Kisah Claudio Ranieri Hampir Hentikan Treble Inter Milan

"Lika-liku perseteruan mereka layaknya Tom and Jerry."

Analisis | 04 September 2022, 23:01
Kisah Claudio Ranieri Hampir Hentikan Treble Inter Milan

Libero.id - Claudio Ranieri tidak diragukan lagi merupakan salah satu pelatih top di dunia sepak bola. Dia berkesempatan menukangi beberapa klub besar Eropa seperti Fiorentina, Chelsea, Juventus, Roma, Inter Milan, dan beberapa klub elite lain.

Yang paling terkenal adalah saat sang kakek itu berhasil membawa Leicester City menjuarai Liga Premier untuk pertama kalinya pada musim 2015/2016.

Seperti persaingan pelatih top lain, Ranieri juga memiliki pesaing ketat, salah satunya adalah Jose Mourinho. Dalam suatu kesempatan, Mourinho dengan jumawa mengatakan, “Dia benar dengan apa yang dia katakan, saya sangat menuntut diri saya untuk menang dan memastikan segalanya. Inilah mengapa saya memenangkan begitu banyak trofi dalam karier saya,” jawaban rendah hati Jose Mourinho kepada Claudio Ranieri di bulan-bulan awal masa jabatannya di Inter.

“Ranieri di sisi lain memiliki mentalitas seseorang yang tidak perlu menang."

“Umurnya hampir 70 tahun. Dia telah memenangkan Piala Super dan trofi kecil lainnya, dan dia terlalu tua untuk mengubah mentalitasnya. Dia sudah tua dan dia belum memenangkan apapun.”

Ranieri sebenarnya baru berusia 56 tahun saat itu, sesuatu yang hampir pasti diketahui Mourinho. Sekarang setelah 14 tahun kemudian, dia kembali ke Serie A dan merasa seperti pengulangan yang lebih akurat kali ini.

"Saya belajar bahasa Italia lima jam sehari selama berbulan-bulan untuk memastikan saya bisa berkomunikasi dengan para pemain, media, dan penggemar," tambah Mourinho. “Ranieri telah berada di Inggris selama lima tahun dan masih berjuang untuk mengucapkan 'selamat pagi' dan 'selamat siang.”

Meskipun Mourinho mengukuhkan statusnya sebagai seorang 'The Special One' di Chelsea setelah melakukan apa yang pendahulunya tidak bisa lakukan dengan mengubah jutaan pounds Roman Abramovich menjadi penghargaan besar, Ranieri melihat reputasinya menggelepar dengan tugas singkat dan gagal bertanggung jawab atas Valencia dan Parma.

Namun, pelatih asal Italia itu dipercaya untuk mengambil alih kepemimpinan Juventus yang baru dipromosikan pada 2007 menyusul perselisihan Didier Deschamps dengan dewan direksi. Dia mewarisi skuad yang diperkuat Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Pavel Nedved, David Trezeguet, dan Alessandro del Piero saat Nyonya Tua berusaha menyembuhkan luka Calciopoli mereka dengan cepat.

Ranieri memimpin Juventus untuk finish di peringkat ketiga secara terhormat di musim pertama mereka kembali, di mana kesempatan untuk melangkah lebih jauh ketika Mourinho datang untuk memimpin juara Inter pada 2008.

Juve memang membuat langkah maju, tetapi gol-gol mereka mengering karena Trezeguet menghabiskan sebagian besar musim absen karena cedera pangkal paha. Inter sudah muak dengan Juventus, dan berusaha melanjutkan dominasi domestik mereka bersama Mourinho, meraih Scudetto keempat berturut-turut dengan keunggulan 10 poin.

Pelatih Inter asal Portugal itu berada dalam kondisi terbaiknya dan paling percaya diri, menolak untuk menghindari pertengkaran verbal apa pun jika dia merasa diremehkan oleh wartawan atau pelatih lawan.

Bukan untuk pertama kalinya, Ranieri pernah dibidik Mourinho dengan kata-kata kasar di media, Roma, Milan, dan Juve setelah keputusan kontroversial saat memberikan Mario Balotelli penalti dalam hasil imbang 3-3 dengan Roma.

“Ada manipulasi intelektual dalam jumlah terbesar. Ada upaya terpadu dan terorganisir untuk memanipulasi opini publik. Itu adalah pekerjaan yang fantastis, tetapi tidak ada hubungannya dengan dunia saya selama saya bekerja di sepak bola,” kata Mourinho saat Inter hampir memastikan diri menjuarai Serie A pada 2009.

“Saya tidak suka prostitusi intelektual, saya suka kejujuran. Selama beberapa hari terakhir tidak ada yang menyebutkan bahwa Roma memiliki pemain hebat dan akan mengakhiri musim tanpa gelar. Tidak ada yang menyebutkan bahwa Milan memiliki 11 poin lebih sedikit dari kami dan akan mengakhiri musim tanpa gelar."

“Tidak ada yang berbicara tentang Juventus, yang telah memenangkan begitu banyak poin berkat kesalahan wasit. Kami hanya memenangkan satu pertandingan berkat kesalahan dan itu adalah pertandingan lawan Siena."

“Ranieri bilang dia bahu-membahu dengan Luciano Spalletti? Yah, saya akan berpihak pada semua pelatih yang melakukan pelanggaran terhadap Juventus, terutama pada Cesare Prandelli, Pasquale Marino, Gigi Del Neri.”

Ranieri dipecat sesaat sebelum akhir musim 2008/2009 setelah Juventus tersingkir dari perburuan gelar dalam tujuh pertandingan tanpa kemenangan. Sementara Mourinho menandatangani perpanjangan kontrak untuk mengikat masa depannya di San Siro.

Saat Mourinho bersiap untuk bertanggung jawab di musim kedua, Juventus yang sedang naik daun dengan disokong penampilan Fabio Cannavaro kembali dengan nasib buruk setelah tiga tahun di Bernabeu, masih dibicarakan sebagai penantang paling mungkin bagi Inter. Carlo Ancelotti dan Kaka telah meninggalkan Milan, sementara Roma finis di urutan keenam.

Luciano Spaletti telah membawa Roma meraih Supercoppa dan Coppa Italia serta finish runner-up di Serie A pada musim 2007/2008, tetapi mereka berjuang untuk mempertahankan standar yang sama pada tahun berikutnya. Setelah Roma memulai musim 2009/2010 dengan kekalahan beruntun dari Genoa dan Juve, Spaletti mengundurkan diri.

Setelah libur musim panas, Ranieri menemukan kembali taktik terbaiknya di klub kota kelahirannya yang dia dukung sejak kecil. Dan, hanya sedikit pakar yang mengharapkan Roma bisa bersaing dengan beberapa pelatih Seria A, tidak terkecuali Mourinho yang jelas-jelas tidak menganggap Ranieri sebagai saingan.

“Semua orang tahu bahwa Ranieri bukan pelatih kelas atas, dia tidak diharapkan untuk memenangkan Scudetto. Target saat ini adalah tingkat menengah, jadi Roma telah mencari pelatih tingkat menengah,” tulis editor GOAL Italia, Sergio Stanco.

Dan, ketika Giallorossi kalah dalam tiga pertandingan Serie A berturut-turut pada akhir Oktober dalam serangkaian pertarungan penuh dengan kartu kuning dan kartu merah, Roma berada di urutan ke-14, unggul dua poin dari zona degradasi.

Satu-satunya pertanyaan adalah apakah mereka bisa menyelamatkan tempat di Liga Europa, apalagi mengejar gelar. Inter memulai musim seperti kereta dan unggul 14 poin setelah 10 pertandingan.
Apa yang terjadi selanjutnya menjadi salah satu perebutan gelar yang paling mendebarkan yang pernah ada di sepak bola Eropa.

Perlahan tapi pasti, Roma asuhan Ranieri mulai menemukan performa terbaiknya, menahan Inter yang berada di puncak klasemen dengan hasil imbang 1-1 di San Siro saat mereka memulai 24 pertandingan tak terkalahkan. Sampai pada liburan musim dingin, mereka naik ke urutan keempat, tetapi tertinggal 11 poin di belakang pemimpin liga asuhan Mourinho.

Di pergantian tahun, Roma mulai memadukan penampilan memukau dengan kemenangan 1-0. Mereka tampak seperti tim pemenang gelar. Mirko Vucinic dan Francesco Totti secara rutin menghasilkan penampilan yang brilian untuk memenangkan pertandingan, sementara Daniele De Rossi berada di puncak kekuatannya dan terlihat seperti gelandang kelas dunia.

Pasukan Ranieri mengumpulkan 40 dari 48 poin yang tersedia setelah menang 12 dan seri empat setelah jeda musim dingin. Sementara itu, Juventus jatuh ke dalam ketidakjelasan papan tengah sejak keputusan mereka untuk memecatnya.

Sementara itu, Inter tampaknya mulai goyah. Keunggulan mereka semakin berkurang. Mereka gagal memenangkan pertandingan berturut-turut sejak Januari hingga April dan terus-menerus kehilangan poin dalam perjalanan mereka karena gagal menang lawan Bari, Parma, Napoli, Catania, Palermo, dan Fiorentina.

Hingga akhir Maret dan harus melakukan kunjungan ke Stadio Olimpico, Inter tampak makin di ambang kehancuran. Diego Milito menyamakan gol pembuka yang dicetak De Rossi. Saat itu, mereka tidak diperkuat Luca Toni yang menjalani pinjaman setengah musim di Bayern Muenchen.

Sepanjang musim, Ranieri telah mengecilkan peluang timnya untuk melakukan hal yang mustahil, seperti yang dia lakukan di Juventus dan Leicester. Tapi, begitu Roma pindah dalam satu poin dari posisi teratas dengan tujuh pertandingan tersisa, si tukang mengotak-atik membiarkan dirinya bermimpi.

“Kami keluar dari tikungan terakhir dan sekarang kami berada di jalur lurus terakhir, satu meter di belakang Inter,” kata Ranieri setelah kemenangan 2-1 atas Inter.

“Kami telah membuka kembali kemungkinan perburuan gelar, sekarang ini akan menjadi ujian saraf. Selama lima bulan kami mengejar dan mengorbankan diri untuk tujuan, sekarang kami telah mengalahkan tim stratosfer yang pantas mendapatkan pujian kami.”

Tersingkirnya Panathinaikos lebih awal di Liga Europa pada babak knockout pertama, memungkinkan Roma untuk fokus pada pertandingan domestik, sementara Inter melangkah jauh ke Liga Champions.
Giallorossi tidak hanya menghalangi langkah Inter di Serie A, tetapi mereka juga lawan mereka di final Coppa Italia. Bahkan, Roma sempat merebut posisi teratas klasemen pada April saat tinggal menyisakan lima pertandingan.

Tetapi pada titik ini, saat bahaya besar menabrak dan terbakar, Inter asuhan Mourinho melakukan apa yang benar-benar dilakukan oleh tim-tim hebat dan berdiri untuk menghasilkan beberapa penampilan terbaik mereka ketika mereka membutuhkannya.

Masterclass serangan balik yang dipersembahkan untuk Barcelona dan Bayern di semifinal dan final Liga Champions menjadi kemenangan mereka yang paling terkenal, tetapi mereka didorong untuk tampil sebaik di kandang saat liga dan piala berakhir.

Milito, seperti yang sering dia lakukan dalam pertandingan-pertandingan penentu di akhir bisnis dari treble bersejarah Inter, muncul dengan intervensi yang menentukan dan mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan itu di final Coppa Italia di Olimpico. Sementara Totti yang frustrasi diberi kartu merah.

Setelah memuncaki klasemen dengan tiga poin melawan Atalanta, Roma asuhan Ranieri mempertahankan posisi mereka di puncak pekan berikutnya dalam derby penuh darah melawan Lazio, dibumbui dengan 12 kartu kuning dan satu kartu merah, tetapi yang paling penting adalah mereka meraih kemenangan 2-1.

Tapi, seminggu kemudian mereka menyerah pada kekalahan 2-1 di kandang Sampdoria. Totti memberi Roma keunggulan lebih dulu, tetapi dua gol babak kedua dari Giampaolo Pazzini sudah cukup untuk menghancurkan harapan gelar mereka, Pazzini menjadi nama yang sebaiknya dihindari di Roma.

Itu menjadi satu-satunya kekalahan Roma dari 28 pertandingan terakhir mereka di Serie A, sementara mereka memenangkan delapan dari sembilan pertandingan terakhir, tetapi itu cukup untuk membuat mereka kalah. Inter mengambil keuntungan dengan memenangkan lima pertandingan terakhir mereka secara berturut-turut, mengamankan 19 dari 21 poin yang ditawarkan setelah kekalahan mereka di ibu kota.

Sejarah ditulis oleh para pemenang, meninggalkan Roma untuk dikenang sebagai salah satu tim besar dan Ranieri ditakdirkan untuk menjadi pelatih top, apalagi setelah membawa Leicester juara Inggris.
Bagaimanapun, itu adalah keajaiban Ranieri. Foxes yang memberikan kemenangan 2-1 atas Chelsea asuhan Mourinho pada Desember 2015, menjaga mereka di puncak klasemen dan lawan mereka hanya satu poin di atas zona degradasi.

Mourinho kemudian dipecat, tetapi dia menunjukkan dukungan kepada Ranieri setelah pemecatannya di King Power pada tahun berikutnya saat mengenakan CR di atasan latihannya dalam konferensi persnya.

Ranieri kembali ke Roma untuk menjalani masa darurat selama dua bulan di akhir musim 2018/2019. "Tn. Ranieri, di saat kami sangat membutuhkan, Anda telah menjawab. Sekarang, Anda menerima penghormatan dari orang-orang Anda,” tulis salah satu spanduk di pinggir lapangan dalam pertandingan pertamanya kembali bertugas di Olimpico.

Mourinho sejak itu telah melakukan sesuatu yang Ranieri tidak pernah bisa lakukan dan memberikan trofi untuk Giallorossi. Tapi, itu akan menjadi prestasi yang lebih besar jika dia bisa melampaui cinta yang dimiliki Kota Abadi untuk salah satu putra kesayangannya.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network