Jadi Perwakilan Street Child World Cup, Ini Target Skuad Garuda Putri

"Semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia."

Berita | 07 October 2022, 19:10
Jadi Perwakilan Street Child World Cup, Ini Target Skuad Garuda Putri

Libero.id - Tim sepak bola putri Garuda Baru menjadi wakil Indonesia dalam Piala Dunia Anak Jalanan atau Street Child World Cup (SCWC) 2022 di Doha, Qatar, 8-15 Oktober.

Skuad Merah Putih yang berkomposisi 10 atlet bertolak ke Qatar, Jumat (7/10) dini hari. Mereka akan bersaing dengan 24 negara lainnya dalam ajang yang diinisiasi organisasi nirlaba asal Inggris, Street Child United tersebut.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak, Nahar, memberi dukungan dan berharap tim Garuda Baru dapat meraih hasil terbaik.

"Adik-adik ini mewakili Indonesia. Selamat berjuang dan semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Merah Putih," kata Nahar dalam pelepasan tim Garuda Baru di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis malam.

Sementara itu, manajer Tim Putri Garuda Baru Jessica Hutting mengatakan ini merupakan kali ketiga Indonesia mengikuti ajang internasional tersebut.

Debut skuad Merah Putih terjadi pada Piala Dunia Anak Jalanan 2014 di Rio de Janeiro, Brazil dengan mengirim tim putra dan putri. Lalu mengirim tim putra ke SCWC 2018 di Moskow, Rusia.

SCWC, Jessica melanjutkan, memberikan kesempatan kepada anak-anak dari berbagai negara yang hidupnya terkoneksi dengan jalanan mengikuti konferensi untuk membahas isu-isu seputar anak.

Anak-anak bebas bersuara dan menyampaikan pemikiran mereka untuk mendorong pemerintah serta masyarakat luas lebih peduli terhadap pemenuhan hak-hak anak.

"Isu-isu sosial terkait anak perempuan di Indonesia patut menjadi perhatian bagi masyarakat luas. Tingginya angka kekerasan seksual pada anak perempuan atau pernikahan usia anak adalah beberapa alasan bahwa anak perempuan Indonesia belum sepenuhnya terlindungi," kata Jessica.

"Dengan memberikan kesempatan kepada 10 anak perempuan Indonesia, kami berharap agar suara mereka untuk mendapatkan kesetaraan hak dan perlindungan lebih didengar," ujarnya menambahkan.

Selain sepak bola, Tim Putri Garuda Baru juga akan membawa misi untuk memperkenalkan budaya Indonesia di Qatar.

Adapun keberangkatan Tim Putri Garuda Baru ke Qatar didukung penuh oleh Yayasan Akademi Nusantara Bersatu sebagai sponsor utama/tunggal.

Melihat prestasi di ajang SCWC sebelumnya, Indonesia patut berbangga karena pada 2018, Garuda Baru yang diwakili oleh Tim Putra berhasil melaju ke babak semifinal.

Tidak hanya itu, salah satu anggota tim dari Garuda Baru juga mendapatkan penghargaan individu, yakni Kiper Terbaik atas nama Ryan Febriansyah.

Pada SCWC 2014 di Brazil, Garuda Baru yang diwakili oleh Tim Putra dan Putri juga mendapatkan penghargaan, yakni Best Team Spirit (tim Putra), dan The Fair Play Team (tim Putri).

Berikut skuad Garuda Baru di Piala Dunia Anak Jalanan 2022:
1. Vania Febrianah (14 tahun)
2. Iqlima Zaskia Ramadhani (16 tahun)
3. Diah Notavia Regina (16 tahun)
4. Dinny Allawiyah (15 tahun)
5. Nanda Wulanndari (15 tahun)
6. Nurul Azizah (17 tahun)
7. Dian Asti Cahnia (17 tahun)
8. Sakkia Putri Ramadini (15 tahun)
9. Siti Nuryasyifa (16 tahun)
10. Ana Kurnia Rahmawati (15 tahun)
11. David Daniel Nanulaitta (Pelatih Kepala)
12. Jessica Hutting (ManajerTim)
13. Frisca Hutagalung (Pendamping Anak)

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network