Jelaskan Cara Menggiring Bola yang Benar dalam Permainan Bola Basket

"Inilah tips dan trik dalam bermain bola basket."

Analisis | 16 September 2022, 03:05
Jelaskan Cara Menggiring Bola yang Benar dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Bola basket adalah olahraga tim. Konsekuensinya, para pemain yang berada di arena harus bisa bekerja sama, khususnya saat melakukan dribble alias menggiring bola.

Beda dengan sepakbola yang menggunakan kaki, menggiring bola dalam permainan bola basket adalah gerakan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Gerakan ini bisa dilakukan sambil berjalan atau berlari dengan tujuan menghindari bola agar tidak direbut pemain lawan.

Menggiring bola atau dribble merupakan salah atau skill yang harus dikuasai oleh para pemain basket. Sebab, ini adalah teknik paling dasar dari olahraga bola basket.

Teknik ini sangat berguna bagi para pemain untuk melewati penjagaan lawan dalam situasi menyerang. Tapi, dribble tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, membawa bola lebih dari tiga langkah tanpa memantulkannya ke lapangan bisa dinyatakan sebagai pelanggaran.

Menggiring Bola yang Benar dalam Permainan Bola Basket

Dalam permainan bola basket, terdapat tiga cara melakukan dribble, yaitu dribble rendah, dribble tinggi, dan spin dribble. Jika pemain bisa menguasai semua teknik menggiring bola, bisa dipastikann akan bisa menjalani pertandingan bola basket dengan mudah dan menyenangkan.

1. Dribble rendah

Dribble rendah merupakan gerakan menggiring dengan poisisi bola rendah ke lantai. Gerakan ini bisa dilakukan dalam tempo yang cepat atau lambat dengan tujuan menerobos pertahanan lawan.

Cara melakukan dribble rendah:

a). Berdiri dalam posisi membuka kaki selebar bahu. Salah satu diposisikan di depan.

b). Jika tangan yang dilakukan untuk men-dribble bola adalah tangan kanan, kaki yang berada di depan adalah kaki kiri. Begitu juga sebaliknya.

c). Posisi lutut agak dibengkokkan ke depan, sementara posisi badan juga condong ke depan.

d). Bagian tangan yang dilakukan untuk memantulkan bola adalah jari-jari.

e). Pantulkan bola dengan ketinggian mencapai lutut atau paha bawah.

2. Dribble tinggi

Dribble ini dilakukan dengan posisi pantulan bola lebih tinggi, bisa mencapai sedikit di atas pinggang. Tujuan menggiring bola tinggi dalam permainan bola basket adalah mempercepat penyerangan.

Cara melakukan dribble tinggi:

a). Posisikan kedua kaki selebar bahu dan sejajar.

b). Posisi dribble di sisi kiri jika menggunakan tangan kiri, begitu pun sebaliknya.

c). Pandangan mata ke atah depan.

d). Pantulkan bola setinggi antara pinggang dan bahu.

e). Gerakan dribble ini bisa dilakukan di tempat, sambil berjalan atau berlari.

3. Spin dribble

Cara menggiring bola yang satu ini membutuhkan skill khusus karena teknik ini tidak mudah dilakukan. Eks pebasket nasional, Dimaz Muharri, via YouTube DBL PLAY menjelaskan bahwa spin dribble atau spin move adalah gerakan memutar 360 derajat. Gerakan ini dilakukan dengan posisi yang rendah agar lebih kuat.

Ttujuan melakukan spin dribble adalah untuk melewati lawan yang bisa dikombinasikan dengan shooting (menembak) atau lay-up.

Cara melakukan spin dribble:

a). Jika melakukan dribble dengan tangan kiri, posisi kaki kanan berada di depan yang akan menjadi tumpuan saat memutar badan. Begitu pun sebaliknya.

b). Kemudian lakukan gerakan memutar 360 derajat. 

c). Gerakan spin dribble bisa diakhiri dengan lay-up atau shooting.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network