Vietnam Temani Indonesia ke Piala AFC U-20 2023, Thailand Butuh Mukjizat

"Akankah ini menjadi karma timnas Thailand setelah insiden di ajang Piala AFF U-19 kemarin?"

Analisis | 19 September 2022, 14:09
Vietnam Temani Indonesia ke Piala AFC U-20 2023, Thailand Butuh Mukjizat

Libero.id - Tiket untuk tampil di putaran final Piala AFC U-20 telah ditentukan secara bertahap. Secara khusus, timnas Vietnam U-20 dan Indonesia U-20 menjadi kebanggaan karena menjadi tim pertama di kawasan ASEAN yang berpartisipasi dalam turnamen tersebut. Sebaliknya, tim seperti Kamboja, Laos, Malaysia atau Filipina harus terpaksa tersingkir. Situasi paling ironis kini menjadi milik Thailand U-20, karena Gajah Chien benar-benar kehilangan haknya untuk menentukan nasib sendiri.

Setelah 2 kemenangan di VL U20 Asia, Thailand sepertinya sudah mengamankan tiket untuk melanjutkan pertandingan. Namun, di seri terakhir, mereka kalah dari Oman U-20. Hasil ini juga langsung membuat mereka turun ke peringkat 5 di grup dengan tim peringkat kedua terbaik.

Secara khusus, Grup H dengan tim yang berpartisipasi meliputi:  Australia, Irak, India dan Kuwait. Alasan grup ini berlangsung lebih lambat dari grup lainnya, karena India dan Australia pada awalnya dilarang oleh AFC. Namun, kemudian keduanya dicabut dan AFC pindah bermain mulai 14-18 Oktober. Dengan demikian, jika tim kedua di Grup H memiliki performa lebih baik dari Thailand U-20, Tim Gajah Perang dipastikan akan tersingkir.

Perlu ditekankan bahwa, di VL U20 Asia, indeks Fair-play akan diperhitungkan jika tim peringkat kedua memiliki skor yang sama dan sub-statistik yang sama. Itu juga alasan mengapa Thailand U-20 memiliki 6 poin yang sama, selisih +3, mencetak 6 gol dan menerima 3 gol seperti Suriah, tetapi perwakilan Asia Tenggara tertinggal (Thailand U-20 memiliki 9 kartu) sementara Suriah memiliki 8 kartu kuning.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network