Jelaskan Pengertian Deuce dan Contohnya dalam Pertandingan Olahraga

"Biasanya terkait dengan poin. Apa itu? Ini penjelasannya."

Analisis | 03 September 2022, 11:13
Jelaskan Pengertian Deuce dan Contohnya dalam Pertandingan Olahraga

Libero.id - Dalam sebuah turnamen sepakbola dengan sistem knock-out, ketika pertandingan berakhir imbang, maka akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu dan bila perlu adu penalti. Tapi, dalam olahraga lain seperti bola voli, tenis, tenis meja, atau bulutangkis, muncul istilah deuce.

Deuce tersematkan pada beberapa cabang olahraga pada permainan bola kecil maupun bola besar, dan umum disebutkan ketika situasinya imbang.

Pengertian deuce dalam olahraga adalah suatu keadaan ketika skor kedua tim dalam keadaan seri pada permaian suatu set.  Jika dalam suatu pertandingan berada pada kondisi deuce, maka pemain harus unggul dua poin dari lawan untuk menentukan kemenangan.

Contoh terjadinya deuce dalam pertandingan olahraga:

1. Deuce pada bulutangkis

Dalam satu set atau game bulutangkis terdapat sistem deuce atau poin tambahan jika kedudukan skor imbang pada 20-20. Jika terjadi kondisi deuce tersebut, pemenang bisa ditentukan melalui siapa yang lebih dulu meraih keunggulan dua poin sebelum mencapai batasan 30 angka.

2. Deuce pada bola voli

Dalam permainan bola voli, deuce juga bisa terjadi. Pada pertandingan bola voli, sistem perhitungan angka menggunakan rally point maksimal pada 25 poin. Artinya, permainan bola voli berakhir bila salah satu tim berhasil memperoleh 25 poin. Tapi, dalam satu set permainan bola voli tidak jarang terjadi kesamaan poin. Jadi, terdapat sistem deuce jika kedudukan imbang pada 24-24.

3. Deuce pada tenis lapangan

Sistem deuce dalam permaian tenis lapangan jika kedudukan imbang 40-40. Jika dalam permainan tenis lapangan terjadi deuce, maka pemain harus merebut dua poin berturut-turut untuk memenangkan pertandingan.

4. Deuce pada tenis meja

Skor maksimal dalam pertandingan tenis meja dengan sistem rally point, yaitu 11 poin. Pemenang satu set pertandingan tenis meja adalah pemain yang mampu mencapai poin 11 terlebih dulu. Jika kedua pemain mendapat nilai sama (10-10, 11-11, dan seterusnya) dalam permainan tenis meja, maka akan diadakan deuce.

Artinya, pemenang pada set tersebut adalah pemain yang bisa meraih keunggulan dua poin. Misalnya, 12-10, 13-11, 14-12, dan seterusnya.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network