Perjalanan Berliku Hokky Caraka Menjadi Primadona di Skuad Garuda Muda

"Dari pinjam sepatu hingga menjadi predator andalan."

Biografi | 14 September 2022, 22:12
Perjalanan Berliku Hokky Caraka Menjadi Primadona di Skuad Garuda Muda

Libero.id - Hokky Caraka kian hangat dibicarakan pencinta sepak bola Tanah Air. Betapa tidak, sepak terjang pemuda berusia 18 tahun itu makin moncer saat membela timnas U-20.

Salah satunya dalam performa menawan Hokky saat membantu Garuda Muda mengatasi Timor Leste U-20, 4-0, dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam WIB.

Di pertandingan tersebut, Hokky mencetak hat-trick luar biasa. Performa itu membuat pemuda kelahiran Gunung Kidul, 21 Agustus 2004, tersebut berhasil menjawab kepercayaan Shin Tae-yong yang menjadikannya starter sejak awal laga.

Performa pemain bernama lengkap Hokky Caraka Bintang Brilliant itu memang ciamik. Dan, capaian itu sebenarnya tak mengherankan karena dirinya pernah mencetak quatrick alias empat gol saat membobol gawang Brunei Darussalam U-19, 7-0, dalam Kejuaraan AFF U-19 pada 4 Juli 2022.

Hokky juga pernah membela Garuda Muda tampil dalam kejuaraan Maurice Revello di Prancis pada 30 Mei 2022. Semua itu berawal saat dirinya masuk skuad program Garuda Select. Di sana, dia menjadi topskor dengan 14 gol.

Fakta itu pula yang membuat Tae-yong tak ragu memasukan nama Hokky ke skuad Garuda Muda. Apalagi, Hokky memiliki postur cukup ideal, yakni 177 cm. Kondisi itu membuatnya mudah dalam mencetak gol lewat pertarungan udara. Bahkan, dua dari tiga golnya ke gawang Timor Leste U-20 melalui sundulan.

Perjalanan Karier Hokky

Saat berusia sembilan tahun, Hokky masuk SSB Putra Handayani. Dia pindah ke SSB Persopi Elti Piyungan saat menginjak usia 14 tahun. Tepatnya pada 2020, Hokky dipanggil ke tim PSS Sleman U-16.

Pada 2020 hingga 2021, Hokky pernah masuk program skuad Garuda Select. Kala itu, dia dilatih oleh salah satu legenda Chelsea, Dennis Wise.

Kala itu Hokky masuk Garuda Select season 3 dan 4. Total, dia mencetak 19 gol untuk tim Garuda Select. Kini, Hokky Caraka memperkuat PSS Sleman. Dia telah tampil sebanyak empat laga sejak 2021.

Hokky Caraka adalah striker andalan Timnas Indonesia U-19 dalam ajang Piala AFF U-19 2022. Namanya melambung lantaran ia mampu memborong empat gol ke gawang Timnas Brunei Darussalam U-19. Namun, pada awalnya Hokky Caraka sebetulnya berposisi sebagai bek.

Penjelasan sang Ayah

Ayah Hokky, Budi Ribut Suryono, sempat menuturkan awal mula anaknya berkecimpung dalam dunia sepak bola. Sang ayah menjelaskan anaknya sudah mencintai sepak bola sejak duduk di kelas 3 SD.

Budi juga menjelaskan jika posisi anaknya saat ini, striker, sebenarnya bukan posisi awal mula Hokky meniti karier. Hokky awalnya menjalani posisi sebagai bek. Namun, karena berbagai program tes, apalagi Hokky memiliki tubuh ideal sebagai penyerang, maka anaknya mengisi posisi tersebut dalam dua tahun terakhir ini.

Fakta Menarik Lainnya

Siapa sangka, terdapat kisah menarik sekaligus haru terkait perjuangan Hokky demi menjadi pesepak bola profesional. Pemain muda PSS Sleman itu kerap meminjam sepatu saat latihan karena keterbatasan ekonomi.

"Saya harus lewati perjalanan 60 km, baik pergi dan pulang setiap hari. Kadang pagi berangkat subuh jam dua, kadang tak makan di jalan. Saya sering berangkat jam 02.00 WIB dan 04.00 WIB,” tutur Hokky dikutip dari Youtube PSSI.

“Sering juga pinjam sepatu atau peralatan gitu karena ekonomi kami (keluarga) susah. Dengan semua itu membuat saya makin termotivasi,” tutupnya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network