Off side atau Tidak? Gol Charles de Ketelaere yang Dianulir VAR

"Beruntung, AC Milan mengalahkan Sampdoria 2-1. Cek videonya!"

Analisis | 11 September 2022, 03:47
Off side atau Tidak? Gol Charles de Ketelaere yang Dianulir VAR

Libero.id - AC Milan melanjutkan tren positif Serie A 2022/2023 dengan mengalahkan Sampdoria 2-1 di Stadio Luigi Feraris, Minggu (11/9/2022) dini hari WIB. Pertandingan itu diwarnai VAR yang membatalkan gol perdana Charles de Ketelaere untuk I Rossoneri. VAR juga membantu gol kemenangan Olivier Giroud.

Setelah mengalahkan Inter Milan pada Derby della Madonnina, pekan lalu, penampilan AC Milan sempat mengecewakan ketika bermain imbang di Liga Champions melawan Red Bull Salzburg. Mereka bangkit lagi saat jumpa Sampdoria.

Dalam pertandingan itu, Milan dirugikan dan diuntungkan VAR. Sebab, gol kemenangan I Rossoneri lewat penalti Olivier Giroud tercipta berkat intervensi VAR. Sebelumnya, AC Milan harus dirugikan karena gol Charles de Ketelaere dibatalkan VAR karena Olivier Giroud berada dalam posisi off side dan mengganggu bek Sampdoria.

Charles de Ketelaere menguasai bola di gawang ketika Emil Audero gagal memanfaatkan umpan silang Rafael Leao dan memantul dari bahunya.

Beberapa orang berpikir gol itu dianulir karena handball. Tapi, fakta peninjauan VAR berhasil menunjukkan hal itu mengenai bahunya dan tidak akan dihukum karena pelanggaran akibat mengenai tangam.

Sebaliknya, penantian yang sangat lama untuk VAR adalah karena Olivier Giroud berada dalam posisi off side. Selain itu, kehadiran penyerang Prancis tersebut mengganggu pergerakan bek Sampdoria, Alex Ferrari.

Wasit harus melakukan panggilan menggunakan tinjauan lapangan VAR. Sebab, hanya VAR yang dapat memutuskan insiden itu dengan objektif. Off side itu objektif. Tapi, seorang pemain mengganggu permainan atau tidak adalah keputusan subjektif yang hanya bisa dibuat oleh wasit.

Yang pasti, kemenangan cukup membuat AC Milan bersaing di papan atas klasemen sementara Serie A. Mereka memiliki 14 poin dari enam pertandingan. Jumlah itu sama dengan milik pemimpin klasemen, Napoli.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan AC Milan


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network