6 Bakat Besar Portugal yang Naik Daun, Next Cristiano Ronaldo?

"Ada Mbappenya Portugal, ada pula Cristiano Ronaldo baru yang dibeli Barcelona 30 juta euro."

Feature | 16 July 2020, 14:23
6 Bakat Besar Portugal yang Naik Daun, Next Cristiano Ronaldo?

Libero.id - Semua penggemar sepakbola tentunya sedikit mengalami kekecewaan ketika Piala Eropa tahun ini harus diundur dalam 12 bulan ke depan dan akan kembali digelar pada musim panas 2021. Namun, di sisi lain, penundaan itu bisa menjadi keuntungan beberapa tim nasional seperti timnas Portugal yang sekarang memiliki banyak opsi pemain muda berbakat serta siap untuk diturunkan pada turnamen 4 tahunan tersebut.

Ketika CR 7 dan kawan-kawan memenangkan Piala Eropa 2016 lalu, tim Selecao sendiri sudah memiliki banyak pemain yang menjanjikan seperti Renato Sanches, Joao Mario dan Raphael Guerreiro yang saat itu masih berusia 18, 23 dan 22 tahun. Sekarang dengan banyaknya pemain muda Portugal yang bermain di Liga top Eropa, setidaknya Fernando Santos telah mengantongi 6 nama yang bisa dia panggil, berikut ulasannya;

1.Diogo Jota

Libero.id

Diogo Jota. Kredit: wolves.co.uk

Diogo Jota adalah pemain yang berpeluang besar akan menjadi bagian dari tim Portugal di Piala Eropa 2021 mendatang usai penampilan yang impresif dan produktif bersama Wolverhampton Wanderers di Liga Premier.

Sejauh ini, Jota hanya membuat dua penampilan untuk Portugal, tetapi dirinya bisa menjadi tandem yang sempurna untuk Cristian Ronaldo. Mantan pemain  FC Porto tersebut adalah salah satu penyerang yang berbahaya di Liga Premier usai  menjaringkan 32 gol dalam 107 penampilan untuk Wolves selama tiga musim terakhir. Namun, bukan berarti Jota tak memiliki saingan, nama-nama seperti Joao Felix dan Andre Silva juga tak kalah bagusnya dengan Jota.

2.Daniel Podence

Pemain Wolves lainnya,  Daniel Podence, juga diharapkan bisa masuk dalam dafar 23 pemain Selecao untuk persiapan 12 bulan ke depan. Namun, pemain berusia 24 tahun itu  sedang menghadapi tugas yang lebih sulit daripada Jota setelah awal yang buruk di Liga Premier.  Podence telah membuat lima penampilan sejak pindah dari Olympiakos dengan mahar 16,9 juta Poundsterling pada bulan Januari lalu.

Podence adalah pemain sayap yang berbakat, terbukti dengan penampilannya yang luar biasa bersama klub Yunani di awal musim. Dia mencetak gol saat melawan Spurs di Liga Champions dan mengukuhkan dirinya sebagai penyuplai assist terbanyak klub. Dia telah menerima panggilan timnas tetapi belum melakukan debut untuk tim senior Portugal, lebih tepatnya bersama timnas  U-21.

3. Rafael Leao

Libero.id

Rafael Leao

Dijuluki sebagai 'Mbappe Portugal,' Rafael Leao sekarang menjadi pemain penting untuk AC Milan di Serie A musim ini. Secara teknis, Leao dapat bermain di mana saja di posisi tiga penyerang, tetapi selama waktu bermainnya di Lille, Leao tampak lebih unggul sebagai penyerang tengah di mana kekuatan kakinya plus kecepatan berlarinya yang kencang memungkinkannya untuk menerima berbagai umpan dari sudut manapun.

Kendati begitu, pemain berusia 21 tahun itu perlu meningkatkan lagi insting mencetak golnya di depan gawang setelah hanya mampu mencetak 5 gol  dalam 27 penampilan untuk I Rossoneri musim ini.

4.Ruben Vinagre

Pos Bek kiri adalah salah satu pos terlemah dari timnas Portugal dan sejauh ini hanya ada satu nama yang mampu mem-back up posisi tersebut yakni Raphael Guerreiro. Namun jika melihat riwayat cedera Guerreiro, itu bukanlah hal yang bagus dan pemain belakang Wolves, Ruben Vinagre mungkin bisa jadi solusi.

Pemain berusia 21 tahun ini memang belum menjadi starter reguler di Molineux Stadium, tapi dirinya telah menunjukkan penampilan yang berkualitas selama kesempatannya di Liga Premier dan Eropa. Vinagre hanya mengemas 1 caps bersama tim Selecao U-21 dan rasanya perlu untuk Vinagre menambah jam ‘terbangnya’ guna meningkatkan permainannya, dengan tujuan untuk menembus tim senor Portugal dalam ajang Piala Dunia 2022 di Qatar dan Piala Eropa 2021 bila memungkinkan.

5.Francisco Trincao

Libero.id

Francisco Trincao

Barcelona mengejutkan banyak orang dengan membayar 31 juta Euro untuk menandatangani gelandang serang Sporting Braga, Francisco Trincao pada bursa transfer Januari lalu. Trincao baru berusia 20 tahun, tetapi  keterampilan dribblingnya berada di atas rata-rata seusianya, plus tendangannya yang akurat mengingatkan kita pada sosok CR 7.

Sedikit ungggul dari Ruben Vinagre, Trincao telah mengemas 5 penampilan untuk timnas Portugal U-21 dan tampaknya cukup menjanjikan bila Fernando Santos membawanya ke Piala Eopa 2021 mendatang.

6.Diogo Leite

Sebenarnya peluang untuk bek tengah berbakat milik Porto ini sangat kecil dalam ambil bagian pada ajang Piala Eropa 2021 mendatang. Selecao sudah memiliki nama yang bakal mengisi pos tengah mereka, yakni Ruben Dias dan Pepe. Namun dengan usia yang masih 21 tahun, Leite sudah mengemas 7 penampilan di Liga Portugal dan beberapa kali menjadi tandem untuk Pepe disana.

Di level junior, bersama timnas Portugal U-17, Leite adalah pemain kunci ketika mereka memenangkan Piala Eropa U-17 yang diadakan di Azerbaijan 2016 lalu. Sementara pujian juga datang dari senionya, Pepe yang berjuar bahwa Leite adalah "bek tengah terbaik" di negara barat daya Eropa tersebut.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Portugal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network