Kisah Ikonik Jose Mourinho Lempar Medali Juara Liga Premier ke Fans Chelsea

"Awalnya dikira milik sendiri. Ternyata oh ternyata.."

Viral | 30 September 2022, 05:02
Kisah Ikonik Jose Mourinho Lempar Medali Juara Liga Premier ke Fans Chelsea

Libero.id - Jose Mourinho merupakan pelatih sepakbola sukses di Eropa dengan segudang piala level domestik maupun internasional. Pria asal Portugal itu juga dikenal sebagai nakhoda yang banyak cerita unik. Salah satunya saat The Special One melempar medali kemenangan Chelsea di Liga Premier. Masih ingat?   

Sebagai pelatih, Jose Mourinho menukangi beberapa klub besar Eropa seperti FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, Tottenham Hotspur, dan AS Roma.

Di klub-klub tersebut, Jose Mourinho selalu meninggalkan cerita unik, aneh, tak biasa, yang beberapa diantaranya berkesan bagi banyak penggemar. Komentar-komentar Jose Mourinho juga membuat banyak telinga panas. Ekspresinya di pinggir lapangan juga selalu dinantikan.

Salah satu yang cukup ikonik terjadi pada akhir musim 2005/2006. Saat itu, Jose Mourinho melemparkan medali pemenang Liga Premier ke kerumunan pendukung The Blues. Rekaman saat Jose Mourinho melemparkan medalinya ke trubun Matthew Harding End menjadi momen ikonik dan semua orang berasumsi bahwa medali itu miliknya.

Ketika itu, banyak orang terkejut. Beberapa lainnya memuji aksi Jose Mourinho sebagai penghargaan terhadap para pendukung Chelsea. "Penonton di sini spesial. Mereka telah berkontribusi begitu banyak pada rekor yang kami miliki di kandang. Ini sangat istimewa di Matthew Harding Stand. Medali itu untuk semua orang," ujar Jose Mourinho saat itu, dilansir Sky Sports.

Daily Mail kemudian melaporkan, medali tersebut dijual oleh penggemar yang beruntung seharga 21.600 pounds (Rp355 juta) pada 2008. Ada lagi medali kedua yang kemudian dilelang seharga 16.800 pounds (Rp 276 miliar) pada 2010.

"Di Porto saya menyimpan medali untuk saya. Itu untuk Liga Champions dan itu hanya satu. Saya menduga, di masa depan, akan sulit untuk mendapatkan yang lain. Saya punya satu dari musim lalu di Liga Premier dan medalinya sama. Anda tidak bisa menyimpan semuanya," kata Jose Mourinho.

Uniknya, beberapa tahun kemudian, terungkap fakta baru. Ternyata, medali itu milik Robert Huth. Neil Barnett, yang bekerja di klub selama 32 tahun sebelum hengkang pada 2018, memberikan fakta mengejutkan tersebut lewat sebuah cuitan di Twitter.

"Itu bukan miliknya. Itu milik Robert Huth. Dia tidak datang hari itu untuk memaksa pindah," tulis Neil Barnett di @NeilSpyBarnett.

Jika anda ingat, Robert Huth adalah pemain belakang asal Jerman yang sebelumnya merupakan sosok inti di Chelsea. Tapi, dia kehilangan status starting line-up saat Jose Mourinho menjadi pelatih. Dirinya beberapa kali mendesak dijual, tapi klub selalu menghalagi.

Kemudian, selama musim 2005/2006, Robert Huth tampil dalam 13 pertandingan Liga Premier. Jadi, dia berhak mendapatkan medali pemenang. Sayangnya di tersingkir dari skuad di matchday terakhir. Dirinya kemudian memutuskan tidak datang ke stadion.

Absennya Robert Huth pada hari terakhir 2005/2006 ketika Chelsea sukses mengalahkan Manchester United 3-0 itu membuat Jose Mourinho sangat marah. Ketika diberitahu tentang medali Robert Huth, dia menerimanya. Lalu, saat selebrasi itulah momen ikonik melempar medali tercipta.

Beberapa tahun kemudian, Jose Mourinho juga mengakui jika itu adalah medali milik Robert Huth. "Orang yang beruntung akan pulang dengan ingatan yang luar biasa atau menghasilkan banyak uang di eBay. Seseorang memberi saya (medali) kedua (milik Robert Huth). Jadi, saya melemparnya," kata Jose Mourinho.

Setelah semua pesta berakhir, Robert Huth akhirnya benar-benar meninggalkan Chelsea. Dia menandatangani kontrak dengan Middlesbrough setelah ditransfer 6 juta pounds (Rp98 miliar). Selanjutnya, dia pindah ke Leicester City asuhan Claudio Ranieri dan menjuarai Liga Premier.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Viral

Artikel Pilihan


Daun Media Network