Unik! Kanada Tidak Punya Jersey Baru di Piala Dunia 2022

"Alasannya sangat aneh dan terkesan meremehkan."

Analisis | 20 September 2022, 19:45
Unik! Kanada Tidak Punya Jersey Baru di Piala Dunia 2022

Libero.id - Piala Dunia 2022 di Qatar semakin dekat. Salah satu tradisi tim nasional jelang turnamen terbesar di bumi adalah mengenakan seragam baru. Baik Nike, Adidas, Puma, atau semua merek yang jadi apparel resmi, pasti akan meluncurkan jersey baru. Tapi, itu tidak berlaku untuk satu negara, yaitu Kanada.

Tim nasional Kanada akan turun di Piala Dunia pertama sejak 1986. Mereka memiliki rencana memainkan pemain-pemain andalan seperti Alphonso Davies dari Bayern Muenchen.

Namun, di Piala Dunia bersejarah kali ini, tidak akan ada seragam baru di Qatar. Kok, bisa? Alasannya, aneh. "Saya merasa sepertinya setiap tim harus mendapatkan jersey baru untuk Piala Dunia karena ini adalah acara simbolis," kata bek Kanada, Sam Adekugbe, kepada The Athletic.

"Saya tidak membencinya. Tapi, saya hanya ingin mendapatkan jersey baru. Karena itu (Piala Dunia) adalah sesuatu untuk dihargai," tambah Sam Adekugbe.

Alasan Kanada tidak punya jersey baru di Piala Dunia 2022 sangat aneh dan terkesan meremehkan. Itu berkaitan dengan status Kanada sebagai negera sepakbola kelas dua di Amerika Utara, Tengah, dan Karibia, yang tidak diunggulkan bisa mendapatkan tiket penerbangan ke Doha, Qatar.

Jadi, ketika Kanada dan Nike menandatangani kontrak pada Desember 2018, mereka ada di peringkat FIFA 78, atau dua strip di atas Curacao. Di atas Kanada, ada delapan tim anggota CONCACAF lainnya. Jadi, wajar jika Nike meremehkan peluang Kanada ke Piala Dunia 2022.

Kemudian, Nike mulai merancang dan membuat jersey baru untuk Kanada setiap dua tahun sekali. Dengan semua kekacauan yang terjadi akibat pandemi Covid-19 yang membuat semua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 tertunda, Nike sudah terikat kontrak untuk meluncurkan jersey baru secara berkala setiap dua tahun sekali.

Ketika jersey edisi 2022 sudah keluar pada 2021, Kanada masih berjibaku di kualifikasi, dan tidak ada yang percaya mereka akan lolos. Jadi, dengan percaya diri Nike mengeluarkan seragam baru tanpa menunggu hasil akhir kualifikasi di zona CONCACAF. Hal ini berbeda dengan Amerika Serikat (AS).

"Saya pikir itu hanya menunjukkan bahwa tidak ada yang benar-benar percaya pada kami. Saya tidak berpikir Kanada percaya. Tapi satu-satunya orang yang benar-benar percaya adalah pelatih kami, John Herdman," ujar Sam Adekugbe.

Meski pada akhirnya lolos, Nike sudah terlanjur merilis jersey baru untuk Kanada. Jadi, sesuai kontrak yang sudah disepekati, tidak akan ada jersey baru yang dikeluarkan Nike untuk Kanada. Tidak ada jersey baru dua kali dalam setahun!

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network