Panen Lagi, Kali Ini Komdis PSSI Jatuhkan Sanksi dan Denda Kepada Persebaya

"Klub merugi akibat perilaku tak suportif para penggemar..."

Berita | 26 September 2022, 11:02
Panen Lagi, Kali Ini Komdis PSSI Jatuhkan Sanksi dan Denda Kepada Persebaya

Libero.id - Aksi pendukung Persebaya Surabaya alias Bonek yang merangsek ke lapangan dan merusak beberapa fasilitas Gelora Delta Sidoarjo (15/9) membawa dampak lanjutan.

Kerusuhan itu pecah setelah Persebaya dikalahkan RANS Nusantara FC dengan skor 1-2.

Setelah bersidang untuk membahas kejadian tersebut, Komisi Disiplin PSSI memberikan dua hukuman kepada Persebaya. Pertama adalah menjatuhkan denda sebesar Rp 100 juta.

Sedangkan hukuman kedua adalah panitia pelaksana pertandingan Persebaya dilarang menyelenggarakan laga dengan penonton. Komdis PSSI memutuskan bahwa penonton tidak boleh menyaksikan langsung lima laga kandang Persebaya di stadion.

“Pengulangan terhadap pelanggaran terkait akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat,” tulis surat keputusan Komdis PSSI yang telah diterima Persebaya hari ini (25/9).

Dalam pernyataan resminya, Persebaya menyatakan bahwa pihaknya menelan kerugian mencapai miliaran rupiah akibat tragedi kerusuhan pada 15 September lalu.

“Jumlah tersebut adalah hasil akumulasi dari biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan stadion dan beberapa infrastruktur, ditambah membayar denda, hingga benefit ke sponsor yang tidak bisa di-deliver akibat larangan kehadiran penonton di laga home,” begitu tulis tim manajemen di akun media sosial Persebaya.

“Kita harapkan bersama, kerusuhan ini menjadi yang terakhir dan bersama-sama memperbaiki diri untuk Persebaya yang lebih baik,” lanjut pernyataan resmi Persebaya.

Kerusuhan pecah karena Persebaya dikalahkan tim promosi RANS Nusantara dengan skor 1-2 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Itu adalah kekalahan ketiga Persebaya secara beruntun.

Setelah pertandingan, Bonek menginvasi lapangan dan melakukan perusakan terutama pada adboard dan bangku cadangan.

Hanya sehari setelah kejadian tersebut, muncul pengumuman yang mengejutkan. Azrul Ananda menyampaikan secara terbuka bahwa dia memutuskan mundur dari posisinya sebagai presiden Persebaya.

Persebaya saat ini masih fokus untuk mempersiapkan laga besar pada 1 Oktober mendatang. Yakni saat Persebaya berhadapan dengan rival klasik mereka, Arema FC, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network