inggris

"Semenanjung Balkan banyak menghasilkan seniman dalam khazanah sepakbola dunia."

Feature | 12 July 2020, 05:45
7 Pemain Balkan Terbaik Pernah Warnai Liga Premier Inggris

Libero.id - Semenanjung Balkan banyak menghasilkan pemain-pemain top dalam khasanah sepakbola dunia. Salah satunya memenangkan Ballon d’Or baru-baru ini yaitu Luka Modric. Mereka juga pernah menghasilkan penyihir-penyihir lapangan hijau. Sebut saja Georghe Hagi atau Dejan Savicevic.

Kehebatan mereka membuat banyak klub Liga Premier Inggris tertarik. Beberapa di antaranya meredup tetapi ada pula yang menjadi bintang. Berikut tujuh pemain asal Semenanjung Balkan yang menuai sukses di Liga Premier.

1. Stiliyan Petrov

Libero.id

Stiliyan Petrov avfc.co.uk

Mantan kapten Aston Villa menikmati karirnya yang sangat baik di Liga Premier dengan membuat lebih dari 200 penampilan tetapi kariernya terhenti karena Leukemia yang ia derita.

Petrov kini menikmati kariernya sebagai asisten pelatih tim U-23 Aston Villa dan sempat menjadi bagian dari tim kepelatihan senior Aston Villa pada musim 2014/2015 bersama dengan Tim Sherwood.

2. Niko Kranjcar

Niko Kranjcar adalah pemain favorit  Harry Redknapp dalam 3 klub yang berbeda. Pemain asal Kroasia itu datang ke Liga Premier pada 2006, bergabung dengan Portsmouth di mana, ia menghabiskan tiga tahun sebelum mengikuti manajernya ke Tottenham Hotspur di mana ia juga bermain selama 3 tahun di London Utara.

Redknapp kembali betemu dengan Krancjar pada 2013 ketika menukangi Queens Park Rangers. Selama kurang lebih 10 tahun di Inggris, Krancjar berhasil membuat sekitar 150 penampilan untuk tiga klub tersebut.

3. Asmir Begovic

Asmir Begovic memulai karirnya bersama Portsmouth, membuat 17 penampilan sebelum bergabung dengan Stoke City. Di Stoke, Begovic membuat penampilan yang impresif dan menjadikan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di Liga.

Setelah beberapa musim di Stoke, Begovic hengkang dan bergabung bersama Chelsea pada 2015. Di lima musim berikutnya, Begovic setidaknya melakukan 3 kali perpindahan klub dengan Bournemouth disusul Qarabag dan sekarang AC Milan sebagai pemain pinjaman.

4. Edin Dzeko

Libero.id

Edin Dzeko Kredit: mancity.com

Edin Dzeko adalah salah satu pemain penting Manchester City ketika mereka memenangkan dua gelar liga. Pemain timnas Bosnia dan Herzegovina itu, meskipun tidak selalu menjadi starter tetapi berkontribusi besar untuk dua gelar The Citizen dan selalu mencetak gol penting.

Dzeko mengakhiri masa empat tahun bersama Manchester City dengan 72 gol, sebelum akhirnya memutuskan bergabung dengan AS Roma pada 2015.

5.Luka Modric

Luka Modric sekarang dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia, apalagi klaim itu semakin kuat ketika dirinya meraih FIFA Ballon d'Or pada 2018.  Pemain Los Blancos itu bergabung dengan Spurs pada 2008 dan membuat lebih dari 150 penampilan untuk The Lilywhites di Liga Premier.

Penampilannya yang luar biasa di Liga Premier menjadikannya salah satu gelandang terbaik di liga dan menarik perhatian Real Madrid yang mendapatkannya di musim panas 2012.

6. Dimitar Berbatov

Dimitar Berbatov adalah salah satu penyerang terbaik di Liga Premier pada masanya dengan gaya bermainya yang ‘malas’ namun mematikan ketika memegang bola di area penalti. Pria Bulgaria itu memulai karirnya di Inggris bersama Tottenham Hotspur sebelum bergabung dengan Manchester United di mana ia memenangkan gelar Liga sebanyak dua kali.

Usai menikmati masa kejayaannya bersama Setan Merah, Berbatov kemudian bergabung dengan Fulham pada 2012. Dua musim bersama The Cottagers, ia  kemudian berlabuh ke AS Monaco, Paok dan terakhir Kerala Blasters yang masing-masing dihabiskan dengan bermain selama satu musim.

7. Branislav Ivanovic

Libero.id

Branislav Ivanovic. Kredit: chelseafc.com

Branislav Ivanovic menghabiskan lebih dari sembilan tahun bersama Chelsea, memenangkan setiap trofi bergengsi di kompetisi Eropa. Pemain yang memiliki nama sama seperi petenis perempuan, Anna Ivanovic itu adalah itu adalah pemain reguler untuk Chelesa dan sering bermain sebagai bek kanan. Ivanovic berkontribusi besar terhadap kesuksesan Chelsea dalam beberapa dekade ini, membantu The Blues memenangkan tiga gelar Liga Premier, satu gelar Liga Champions, dan satu gelar Liga Eropa.

Dia bergabung dengan Zenit Saint Petersburg pada bulan Januari 2017 lalu setelah membuat 377 penampilan dan 22 gol untuk klub London tersebut.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network