Belanda Lolos ke Semifinal UEFA Nations League, Modal Bagus ke Qatar?

"Louis van Gaal bilang begini..."

Analisis | 26 September 2022, 03:54
Belanda Lolos ke Semifinal UEFA Nations League, Modal Bagus ke Qatar?

Libero.id - Timnas Belanda menjadi negara pertama yang lolos ke semifinal UEFA Nations League 2022/2023. Mereka memastikan satu tiket setelah menyudahi perlawanan tetangganya, Belgia, 1-0 di Stadion Johan Cruyff Arena, Senin (26/9/2022) dini hari WIB.

Kemenangan tipis yang disumbangkan Virgil van Dijk cukup membawa De Oranje melaju ke tahap selanjutnya. Belanda memimpin Grup A4 dengan 16 angka, unggul enam poin dari Belgia di posisi runner-up. 

Paling menghebohkan adalah Belanda menjadi satu-satu tim yang belum terkalahkan di fase grup. Dari enam pertandingan, Van Dijk dkk meraih lima kemenangan dan sekali imbang.

Modal itu tentu saja menjadi kegembiraan tersendiri bagi Louis van Gaal selaku arsitek De Oranje. Dia menilai timnya sangat siap menjalani turnamen itu, termasuk Piala Dunia 2022 di Qatar nanti. 

Kemenangan itu memang diyakini bakal mengangkat motivasi Van Dijk dkk, apalagi mereka tinggal sedikit lagi menghadapi Senegal, 21 November, Ekuador (25 November), dan tuan rumah Qatar (29 November). 

Namun, Van Gaal belum mau membahas kemungkinan timnya di Qatar nanti. Mantan pelatih Manchester United itu lebih senang membicarakan hasil timnya di UEFA Nations League. 

Van Gaal hanya membuat beberapa perubahan pada timnya usai mengalahkan Polandia, di mana Davy Klaassen, Steven Berghuis, dan Marten de Roon mengisi lini tengah. Sementara Vincent Janssen bermitra dengan Steven Bergwijn di depan. 

Babak pertama melihat Belgia menciptakan beberapa peluang, tetapi Remko Pasveer tidak pernah benar-benar diuji. Sementara di ujung lain, tembakan Denzel Dumfries melambung di atas mistar. Van Gaal dipaksa melakukan perubahan saat Berghuis cedera dan Cody Gakpo masuk. 

Kenneth Taylor dan Tyrell Malacia juga masuk saat turun minum, namun peluang Oranje sangat tipis. Belgia memiliki peluang besar setelah satu jam, tetapi upaya Amadou Onana dapat digagalkan oleh Pasveer. 

Baru pada menit ke-73, Belanda memimpin setelah Virgil van Dijk menanduk bola pada gol pembuka dari sepak pojok Gakpo. Itu bisa menjadi 2-0, tetapi Klaassen melewatkan peluang bagus. Sementara Bergwijn juga melepaskan tembakan ke samping gawang. 

Dengan tendangan terakhir pertandingan, Belgia membentur mistar gawang tetapi Belanda berpelukan untuk mengklaim kemenangan sekaligus memimpin grup. 

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network