Kisah Jamal Lowe, dari Guru Oĺahraga Jadi Pemain Liga Premier

"Perjuangan yang layak dicontoh."

Biografi | 09 October 2022, 06:20
Kisah Jamal Lowe, dari Guru Oĺahraga Jadi Pemain Liga Premier

Libero.id - Sepak bola adalah olahraga paling populer. Jutaan anak-anak dan dewasa bermimpi suatu saat jadi pesepakbola profesional. 

Tapi, pernahkah Anda mendengar seorang guru olahraga yang kemudian menjadi pesepakbola profesional? Dan, kisah semacam itu terjadi dan bisa kita temukan pada diri seorang Jamal Lowe. Eks Swansea City yang kini bermain untuk AFC Bournemouth.

Hampir 48 jam sejak dia berbagi lapangan dengan pemenang Ballon d'Or tujuh kali Lionel Messi dalam pertandingan persahabatan antara Argentina melawan Jamaika, seorang Jamal Lowe mengingat titik terendah dalam kariernya hingga saat ini.

“Pada saat itu, saya pikir saya tidak akan pernah bermain sepak bola lagi,” katanya kepada SPORTbible. "Saya tidak percaya. Saya hancur."

Jadi, apa yang terjadi? Tujuh tahun lalu, ketika dia berusia 21 tahun – seusia dengan pemain tim nasional Inggris, Bukayo Saka.

Pada akhir Oktober 2015, setelah menghabiskan sebagian besar minggunya mengajar sekitar 30 anak di sebuah sekolah dasar di London Selatan, mantan penyerang Barnet itu bergabung dengan rekan satu timnya dalam perjalanan bus sejauh dua jam sejauh 95 mil ke Hampshire. 

Lowe masuk dalam skuad 16 pemain menjelang pertandingan tingkat ketujuh liga Inggris melawan Gosport Borough sore itu, tetapi ketika manajer Dean Brennan selesai membacakan line-up awal dan pemain pengganti sebelum kick-off, ada sesuatu yang salah.

Yang mengejutkan, dia tidak mendengar namanya dipanggil. 

"Saya memutuskan untuk mengganti pakaian saya," kata Lowe, yang tidak bisa menahan tawa melihat betapa aneh situasinya. "Saya pikir itu sebuah kesalahan, tetapi ketika saya sedang berpakaian, salah satu pelatih menarik saya ke satu sisi. Dia berkata, 'Anda tidak berada di bangku cadangan hari ini.' Saya bertanya apa maksudnya dan dia menjelaskan bahwa sang manajer berpikir bahwa sebaiknya saya ditinggalkan sepenuhnya. Itu saja."

Beberapa saat kemudian, setelah berjalan keluar dari ruang ganti, Lowe yang kecewa melihat ayahnya, yang juga melakukan perjalanan jauh ke selatan. 

"Saya mengatakan kepadanya bahwa saya bahkan tidak masuk bangku cadangan," kenangnya. "Kami melompati penghalang kecil, masuk ke van-nya dan pulang ke rumah. Bagaimana Anda bisa membawa saya ke permainan dan menyebutkan satu pemain lebih sedikit daripada yang diizinkan di lembar tim?"

Sudah hampir enam tahun sejak Jamal, sekarang berusia 28 tahun, tidak masuk dalam skuad matchday Hemel Hempstead untuk pertandingan National League South melawan Gosport. Dia menggambarkan momen itu sebagai "titik terendah sepanjang masa" dalam karier yang melewati enam masa peminjaman antara 2012 hingga 2015.

Namun, alih-alih menyerah dan menerima kekalahan, penyerang kelahiran Harrow ini terus mewakili negaranya di level tertinggi. Bulan lalu, dia menjalani debutnya di Liga Premier melawan Manchester City dan baru minggu lalu, mantan pemain pinjaman St Albans itu berhadapan dengan pesepakbola terhebat yang pernah ada.

“Pada saat-saat tertentu dalam hidup saya, sepertinya itu tidak akan terjadi dan juga tidak memainkan pertandingan lain di Football League. Saya merasa diberkati."

Pada Januari 2015, Jamal Lowe baru saja menyelesaikan masa peminjamannya yang keenam dalam tiga tahun ketika dia memutuskan sudah cukup.

Setelah lulus dari akademi Barnet ketika klub itu masih bermain di Football League, Lowe membuat panggilan berani untuk mengemasi tasnya dan pergi. Dengan kata-katanya sendiri, dia ingin "mendobrak dan menempa jalannya sendiri" setelah berjuang untuk mendapatkan menit bermain di tim utama di Canons Park.

Idenya adalah untuk bergabung dengan klub Conference South, menjalani permainan yang solid di level tim utama, dan membuat talent scouting terkesan. Jika semua berjalan sesuai rencana, klub League Two akhirnya akan datang mengetuk. Atau, begitulah pikirnya.

"Itu jauh lebih sulit daripada yang saya kira," Lowe mengakui. “Peluang tidak datang seperti yang saya prediksi. Saya hanya sedikit naif, sungguh. Saya dibayar, tetapi tidak banyak. Faktanya, itu adalah uang tunai di tangan dalam amplop cokelat. Itu tidak cukup untuk hidup. Saya harus terjun ke pekerjaan penuh waktu.”

Saat bermain di St Albans, yang sedang bermain di Conference South pada saat itu, jadi dia membutuhkan pekerjaan penuh waktu.

Jon Nurse, mantan rekan satu tim yang pernah sekamar dengannya di Barnet, punya ide. Setelah memulai perusahaan pelatihan di Kingston, London Selatan, mantan pemain tim nasional Barbados itu mengundang Lowe untuk bekerja sebagai guru paruh waktu di klub setelah sekolah.

"Itu di sisi lain London," katanya. "Tapi, itu suatu keharusan bagi saya. Saya harus memenuhi kebutuhan dan akhirnya saya menemukan cara untuk melakukan perjalanan melintasi London setiap hari. Pada awalnya, saya hanya melakukan dua hari seminggu, tetapi seiring berjalannya waktu, minggu, bulan, dan tahun, saya diundang oleh sekolah untuk menjadi guru olahraga penuh waktu. Saya sangat bersemangat."

Menyulap kehidupan sebagai pesepakbola semi-profesional dengan pendidikan terkadang tidak mudah, tetapi memiliki pekerjaan penuh waktu yang dia nikmati membuat semuanya berharga. Lowe menjalani kehidupan sebagai seorang guru, di mana dia menemukan kepuasan besar dengan membantu anak-anak mencapai potensi mereka.

“Pada awalnya, berbicara dengan 30 anak yang mungkin atau mungkin tidak ingin mendengarkan cukup menakutkan, tetapi ketika Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam pekerjaan, itu menjadi sangat bermanfaat,” ucapnya tersenyum.

"Selalu ada beberapa anak di setiap kelas yang tidak begitu percaya diri ketika datang ke PE dan mereka selalu dipilih terakhir. Mereka tetap di belakang dan berusaha untuk tidak terlalu terlibat, tetapi pada akhir semester, mendapatkan anak-anak untuk keluar dari cangkang mereka dan lebih terlibat dalam sesi sungguh luar biasa.”

"Saya ingin mendapatkan yang terbaik dari anak paling pemalu di kelas. Baru-baru ini saya menerima beberapa pesan dari beberapa mantan siswa saya. Ini tidak nyata. Pada akhirnya, saya adalah guru olahraga mereka."

Jauh dari kelas dan Lowe sedang mencari klub baru setelah dikeluarkan dari skuad hari pertandingan Hemel Hempstead untuk perjalanan tandang mereka ke Gosport. Dia menikmati hidup sebagai guru. Tetapi, di dalam benaknya, ambisi untuk membuatnya tetap di sepak bola masih membara, meskipun ada kemunduran.

"Sepertinya impian saya untuk bermain secara profesional sudah berakhir," kenangnya saat itu. "Tapi, kemudian saya pergi ke Hampton & Richmond, yang merupakan liga lain pada saat itu. Itu dipandang sebagai langkah mundur, tetapi saat itulah saya mulai menikmati sepak bola lagi."

Hampton & Richmond, yang memiliki komentator Sky Sports Martin Tyler sebagai asisten manajer mereka saat itu, memberi Lowe sepak bola tim utama reguler yang dia dambakan. Mereka membawanya masuk dan dia segera membayar kepercayaan manajer Alan Dowson dengan 29 gol dalam 48 pertandingan.

Hampton segera dipromosikan ke Conference South dan Lowe memutuskan untuk mengambil risiko terbesar. Lowe meninggalkan pekerjaannya sebagai guru olahraga untuk mengejar impiannya.

Kemudian, pada suatu sore tertentu pada Oktober, sejumlah talent scouting dari Portsmouth datang untuk menonton. Ini adalah kesempatannya.

Dan, tiga hari kemudian, manajer Hampton Alan Dowson menelepon untuk mengatakan bahwa Portsmouth tertarik untuk membawanya ke Fratton Park.

Beberapa hari kemudian, mantan tim Liga Premier itu mengumumkan minat mereka melalui panggilan telepon. Mereka ingin menandatangani Lowe pada pra-perjanjian. Portsmouth, yang bermain di League Two pada saat itu.

Setelah menghabiskan dua setengah musim bersama Pompey, dia mencetak 30 gol dalam 119 pertandingan untuk klub sebelum pindah ke tim Championship, Wigan, yang dikelola oleh Paul Cook; manajer yang memberikan kesempatan kepada penyerang untuk bersinar di Portsmouth.

Dia kemudian tampil sebanyak 46 pertandingan di divisi Championship bersama Wigan selama musim 2019/2020. Setelah musim yang mengesankan, Swansea memberinya tawaran untuk bergabung.

Melalui kerja keras dan komitmen, Lowe terus tampil mengesankan di klub barunya, Swansea. Dia menyumbang 14 gol liga saat tim Steve Cooper mencapai final play-off Championship, di mana mereka kalah 2-0 setelah gol dari Ivan Toney dan Emiliano Marcondes memastikan tempat Brentford di Liga Premier.

Namun, upaya individunya tentu tidak luput dari perhatian dan pada hari batas waktu transfer, tim lain yang akan segera dipromosikan, Bournemouth, membuat langkah untuk mengontraknya.

Lowe mengatakan dia sangat terkesan dengan manajer saat itu, Scott Parker, yang memainkan peran besar dalam kepindahannya ke Dean Court.

Maju cepat setahun setelah membantu Bournemouth mencapai Liga Premier dengan beberapa gol, pemain berusia 28 tahun itu melakukan debut papan atas di Liga Premier ketika Parker memasukkannya di menit-menit terakhir pertandingan Bournemouth melawan Manchester City pada Agustus. 

Setelah semua yang dia lalui selama sepuluh tahun terakhir, mimpinya menjadi kenyataan, dari bermain di divisi ketujuh liga Inggris sampai bermain di Liga Premier. 

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network