Mengenal Pesepakbola Terkuat dan Tergempal di Dunia: Adebayo Akinfenwa

"Beratnya 102 kilogram. Membawa klubnya promosi ke Championship usai mengalahkan klub milik Erick Thohir."

Feature | 15 July 2020, 13:54
Mengenal Pesepakbola Terkuat dan Tergempal di Dunia: Adebayo Akinfenwa

Libero.id - Nama Adebayo Akinfenwa mungkin masih terdengar asing di telinga para pecinta sepak bola Inggris. Namun siapa sangka pemain yang telah membela lebih dari 13 klub itu dijuluki sebagai pesepakbola terkuat di dunia.

Pemain Wycombe Wanderers itu sendiri akhir-akhir ini menjadi berita utama di Inggris, bukan karena julukannya, tetapi kesuksesannya membawa klub berjuluk The Chairboys itu promosi ke Championship dari League One. Pada playoff League One, Wycombe mengalahkan klub milik Erick Thohir, Oxford United. Namun tanpa mengurangi fokus utamanya, siapa sebenarnya Abedayo Akinfenwa itu?

Siapa Akinfenwa?

Dalam wawancara eksklusif Sky Sports dengan Akinfenwa, pemain berusia 38 tahun itu tak segan meluapkan kegembiraannya setelah Wycombe dipromosikan ke Championship. Kasta ini hanya satu tingkat di bawah Liga Premier.

Ketika ditanya  "Siapa Akinfewa?" satu jawaban pasti untuk pria dengan tinggi badan 1,85 meter itu adalah: seorang striker kelahiran Inggris yang saat ini bermain di Wycombe Wanderers. Akinfenwa adalah keturunan Nigeria dan telah bermain untuk sejumlah klub liga yang lebih rendah di Inggris, memiliki masa bermain di Lithuania dan Wales juga. Saat tumbuh sebagai seorang anak, Akinfewnwa mendukung Liverpool dan pemain favoritnya adalah John Barnes.”

Perjalanan karir sepakbola  Akinfenwa

Akinfenwa memulai perjalanan sepakbolanya dengan bergabung bersama akademi muda Watford, klub yang kini bermain di Liga Premier. Di tahun 2001/02, Akinfenwa kemudian menandatangani kontrak selama satu musim dengan tim Lithuania, FK Atlantas. Dalam perjalanannya, pemain bernomor punggung 20 itu banyak menghabiskan waktu bermainnya dengan hanya tampil selama satu atau dua musim, itu jumlah yang paling banyak.

Mulai dari Barry Town, Boston United, Leyton Orient, Rushden & Diamonds, Doncaster Rovers, Torquay United, Swansea City, Millwall, Northampton Town, Gillingham, AFC Wimbledon, dan sekarang bersama Wycombe Wanderers, dirinya sudah hampir 4 musim di sana sejak tahun 2016 menginjakan kaki di Adams Park.

Mendapat gelar sebagai pesepakbola terkuat

Adebayo Akinfenwa dianggap sebagai pesepakbola terkuat karena tampilan fisik yang sangat menonjol terutama otot-otot melingkar yang menutupi tubuhnya.

Bahkan di tahun 2015, dirinya diundang langsung oleh salah satu game ternama dunia, FIFA EA Sports dalam perluncuruan FIFA 15 dan dianugrahi sebagai pesepakbola terkuat.

Dalam acara tersebut, Akinfenwa juga dipertemukan dengan beberapa olahragawan hebat seperti Rio Ferdinand dan George Groves. Nyatanya Akinfenwa memiliki masalah berat badan yang jarang diketahui oleh publik.

Pemain  Wycombe itu memiliki berat badan mencapai 101 kg, namun ada hal menarik lainnya yakni, Akinfenwa mampu mengangkat barbel sekitar 200 kg, dimana beban tersebut adalah dua kali beratnya sendiri sehingga klaim bahwa dirinya adalah pesepakbola terkuat di dunia cukup meyakinkan.

Karinya sekarang bersama Wycombe Wanderers

Lahir pada 10 Mei 1992 di Islington, karir Akinfenwa bisa dibilang sangat penuh perjuangan dan dirinya pernah berada di satu titik di mana ia tak memiliki pekerjaan sama sekali,

“Saya pikir, secara teknis saya menganggur, jadi manajer mana pun yang menghubungi saya di WhatsApp akan saya terima itu sebagai pekerjaan,” ujarnya kepada Sky Sports usai pertandingan melawan Plymouth Argyle pada 30 Mei 2016 lalu.

Sekarang Akinfenwa menikmati masa terpanjangnya (kontrak) di Wycombe. Bergabung pada bulan Juli 2016 dari  AFC Wimbledon, Akinfenwa sejauh ini telah mencetak 54 gol dari 152 penampilannya bersama The Chairboys. Pencapaian tersebut kemungkinan akan mengamankan Akinfenwa untuk bermain di Championship musim depan dan tentunya, ‘pria terkuat’ itu ini menginginkan tim yang dibelanya bisa promosi ke kasta tertinggi Liga, yakni Liga Premier.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network