Jelaskan Istilah-istilah Sepakbola yang Peelu Diketahui

"Sebelum bermain sepakbola, perlu mengenal beberapa istilah pentingnya."

Analisis | 17 September 2022, 17:56
Jelaskan Istilah-istilah Sepakbola yang Peelu Diketahui

Libero.id - Sepakbola telah menjelma menjadi aktivitas yang sangat populer di dunia. Olahraga ini dimainkan di banyak tempat dan telah menjadi sebuah industri yang menghasilkan banyak uang bagi para pelakunya. 
Sebagai olahraga permainan, sepakbola memiliki sistem, aturan, dan banyak istilah yang wajib diketahui para pemain maupun penggemarnya. Memahami sitilah dalam sepakbola wajib hukumnya bagi pemain. Ini untuk menghindarkan mereka dari kebingungan yang mungkin tercipta di lapangan.

Mengetahui istilah sepakbola juga wajib bagi para penggemar, baik yang datang langsung ke stadion maupun menyaksikan dari layar televisi.

Berikut ini beberapa istilah penting dalam sepakbola yang wajib diketahui:

1. Off side

Dalam Laws of the Game FIFA, off side terjadi jika seorang pemain tersentuh (menyentuh) bola, atau menerima umpan bola dari rekan satu tim, dalam posisi di depan pemain paling belakang dari tim lawan". Kini, off side semakin mudah diketahui dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

2. Penalti

Penalti diberikan oleh wasit jika pihak lawan dengan sengaja melakukan pelanggaran berbahaya maupun handball di dalam kotak 16. Keputusan wasit mutlak berdasarkan aturan sepakbola. Tim yang dilanggar mendapat kesempatan menendang bola dengan jarak 12 meter dari posisi kiper.

Pada saat bola ditendang, kaki penjaga gawang harus menyentuh, sejajar, atau ada di belakang garis gawang sebelum melakukan penyelamatan. Dalam kompetisi sistem gugur, jika skor masih imbang setelah waktu normal ditambah extra time, maka cara menentukan pemenang dengan adu penalti.

3. Freekick

Freekick adalah istilah dari tendangan bebas. Freekick bisa terjadi ketika pemain lawan dengan sengaja melakukan pelanggaran di luar kotak penalti. Tendangan bebas dilakukan tanpa gangguan  pemain lawan. Kemudian, lawan membentuk pagar betis dalam jarak 10 meter di lokasi terjadinya pelanggaran.

4. Corner kick

Corner kick merupakan istilah untuk tendangan sudut. Hal tersebut dapat terjadi jika lawan sengaja mengeluarkan bola di arah belakang garis gawang sendiri maupun bola terkena benturan saat diserang musuh. Tendangan ini dilakukan dari sudut area lapangan lawan.

5. Diving

Diving merupakan tindakan pemain dengan sengaja bereaksi, seperti terjatuh dengan tujuan mendapatkan hadiah dari wasit. Hal itu merupakan tindakan yang tidak sportif.

6. Gol bunuh diri

Gol bunuh diri atau own goal adalah istilah dalam olahraga sepakbola ketika seorang pemain memasukkan bola ke gawangnya sendiri sehingga dianggap sebagai gol bagi tim lawan.

7. Hattrick, Quattrick, dan Brace

Hattrick merupakan istilah dalam olahraga sepakbola ketika dalam satu pertandingan, seorang pemain berhasil mencetak tiga gol. Jika empat gol, namanya quattrick. Jika dua gol disebut brace. 

8. Kartu merah dan kartu kuning

Kartu merah terjadi ketika ada pelanggaran berat. Akibatnya, pengusiran kepada pemain dari lapangan. Sementara kartu kuning menandakan pelanggaran yang masih bisa ditoleransi (profesional foul). Tapi, pemain yang mendapatkan kartu kuning kedua otomatis berubah menjadi kartu merah.

9. Striker (penyerang)

Striker atau penyerang merupakan barisan terdepan sebuah tim dalam permainan sepakbola. Tugas utamanya mencetak gol sebanyak mungkin sehingga timnya memenangkan pertandingan.

10. Gelandang

Midfielder merupakan sebutan lain dari gelandang, poros serangan tim dalam melakukan penyerangan maupun bertahan. Gelandang terbagi dalam beberapa posisi bertahan, menyerang, maupun sayap. Tugas gelandang mengalirkan pergerakan bola dari belakang ke depan. Mereka juga memiliki kreativitas.

11. Defender

Defender merupakan sebutan lain dari bek. Mereka adalah pemain yang beroperasi di belakang dan di depan kiper. Terdapat dua posisi bek, yaitu bek tengah dan bek sayap.

12. Kiper

Kiper atau penjaga gawang merupakan benteng pertahanan terakhir dari suatu tim sepakbola. Kiper merupakan satu-satunya pemain di lapangan pertandingan yang diperkenankan untuk menyentuh bola dengan tangan secara aktif. Kiper bertanggung jawab agar tim tidak kemasukan bola.

13. Injury time, additional time

Injury time adalah waktu kritis atau waktu jelang pertandingan berakhir. Biasanya di additional time, atau waktu tambahan yang diberikan wasit untuk menggenapi pertandingan menjadi 90 menit. Additional time diberikan karena sepanjang pertandingan terhenti oleh beberapa kejadian seperti pelanggaran atau pemain cedera.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network