Kisruh Kanjuruhan, Timnas Indonesia hingga PSSI bakal Kena Batunya

"Berikut sanksi yang bakal diterima."

Analisis | 02 October 2022, 12:20
Kisruh Kanjuruhan, Timnas Indonesia hingga PSSI bakal Kena Batunya

Libero.id - Suara keprihatinan muncul tentang nasib timnas Indonesia, terutama pasca tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan orang tewas usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Mereka takut timnas Indonesia terkena sanksi karena tidak bisa bersaing secara internasional. Ketakutan ini muncul di tengah performa dan prestasi timnas Indonesia yang semakin meningkat sepanjang 2022.

Seorang penggemar timnas Indonesia menulis di akun Instagramnya @mugi_becks “Sepak bola Indonesia sedang dirugikan”

Hal senada juga disuarakan oleh fans timnas lainnya di akun eznan_arn ”kalau dapat sanksi dari fifa menurut kalian timnas bakal kena atau tidak”

Indonesia terancam sanksi FIFA setelah sejumlah regulasi dilanggar saat tragedi kanjuruhan pasca Arema FC vs Persebaya Surabaya yang menewaskan lebih dari 127 orang. 

Tragedi Kanjuruhan, kerusuhan berdarah pecah usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022/2022, Sabtu (1/10/2022). 

Dunia internasional juga menyoroti terjadinya tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. Media asing menyoroti jumlah kematian dan dugaan pelanggaran peraturan FIFA dalam menangani suporter di Stadion. 

 

The Guardian menurunkan laporan dengan judul Lebih dari 120 orang dilaporkan tewas dalam kerusuhan di pertandingan sepak bola Indonesia.  

Lebih dari 120 penggemar sepak bola dilaporkan tewas setelah kekacauan dan kekerasan meletus setelah pertandingan sepak bola liga Indonesia.  

Suporter klub Arema rusuh usai dikalahkan Persebaya dengan skor 3-2 dalam pertandingan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Jika sanksi FIFA dijatuhkan, maka akan berdampak negatif terutama bagi timnas Indonesia. Sanksi yang besar adalah larangan timnas Indonesia bertanding di luar negeri dan pembekuan PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di Indonesia. 

Apalagi, prestasi timnas Indonesia selama 2022 menunjukkan peningkatan yang menggembirakan mulai dari lolos ke Piala Asia 2023 hingga peringkat FIFA yang melejit menjadi 152 dunia. Jika itu yang terjadi, sepak bola Indonesia akan rugi besar dan mengalami kemunduran seperti sebelumnya. 

Tak hanya itu, Indonesia juga terancam bakal mendapat sanksi sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.  

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network