Profil Pelatih Piala Dunia 2022: Felix Sanchez, Qatar

"Pelatih yang satu ini punya darah Tiki-taka yang kental."

Biografi | 30 September 2022, 06:54
Profil Pelatih Piala Dunia 2022: Felix Sanchez, Qatar

Libero.id - Mantan pelatih di Akademi Barcelona, Felix Sanchez, bakal memimpin tim nasional Qatar pada Piala Dunia 2022. Pria asal Spanyol itu memiliki tugas mulia untuk tidak membuat tuan rumah tampil memalukan pada edisi perdana Piala Dunia yang diikuti.

Felix Sanchez datang ke Qatar sebagai pelatih di Aspire Academy. Kemudian, dia ditunjuk melatih tim junior Qatar sebelum akhirnya menangani tim senior.

Di Qatar, Felix Sanchez punya banyak jasa. Dia merupakan pelatih yang memperkenalkan kultur Spanyol di negara tersebut. Bahkan, dia dikenal sebagai salah satu pelatih dengan kecerdasan luar biasa. Dirinya punya darah Barcelona dan Tiki-taka yang sangat kental.

Secara kualitas, tim asuhan Felix Sanchez menuju Piala Dunia 202 belum teruji. Pasalnya, Qatar tidak mengikut kualifikasi sebagai konsekuensi dari tuan rumah. Mereka hanya menggelar laga-laga uji coba, yang tentu saja berbeda dengan pertandingan kualifikasi Piala Dunia.

Namun, hasil racikan Felix Sanchez tidak bisa dipandang sebelah mata. Dia adalah pelatih yang menciptakan sejarah Qatar menjuarai Piala Asia 2019. Selain itu, dari sembilan pertandingan terakhir, Felix Sanchez membawa The Maroon memetik lima kemenangan, tiga kali imbang, dan sekali kalah.

Warga Qatar juga layak optimistis. Pasalnya, Felix Sanchez cukup berpengalaman di sepakbola, khususnya sebagai pelatih. Dia mengawali karier kepelatihan bersama Barcelona B. Lalu, dia pindah ke Qatar untuk memulai proyel Aspire Academy.

Di Qatar, Felix Sanchez sempat dibantu Xavi Hernandez. Saat itu, Xavi Hernandez bermain untuk Al Sadd. Dan, setelah pensiun dipercaya menjadi pelatih klub elite Qatar tersebut.

Selain juara Piala Asia 2019, Felix Sanchez juga sempat membawa Qatar tampil menyakinkan sebagai undangan di Piala Emas CONCACAF 2021. Saat itu, The Maroon berhasil mencapai semifinal.

Kini, layak dinanti sampai sejauh mana Felix Sanchez bisa membawa Qatar melangkah di Piala Dunia 2022. Pasalnya, tuan rumah akan berada di Grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda. Tentu, tidak mudah bagi Qatar untuk menyingkirkan para pesaing.

Data dan fakta Felix Sanchez

Nama lengkap: Felix Sanchez Bas
Lahir: Barcelona, ​​Spanyol, 13 Desember 1975
Tim saat ini: Qatar

Karier Kepelatihan

1996–2006: Barcelona (akademi)
2006–2013: Aspire Academy
2013–2017: Qatar U-19
2017–2020: Qatar U-23
2017–sekarang: Qatar

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network